5 Hal Wajib yang Harus Ada dalam Resolusi Muslimah

Assalammualaikum,

Semoga postingan ini tidak terlambat ya. Berhubung masih dalam awal tahun, saya ingin coba sedikit membahas tentang Resolusi. Resolusi ini, lazimnya dibuat di awal tahun sebagai semangat baru dan penysunan tujuan atau impian yang ingin dicapai selama tahun selanjutnya.

Sebetulnya, Resolusi bisa dilakukan kapanpun. Tidak harus menunggu tahun baru. Hanya saja, banyak orang yang melakukannya di awal tahun masehi dan patokan umum tahun yang berlaku adalah menggunakan tahun masehi.

Di awal tahun masehi ini biasanya jadi patokan waktu untuk para perusahaan melakukan evaluasi, tutup buku, melakukan pengaturan ulang manajemen, dan lain sebagainya.

Untuk itu, kita pun bisa melakukannya untuk diri kita sendiri.  Yuk, mari kita buat Resolusi!

Nah, sebelum membuat Resolusi ada baiknya kita mengetahui hal-hal apa saja ya yang harus kita rencanakan? Biasanya (karena saking semangatnya) ada banyak hal yang ingin kita rencanakan dan gapai di tahun yang baru ini.

Sebagai muslimah, tentunya, ada hal-hal yang juga perlu kita evaluasi dan buat resolusinya. Hal-hal ini yang mungkin wajib ada bagi Resolusi kita, sebagai muslimah.

Yuk, check it out!

Akhlak dan Ibadah

Sebagai seorang muslimah menjaga akhlak dan ibadah pastinya adalah nomor satu. Masalah agama adalah dasar dalam hidup seorang muslimah. Terkadang hal ini sering terlalaikan.

Banyak resolusi yang mungkin kita buat. Ingin membeli ini, membeli itu, mencapai ini, mencapai itu. Tetapi, jangan lupa akhlak dan ibadah kita juga perlu ditingkatkan ya! Memang tidak mudah merubah akhlak dan memperbaiki ibadah. Tapi, efeknya jangka panjang (Dunia dan Akhirat).

Resolusi akhlak dan ibadah ini misalnya ingin membentuk kebiasaan bangun subuh lebih pagi, menamatkan atau menghatamkan Al-Quran, membaca 12 buku Islam dalam setahun, rutin mengikuti kajian islam seminggu sekali, meningkatkan infaq atau bantuan sosial lebih besar dan lain sebagainya.

Oke Muslimah, Segera catat bagian ini ya, agar menjadi catatan pertama di Resolusimu!

Keluarga

Keluarga juga jadi bagian penting bagi muslimah. Apalagi seorang wanita nantinya juga peran penting sebagai ibu dan sebagai istri dalam keluarga. Tentu ini menjadi peran tersendiri bagi muslimah.

Masalah keluarga tidak harus yang selalu sudah menikah yah. Yang belum menikah pun pasti juga memiliki keluarga. Hehehe.

Bagi yang belum menikah mungkin ingin membuat resolusi untuk mencari jodohnya, mempersiapkan pernikahannya, atau mulai berkenalan dengan calon keluarga barunya? Itu semua tergantung kondisi ya. Bisa juga mulai belajar mengenai manajemen keluarga, pendidikan anak, dan lain sebagainya.

Nah, bagi yang sudah menikah apalagi memiliki anak, tentu hal ini juga yang harus masuk dalam resolusi. Apa yang ingin dicapai dan lebih baik sebagai seorang istri atau ibu?

Karir – Pekerjaan

Karir bukan hanya pekerjaan. Apalagi sekedar mencari penghasilan. Karir juga bagian dari ibadah, kalau memang diniatkan untuk ibadah. Supaya karir kita tidak stagnan dan jalan di tempat, maka itu butuh resolusi.

Oya, bagi saya pribadi karir bukan sekedar kerja di kantoran ataupun di company tertentu ya. Sebagai blogger, penulis lepas, sebagai traveller, memiliki bisnis dan usaha online, tentu jadi pekerjaan dan karir tersendiri. Tentunya sesuatu yang kecil jika dilakukan secara ulet, pasti akan semakin meningkat dan menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Nah, jangan lupa untuk memasukkan hal ini dalam Resolusi kamu ya, Muslimah!

Peningkatan Diri

Saya yakin, bahwa setiap manusia pasti memiliki banyak kelebihan dan itu tidak hanya satu aspek atau bidang saja. Kelebihan tersebut jika dikembangkan dan terus ditingkatkan pasti akan memberikan banyak manfaat.

Apa kelebihan diri yang ingin ditingkatkan? Bisa check apa hobby, kebiasaan, atau keahlian yang jarang kita expose. Jika belum optimal dan sering teraktuskan, bisa mencoba untuk meningkatkannya di tahun ini.

Saya pribadi, ingin meningkatkan diri saya dalam hal menulis. Salah satunya adalah dengan menulis di blog saya pribadi. Di tahun ini saya ingin lebih banyak memposting tulisan minimal-nya satu minggu ada 3 tulisan yang saya upload. Selain itu berkumpul dan mulai mengikuti acara-acara blogger adalah resolusi tahun ini!

So, Bagaimana dengan Kamu? Apa peningkatan diri yang ingin kamu capai?

Kebermanfaatan Untuk Sosial

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia yang lainnya”

Saya selalu ingat hadist tersebut. Terkadang ini menjadi cerminan bagi saya sendiri, dari sekian yang ingin saya capai adakah dampak dan manfaatnya untuk orang lain? Jangan-jangan hanya memikirkan diri sendiri saja.

Nah, supaya resolusi lebih berisi dan bersemangat, jangan lupa untuk senantiasa mencari apa kebermanfaatannya ya! Sebagai manusia, tanggung jawab kita bukan hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk orang banyak. Apalagi sebagai umat islam, memberikan manfaat bagi ummat, menabur kebaikan, adalah menjadi bagian dari kewajiban.

Tahun 2017, kita harus lebih banyak menebar manfaat dan kebaikan ya Muslimah.

Ya, itulah 5 hal yang harus kita masukkan dalam resolusi kita ya. Sebelum merencanakan dan membuat resolusi akan hal-hal lainnya, put its first yes!

And last, walaupun Resolusi sudah kita buat kembali lagi bahwa manusia hanya bisa merencanakan dan berikhtiar sekuat mungkin. Apa yang kita rencanakan dan ikhtiarkan kadang tidak sempurna dengan mempertimbangkan semua variabel. Untuk itu, jadikan Resolusi kita menjadi pelecut semangat dan terus evaluasi setiap waktunya. 

Semangat ya Muslimah! 🙂

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *