Membuat Printable Planner Sendiri Menggunakan Canva

Assalammualaikum.

Halo teman-teman, kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya membuat planner sendiri. Karena masih dalam rangka rajin-rajinnya membuat perencanaan, akhirnya saya pun membuat lembaran-lembaran baru, berupa printable planner seperti ini.

Setiap hari pastinya banyak sekali aktivitas yang harus kita lakukan. Terkadang kalau tidak direncakanan pasti banyak yang keteteran dan terabaikan begitu saja. Apalagi, masih awal tahun seperti ini, resolusi 2017 pasti masih tetap segar dihadapan kita.

Sebagaimana, yang pernah saya tulis di 5 Hal Wajib yang Harus Ada dalam Resolusi Muslimah pada postingan yang lalu. Pasti banyak hal yang harus dipersiapkan dan di raih.

Saya sendiri tidak bisa kalau keseharian aktivitas tidak ada rencana. Pasti saya harus membuat rencana, menuliskan apa yang akan saya kerjakan, check list satu persatu, agar tidak ada yang kelewat. Terutama khawatir, jika ada ada yang terlewat dimana ada banyak sekali aktivtias setiap hari yang harus dilakukan, mulai dari pekerjaan kantor, bisnis pribadi, menulis, dan aktivitas tambahan lainnya.

Nah untuk membantu hal tersebut dijalankan dengan rapih, saya punya satu Binder yang isinya adalah macam-macam coret-coretan pikiran yang mau dikerjakan dan berbagai ide-ide yang seliweran. Cuman, terkadang isinya berantakan. Jika suatu saat akan dibaca lagi, jadi pusing dan males lah akhirnya.

Akhirnya, saya buat sendiri printable planner untuk memudahkan aktivitas saya dan juga design yang saya kreasikan sendiri. Saat mau bikin plan jadinya semangat karena liatnya aja sudah seneng, sesuai kebutuhan pribadi, lebih rapih, dan gampang ngeceknya.

Bagaimana Membuatnya?

Cara membuat printable planner ini bener-bener gampang. Saya mencoba membuatnya di Canva yaitu untuk membuat design secara Online dan ada yang saya buat juga hanya menggunakan Ms.Word.

Untuk membuat di canva,

kita cukup membukanya di Canva.com, lalu memilih layout apa yang hendak kita pakai. Disana tersedia berbagai pilihan, ada layout untuk di Instargam, Facebook, Walpapper, Kartu Nama, Title Bar untuk Blog, dan lain sebagainya.

Karena tidak ada yang cocok sesuai dengan ukuran binder saya yang ukurannya A5, maka saya memilih “Membuat Design Lain” di pojok kanan atas yang ada di canva. Dari situ kita input ukuran kertas yang kita inginkan dan hendak kita print.

Pilih layout yang akan kita design atau membuat customizenya sendiri

Simplenya, menggunakan canva kita bisa pilih-pilih layout mana yang mau kita gunakan. Mau bikin sendiri pun juga simple. Kita tinggal tentukan layout seperti apa yang kita inginkan dan pilih fitur-fitur yang ada di canva. Selain itu banyak juga template-template gratis dan berbayar yang disediakan oleh canva. Bagus, unik, dan lucu-lucu.

Di Canva juga tersedia font-font yang lucu dan unik. Tapi, karena saya menggunakan canva yang gratisan, maka saya tidak bisa upload font sendiri. Upload font sendiri harus menggunakan canva yang premium/berbayar. Jadi, font yang digunakan hanya yang tersedia di canva saja.

Jika ada gambar atau foto yang ingin kita masukkan kita bisa juga menguploadnya di canva. Disana ada pilihan “Unggahan”, dan pilih “Unggahan Sendiri”. Kita bisa pilih foto-foto atau gambar yang kita inginkan yang ada di laptop/komputer.

di Canva bisa unggah gambar sendiri dengan mudah

Oh ya, sayangnya canva belum bisa di akses di Mobile/Smart Phone ya. Jadi harus dibuka do PC/Laptop/Notebook.

Nah, saya pun juga mencoba membuatnya di Microsoft Word. Jangan salah ya, walaupun sekedar Ms.Word tapi jika tahu bagaimana menggunakannya dan punya selera seni yang tinggi, bagus juga kok hasilnya. Hehehe.

Untuk caranya saya hanya tinggal memilih tabel, memilih font yang bagus dan juga memilih warna-warna yang saya suka. Untuk mempermanis juga tinggal memilih gambar-gambar yang bagus dan sesuai untuk diinsert.

Untuk isinya, ada 5 planner yang saya buat.

1. Target of The Month

Pertama, saya membuat lembaran ini. Target list of the month berisikan tentang target-target apa saja yang akan diraih selama satu bulan. Ssaya membuat ini agar dalam satu bulan kita benar-benar punya tujuan dan mengarah untuk bisa mencapai tujuan di bulan tersebut.

Karena saya suka hal yang ada flowers-nya begitu, maka saya tambahkan flowers line dan juga bunga rose sebagai bullet nya. Jadi,  saya tulis target-target tersebut di bullet flower tersebut.

Target List of The Month – List yan ingin diraih selama satu bulan

2. Weekly Plan

Selain target of the month, saya juga membuat weekly plan. Biasanya agenda-agenda selama satu minggu saya tuliskan dan catat di weekly plan ini agar terlihat apa jadwal aktivitas selama satu minggu. Dari situ biasanya saya bisa mengatur prioirtas-prioirtas dari mulai yang sangat penting hingga yang tidak terlalu penting atau tidak mendesak.

Weekly Plan mempermudah aktivitas mingguan dan menyusun prioritas.

Karena saya suka bunga-bunga, maka saya pilih design dengan ornamen bunga-bunga juga. Font yang saya pilih juga font bertema brush, sehingga menambah kesan chic and girly.

3. To Do List

Lembar To do list ini adalah list aktivtias, target yang dibuat secara harian. Jadi, setiap hari bisa malam hari atau pagi hari saya membuat rencana aktivitas dengan menuliskannya di lembar ini. Saya tidak terlalu suka plan yang terlalu detail hingga ke jam, karena yang ada malah kurang fleksibel dan terkesan terlalu kaku. Jadi saya buat model to do list untuk planner harian saya .

Design to do list, untuk merencanakan aktivtias harian

Di lembar ini saya bagi menjadi empat bagian besar. 3 Bagian besar yaitu Working, Blogging, Business adalah 3 aktivitas yang pasti harus saya lakukan setiap hari.

  • Working : Berkaitan dengan pekerjaan yang ada di kantor
  • Business : Berkaitan dengan usaha sambilan yang saya jalankan
  • Blogging : Aktivitas menulis saya setiap hari

Ketiganya harus saya lakukan sehari-hari, jadi saya jadikan hal tersebut sebagai bagian utama. Di kolom other adalah aktivitas lain yang yang di luar 3 hal tersebut.

Terkait tentang blogging, hal ini adalah hal baru yang ingin saya kembangkan dan juga terus belajar agar lebih profesional. Salah satu caranya adalah dengan membuat domain berbayar dan hosting berbayar, yang akhirnya mengubah blog saya menjadi ideannisa.com. Untuk itu, perlu keseriusan dalam mengembangkannya. So, butuh direncanakan bukan?

Jika nanti ada perubahan aktivitas utama, tentu kolomnya bisa berubah lagi. Teman-teman pun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri ya.

4. Idea List to Write

Sebelumnya, saya pernah menulis tentang Mengapa Saya Menulis? Inilah Alasannya, dalam postingan blog yang sebelumnya. Karena saya suka menulis itulah, lembar ini sengaja saya buat untuk mengumpulkan ide-ide yang akan akan saya tulis atau posting di sosial media. Tentu ide-ide ini perlu dicatat supaya tidak lupa. Pada saatnya menulis, saya bisa memilih mana yang akan saya tulis duluan.

Catatan ide untuk menulis

Di lembar ini saya bagi menjadi 4 kolom.

  • Personal blog, sebagaimana yang saya tulis di blog ini (ideanisa.com)
  • Islamic Blog, adalah tulisan tulisan saya bertema islam yang saya tulis di salah satu website islam sebagai kontributor (dalamislam.com)
  • Project, jika ada ada kompetisi blog/menulis, atau tulisan kontribusi saya di platform lainnya
  • Other post, adalah post di sosial media lainnya selain di blog atau web.

5. Notes

Yang terakhir yang saya buat adalah catatan tambahan yaitu Notes. Lembar ini untuk sekedar menulis berbagai catatan seperti misalnya saat mengikuti seminar, workshop, kajian, dan lain sebagainya.

Catatan Untuk Menulis saat Kajian, Seminar, Workshop, atau Catatan penting saat membaca buku.

Ya itulah Desain Planner saya. Simple membuatnya, sesuai kebutuhan dan keinginan sendiri. Tinggal print dan masukkan ke dalam binder yang saya miliki. Pasti jadi tambah semangat untuk terus membuat rencana aktivitas dan memembuat check list nya setiap hari.

Yuk, coba bikin sendiri!

 

You may also like

23 Comments

  1. Plannernya lucu sekaliii mbaa, kalo printerku udh ada tinta warnanya aku ijin print ya mbaaa :). Makasih juga sharingnya baru tau aku ada edit canva biasanya aku pake sotosop doang hehe

  2. mbak, tolong ajari full nya dong.. cara masukkan dari ms.word.. lalu nama font nya apa ya? saya pemula banget jd nggak begitu paham

  3. Cantiik bgt disainnya. Dan rajin ih. Aku paling nyatet di awang2. Haha. Seringya di notes hape sih. Entah knapa skrg males bgt nulis tangan

  4. Wew, ada target harian dan mingguannya juga. Jadi minder, hidupku kok gak punya target T.T

    Btw, cantik banget desainnya, aku masih bingung cara ngutak atik canva 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *