Mengawali 2017 dengan Domain Baru

Alhamdulillah! Bersyukur rasanya bisa berada di tahun 2017. Itu tandanya Allah masih menitipkan amanah yang begitu banyak dengan tak lupa segala kenikmatan yang diberikan.

Ya, tahun 2017. Ada satu hal yang betul-betul ingin saya tekuni, yaitu menulis!

Di tahun 2016, sebetulnya saya sudah memiliki blog sendiri dan juga aktif menulis di beberapa web portal milik orang-komunitas lain. Akan tetapi saya jarang untuk mengaktifkan blog saya sendiri, alias mengisi content di dalamnya. Ibaratnya, seperti rumah banyak sarang laba-laba kali ya, karena terlalu sering dibiarkan.

Jujur saja, awal kali termotivasi kembali membuat blog ini karena banyak teman-teman dan beberapa figur wanita yang saya kagumi dan saya pun merasa tersihir membaca tulisan-tulisannya. Selain itu, ada juga seseorang yang mendorong saya untuk menulis begitu kuat. Sampai-sampai saya sendiri juga tanpa didorong lagi, sudah terdorong sendiri untuk menulis.

Masa SMA saya sudah sering menulis juga. Saya sering upload tulisan tersebut di blog yang saat itu ada di friendster.com. Sayangnya tulisan itu semuanya hilang karena friendster.com sudah tidak ada. Lalu saya beralih ke blogspot, pernah juga ke wordpress.com. Entah mengapa saya kembali ke blogspot dan membuat tumblr juga. Tumblr hampir 5 tahun tidak terpakai dan kembali saya gunakan saat tahun 2013. Dan akhirnya saat ini saya kembali lagi ke wordpress.

Ya, perjalanan blogging yang berpindah-pindah tiada hentinya.

Oke baiklah, saat ini saya sudah memiliki domain baru dengan domain.com yang berbayar, alias sudah tidak pakai lagi domain gratisan. Sehingga, blog saya yang sebelumnya yaitu ideannisa.wordpress.com kini sudah berganti menjadi ideannisa.com.

Hal pertama yang saya syukuri adalah, Alhamdulillah domain tersebut belum ada yang memiliki!

Alasan Pindah Ke Dot Com

Saya sudah banyak membaca berbagai alasan mengapa orang beralih ke Top Level Domain, salah satunya adalah dot com. Dengan berbagai alasan yang telah dikemukakan oleh para senior blogger tersebut, sebetulnya ada 3 alasan yang mendorong saya begitu kuat untuk beralih ke dot.com

Dorongan Agar Lebih Rajin Menulis

Memiliki TLD tentu saja tidak gratisan. Ada cost yang harus dikeluarkan. Untuk itu, hal ini menjadi dorongan sekaligus pengikat saya untuk lebih sering dan rajin menulis. Mubazir jika sudah bayar tapi tidak pernah diisi dan produktif.

Analogi lain mungkin seperti punya rumah tapi tidak pernah dirawat dan dikelola dengan baik. Untuk itu, saya memilih pindah ke dot com agar bisa lebih semangat menulis dan produktif.

Profesionalitas

Menurut para senior blogger, blog dengan TDL membuat lebih profesional dan tentunya menjadi penarik perhatian untuk bisa bekerja sama. Mendapatkan job review, bekerja sama, dan lain sebagainya lebih mudah karena domain.com bisa lebih dipercaya. Selain itu juga, menurut kawan yang juga bekerja dengan SEO, domain.com lebih disenangi oleh Google atau Mesin pencarian lainnya.

Lumayan juga kan kalau hobi menulis ini juga bisa jadi lahan penghasilan tambahan!

Personal Branding

Nama domain juga bisa menjadi personal branding kita. Nama domain yang singkat tentu saja lebih mudah diingat dan melekat. Coba bandingkan ideannisa.com dengan tambahan wordpress di dalamnya, pasti ideannisa.com lebih mudah dan singkat kan?

Oke, masih banyak sekali tentu manfaat lainnya. Tapi jujur saja, karena saya pun masih mengawali, perlu banyak pengalaman dan jam terbang. Semoga semakin produktif dalam menulis!

You may also like

3 Comments

  1. Samaan lho mbak Annisa 😀 Saya juga baru beli domain di 2017 ini. Hihihi.

    Tapi emang bener ya mbak, sesudah pindah rumah ini rasanya jadi lebih semangat ngeblog, terus bisa mulai personal branding deh. Yuk mbak sama-sama semangat ngisi rumah baruuu. XD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *