Belajar Bahasa Inggris Asik, Bersama BritZone

Belajar bahasa tak melulu harus serius. Buka kamus, belajar grammar, menghapal pola-pola kalimat, dan lain sebagainya, yang mungkin bisa membuat otak sedikit ribet. Belum memulai, otak sudah pusing duluan. Tetapi jangan salah. Berbeda dengan belajar bahasa inggris bersama BritZone.

BritZone adalah English Community, yang dibentuk tahun 2002. Biasanya BritZone mengambil tempat belajar di perpustakaan Kemendikbud, di daerah Senayan atau di berbagai tempat lainnya yang ditentukan oleh mereka. Instruktur atau Pembimbing belajar di BritZone adalah orang-orang dari berbagai background, yang ahli dalam bahasa Inggris dan juga memiliki pengalaman atau jam terbang yang banyak dalam berbahasa Inggris.

Anggota atau orang-orang yang bergabung di agenda-agenda BritZone juga berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan yang juga beragam usia. Disana tidak mengenal hal tersebut, yang penting semangat belajar, dan mau mencoba untuk berbicara dengan kepercayaan diri yang tinggi. Tidak ada aturan baku disini. Just enjoy and fun to learning dan tentunya saling menghargai proses belajar masing-masing.

Kali Pertama di BritZone

Awalnya, saya mengetahui BritZone, dari teman saya. Dia mengajak saya untuk hadir. Kebetulan juga, tempat pertemuan BritZone kali ini adalah di daerah Buncit Raya, Kantor CNN.com yang dekat dengan kantor saya bekerja. Tanpa basa-basi, kita pun pergi kesana sepulang dari kantor. Topik yang akan dibahas kali ini adalah mengenai Academic Writing.

Sesampainya disana, rasa tidak percaya diri kemudian muncul. Seperti roaming, semua orang berdiskusi dan berbincang menggunakan bahasa inggris. Sudah lama juga tidak menggunakan bahasa inggris, pastinya kacau balau dan kaku. Tetapi teman-teman disana humble, instruktur hari itu pun juga menggunakan bahasa inggris yang mudah dicerna, dan enak untuk dipahami.

Buat peserta yang level bahasa inggrisnya masih biasa-biasa, ini sangat menolong dan membantu. Entah kenapa, saya pun jadi semangat sekali mengikuti forum hari itu. Aktif berdiskusi, berdialog dengan teman-teman yang lain. Tidak semua level-nya high, banyak juga yang masih pemula dan dasar sehingga kita bisa belajar bersama-sama.

photo_2016-12-21_14-15-56

Discuss and Sharing Everything With BritZone Members

Belajar Academic Writing

photo_2016-12-21_14-15-51

She is Ms. Bunga Use, Our Instructor. We Learned about Academic Writing.

Ms. Bunga adalah instruktur pertemuan hari itu (Selasa, 20 Desember 2016). Ia menjelaskan tentang apa itu academic writing dan bagaimana kita bisa membuatnya. Banyak yang berpikir saat itu bahwa Academic Writing apalagi dalam bahasa inggris pasti sulit dan beribet. Tetapi dengan metode diskusi, saling sharing antar person dan kelompok, saya jadi lebih memahami apa itu Academic Writing dan pembuatannya.

Kami dibagi ke dalam 3 kelompok. Masing-masing kelompok mencari apa saja jenis-jenis Academic Writing dan juga dasar pembuatannya. Kami pun mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan saling mengomentari satu sama lain. Tugas kedua, setiap kelompok pun diminta untuk membuat 3 paragraf dari salah satu jenis academic writing. Dan kelompok saya, memilih pembuatan essay dengan topik yang mudah. Yaitu tentang Aktivitas di Britzone.

Topik yang mungkin awalnya terasa sulit, menjadi mudah dan terasa menyenangkan mempelajarinya.

photo_2016-12-21_14-15-49

It was My notes. It was delivered by me and my group to others members.

Helps and Encourgae You to Speak in English

photo_2016-12-21_14-15-38

Giving Information from BritZone Member (Santo).

Sesuai motivasi dari BritZone, An English Class and Community that helps and Encourages you to speak in English, di BritZone kita bisa melatih bahasa inggris kita dengan pembiasaan. Memang benar, suatu yang tidak dibiasakan pasti akan sulit dan akan lebih mudah jika terbiasa digunakan.

Pertemuan pertama di BritZone, saya pun merasa ada kepercayaan diri dan semangat untuk berbicara bahasa inggris lebih intens. Tidak perlu merasa takut salah atau ketinggalan jika belajar di BritZone. Lakukan, dan Lakukan saja. Teman-teman disana baik-baik, sehingga jikalau salah maka dibenarkan, dan santai…tidak perlu khawatir, karena prinsipnya belajar bersama. Tidak ada pembedaan level disini.

Pertama kali datang, saya pun ingin kembali belajar di sana. Apalagi di tengah masyarakat yang semakin global ini, bahasa inggris juga penting. Minimal untuk percakapan sehari-hari harus bisa. Selanjutnya jika ingin kembali kuliah, belajar berbagai literatur, tentunya sumber yang memadai tidak hanya dalam bahasa Indonesia tapi juga dari luar negeri, yang berbahasa Inggris.

(Hmmm, terpikir juga ingin sekali-kali menulis blog dalam bahasa Inggris. Oke, kumpulkan dulu motivasinya, lalu siap eksekusi dan siap banyak salah dan koreksi. Hehehe.)

Untuk itu, belajar bersama komunitas ini sangat recommended! Kegiatannya juga free, tanpa biaya apapun. Bahagia sekali bukan?

Untuk kegiatan di Britzone, Ada beberapa kelas yang diadakan.

  1. Comprehensive Learning Program (CLP), Setiap selasa, mulai puku 18.30-20.00
  2. Brtizone Speaking Academy, Setiap Rabu, mulai pukul 18.30-20.00
  3. Britzone Fun Day, Setiap Sabtu, mulai pukul 11.00-13.00

Karena tempat untuk forum Britzone berganti-ganti, maka yang berminat atau member dari BritZone harap stay tune terus di Instagram Britzone ya, karena informasi tempat, waktu, dan topik pembelajaran akan terus di update disana.

Oke, sekian Review dari saya…Bagi yang ingin bergabung, check di Instagram BritZone ya @brtizoneid atau buka web-nya di britzone.id ya. Semoga semakin semangat belajar Bahasa Inggris.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *