Langkah Lengkap Memulai Bisnis Online di Instagram

Berbisnis bukan lagi perkara yang sulit di zaman digital seperti sekarang ini. Asalkan ada kemauan, keberanian mencoba, dan sedikit jeli untuk memanfaatkan fitur-fitur di sosial media yang ada, semuanya akan bisa dijalankan serta menuai hasilnya.

Menjalankan bisnis di sosial media, bisa dilakukan oleh siapapun, kapanpun, dan sebagai posisi apapun. Bahkan, banyak juga karyawan kantoran yang dalam kesibukannya bekerja di kantor, masih bisa mengurusi bisnis lewat sosial medianya. Untuk itu, bisnis di sosial media sangat disukai oleh orang-orang yang ingin waktunya lebih fleksibel.

Menurut saya, ada 3 hal yang membuat sosial media sangat layak menjadi jalan berbinis tanpa perlu pikir panjang lagi.

  1. Kecepatan

Kita bisa berbisnis dengan cepat tanpa membutuhkan mobilitas yang tinggi. Misalnnya saja, untuk mengupload foto kita membutuhkan waktu kurang dari 1 menit hingga bisa sampai kepada pelanggan atau pasar yang dituju. Bahkan kita tidak perlu kemana-mana untuk bisa menawarkan produk yang ingin kita jual.

  1. Mudah Menjangkau Pasar

Dengan sosial media kita bisa dengan mudah menjangkau pasar. Saat ini hampir seluruh dunia terkoneksi di dunia maya. Ada lebih dari 2 Miliar orang (sumber : statistita.com) yang menggunakan sosial media. Artinya ada banyak sekali varian orang dan karakter pasar disana. Kita bisa memilih dan menuju, kelompok pasar mana yang sesuai dengan produk yang kita jual.

  1. Fleksibel

Kita bisa menggunakan sosial media kapan saja dan dimanapun. Bahkan untuk berjualan di sosial media, kita bisa berinteraksi dengan pelanggan setiap waktu. Jika masih berjualan di toko atau tempat tertentu, tentu saja kita dibatasi jam dan waktu istirahat kita. Saat menggunakan sosial media, waktu istirahat kita juga masih bisa melayani pelanggan.

Menarik Bukan? Untuk itu, bagi kita yang akan memulai bisnis, bisnis lewat sosial media sangat layak untuk dicoba.

Berikut adalah tips dan pengalaman saya menggunakan sosial media sebagai jalan bisnis hijab yang sedang dilakukan. Dengan jalan ini, saya bisa mulai untuk mendapatkan pelanggan dan juga keuntungan dari produk yang saya jual.

Instagram Pilihan Tepat Untuk Memulai Bisnis Online

Dari sekian banyaknya sosial media, instagram adalah sosial media yang secara pribadi sangat saya sukai dan saya gunakan untuk berbisnis. Instagram memiliki keutamaan dibanding sosial media lainnya.

  1. Mengutamakan Foto dan Video

Fitur dari instagram pada intinya menekankan pada foto dan video. Saat ini, pada umumnya pasar lebih menyukai bentuk visual daripada teks yang panjang lebar. Foto dan video yang di upload di Instagram juga dengan mudah bisa di edit sesuai dengan keinginan kita.

Menjual produk online tentu saja ada kelemahan yaitu pelanggan tidak bisa melihat dan memegang langsung barang yang dijual. Untuk itu, kekuatan foto atau video harus ditonjolkan agar menampilkan produk yang benar-benar sesuai kenyataan.

  1. Terintegrasi dengan Sosial Media Lainnya

Fitur di instagram juga memudahkan kita untuk mengintegrasikan akun bisnis kita ke sosial media lainnya. Beberapa diantaranya bisa kita membagikannya kepada akun kita di Facebook, Twitter, dan Tumblr dengan sangat cepat.

Kita hanya tinggal membuat satu postingan di instagram dan dengan otomatis postingan tersebut akan muncul di akun sosial media kita dengan yang lainnya. Jadi tidak perlu buat satu persatu 🙂

  1. Live di Instagram dan Insta Story Untuk Enggagement

Walaupun kita berbisnis online, enggagement dengan customer adalah hal yang juga harus dilakukan. Bagaimana caranya membuat pelanggan tetap connect dan dekat dengan kita.

Instagram memiliki fitur Insta Story untuk bisa Enggagement dengan followers kita. Sehingga, kita bisa menampilkan keseharian aktivitas bisnis kita sekaligus menambah kepercayaan bagi mereka.

Jika masih kurang, kita bisa juga menggunakan fitur Instagram live untuk bisa berkomunikasi lewat video live dan menerima comment dari followers akun bisnis kita. Tanya jawab atau bahkan memberikan testimoni live bisa terasa lebih asik, mudah, dan terasa dekat.

 

Langkah-Langkah Untuk Berbisnis di Instagram

Sebelum memulai untuk berbisnis di sosial media, maka harus ada langkah-langkah yang harus dipersiapkan, agar bisnis kita matang dan siap untuk dipublikasikan. Ingat, bahwa di sosial media sungguh berbeda dengan berjualan langsung. Harus ada hal-hal yang diperhatikan dan dipersiapkan lebih matang.

3 Step Berbinis di Instagram yaitu melalui tahapan pematangan konsep binsis, menyiapkan content di sosial media, dan meraih pasar/customer.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai tahapan untuk bisa memulai bisnis di sosial media instagram. Kuncinya adalah 3 hal : Konsep, Content, dan Meraih Pasar.

Konsep bisnis apa yang hendak kita usung haruslah matang dahulu di awal. Konsep bisnis ini tentu saja sangat menentukan tampilan sosial media, target pasar yang hendak dibidik, brand yang ingin dicitrakan.

Tanpa kematangan konsep maka, bisnis kita di sosial media nantinya tidak akan bersaing dengan bisnis lainnya dan sulit untuk dikenal, apalagi terlihat keunggulan.

Konsep tersebut setidaknya mencakup 4 hal yaitu :

  • Siapkan Produk

Apa produk yang hendak kita jual? Apa fungsi produk tersebut? Adakah keunggulan produk kita dibandingkan dengan produk milik brand lain?

Saya contohkan, misalnya saya yang menjual produk hijab, maka saya harus benar-benar mengetahui apa keunggulan produk hijab saya, bagaimana materialnya, apa warnanya, apa motifnya, cocok untuk siapa atau momen dan seperti apa cara menggunakannya.

  • Tentukan Merek (Brand)

Brand bukan hanya sebuah merek dagang, namun ia juga mencerminkan nilai atau kesan yang akan ditangkap oleh pasar. Brand ini tentu saja harus yang mencerminkan produk dan keunggulannya, serta mampu ditangkap dengan baik serta melekat di benak pasar.

  • Bidiklah Pasar

Ingat, bahwa tidak semuanya membutuhkan dan suka produk kita. Pasti akan ada beberapa orang atau kelompok tertentu yang bisa kita bidik. Apalagi di sosial media sangat luas sekali pasarnya, kita harus pandai-pandai membidik. Tentunya meraih pasar di sosial media, khususnya dalam hal ini adalah melalui instagram, membutuhkan proses dan membangun engagement yang baik serta intens.

 

Content dalam sosial media tentu saja sangat dibutuhkan dan sangat penting untuk diperhatikan. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjadikan content instagram kita menarik perhatian.

  • Foto atau Video yang Menarik
Siapkan Foto yang terbaik untuk bisa ditampilkan di instagram. Foto yang baik adalah foto yang mampu menunjukkan produk secara jelas (tidak blur), warnanya jelas dan asli (tidak kabur), tidak gelap, dan mampu mengesankan penggunaan produk tersebut kepada pelanggan.

Jika menggunakan video maka gunakan video maksimal 1 menit saja. Tidak perlu lama-lama namun bisa tertangkap produk tersebut kepada pelanggan. Jangan lupa, mengedit video juga penting, prinsipnya sama seperti tampilan pada foto.

  • Caption yang Singkat, Padat, Informatif, dan Mengalir

Caption di Instagram tidak perlu panjang-panjang. Biarkan lebih banyak foto atau video yang berbicara. Usahakan caption yang singkat dan padat namun memiliki makna untuk dibaca. Caption yang terlalu panjang membuat orang malah malas membaca. Biarkan caption tersebut kita sampaikan secara mengalir dan alamiah.

Berikan informasi mengenai produk secara jelas pada caption seperti : material produk, harga, warna yang tersedia, kesan yang ditangkap jika mengenakan produk (misalnya akan terlihat mewah, formal, simple, dsb), dan informasi penting lainnya.

Gaya bahasa di caption tentu saja tergantung kepada pasar yang dibidik dan produk yang dijual. Jika target kita remaja tentu saha bahasa yang digunakan harus lebih fresh dan bahasa keseharian yang digunakan. Untuk segmen lainnya tentu harus menyesuaikan.

  • Hashtag yang Populer dan Unik

Untuk memudahkan pencarian oleh pengguna instagram, maka gunakanlah hastag yang populer dan sering digunakan untuk bisa merujuk kepada produk kita. Selain hashtag yang populer kita juga bisa mencantumkan hashtag unik yang has dengan produk/branding kita.

  • Design dan Posting di Instagram

Supaya tampilan instagram kita lebih menarik, kita bisa membuat tema design untuk produk yang akan di posting. Misalnya setiap 9 produk memiliki warna design dengan sentuhan pink atau ada kesan monokrom. Pilihan design dan tema tentu saja menyesuaikan dengan kesan yang akan kita tampilkan.

Jangan lupa, tetaplah konsisten untuk selalu memposting di instagram. Akun yang postingannya tidak up date tentu saja tidak menarik bagi pengguna sosial media.

  • Informasikan Identitas di Profile Instagram

Selain mempersiapkan content seperti foto, video, dan design, jangan lupa untuk mengoptimasikan profil yang ada di halaman profil atau timeline akun bisnis kita. Berikan informasi unik mengenai brand yang kita ciptakan. Berikan juga informasi contact bisnis kita juga sertakan link untuk menuju web atau menuju akun lain yang kita miliki. Hal ini mempermudah pasar atau customer untuk menghubungi kita.

 

Setelah content siap, maka hal yang penting untuk dilakukan adalah meraih pasar. Meraih pasar di sosial media tentu saja membutuhkan usaha juga agar mereka aware dan mau untuk mengikuti konten sosial media kita hingga tertarik untuk membelinya.

  • Endorser/Influencer

Endorser atau Influencer adalah orang yang bisa mempengaruhi followersnya di sosial media. Peran endorser dan influencer ini sangat besar terhadap bisnis di sosial media. Untuk itu kita bisa menggunakan endorser atau influencer untuk mengenalkan produk kita dan mempostingnya di sosial media mereka.

Untuk memilih endorser atau influencer, maka pilihlah mereka yang memang cocok untuk produk kita, menyentuh segmen kita. Misalnya, untuk produk hijab khusus wanita dewasa maka pilihlah endorser yang juga berusia dewasa.

  • Followers Aktif

Bisnis di Sosial media khususnya di Instagram tentu saja membutuhkan followers. Biarkan followers kita bertambah secara natural karena adanya interaksi (comment, love, dsb), bukan berasal dari akun followers bayaran atau robot.

Akun followers bayaran lebih baik dihindari karena tidak berefek apapun. Jumlah followers tidak membuat bisnis kita menjadi sukses karena yang terpenting adalah enggagement dari kita terhadap followers tersebut.

  • Penggunaan Instagram Ads

Instagram memiliki fasilitas iklan berbayar yaitu Instagram Ads. Instagram Ads bisa memunculkan iklan kita agar dilihat dari lebih 10.000 orang per jam-nya dengan algoritma yang sangat canggih.

Tentu semakin banyak yang melihat maka biaya iklan pun juga akan berbeda. Instagram ads ini akan membantu bisnis kita untuk membangkitkan awareness pada pengguna instagram yang lainnya.

  • Penggunaan Paid Promote

Akun paid promote adalah akun-akun instagram yang memiliki jumlah followers banyak dan membuka layanan untuk mempromosikan produk kita untuk di posting di sosial media akun tersebut. Paid promote bisa mempermudah untuk lebih luas menyebarkan produk pada pasar.

 

Menggunakan Jasa Agency Untuk Digital Marketing

Jika kita adalah pembisnis di sosial media yang masih awam dan merintis, kita bisa menggunakan Jasa Agency untuk memasarkan produk kita di platform digital atau sosial media. Tentu saja, penggunaan jasa agency ini harus selektif dan juga melihat portofolio yang dimiliki, agar kualitas content di sosial media kita pun bisa menarik dan menjawab kebutuhan.

ABAH Digital Marketing Specialist adalah salah satu Agensi yang memberikan layanan untuk meningkatkan bisnis dan layanan melalui sosial media, blog, ataupun web. Untuk bisnis di sosial media, menggunakan jasa digital marketing specialist pun juga bisa dilakukan. Tentukan saja apa yang kita butuhkan maka ABAH Digital Marketing Specialist bisa menyiapkannya sesuai dengan yang kita inginkan.

Untuk itu, seperti yang tercantum dalam instagram ABAH, ABAH Digital Marketing adalah Your Digital Marketing Specialist untuk Branding Awareness, Driving traffic & SEO, and Get Closer with Customer. Layanan ABAH, melingkupi blog campaign, social media campaign, offline campaign, dan produksi artikel untuk blog atau web yang kita miliki.

Bagi pembisnis di sosial media baru, maka Abah Digital Marketing Specialist bisa membantu dan menjawab kebutuhan kita salah satunya adalah untuk Jasa Social Media Marketing Jakarta.

Termasuk saya, saya pun ingin mencoba strategi ini untuk bisa meningkatkan traffic di instagram dan meningkatkan brand awareness bisnis saya. Apalagi sebagai pemain baru dalam bisnis online, saya sangat butuh bantuan Digital Marketing Specialist seperti ABAH.

Kendala dalam Digital Marketing

Menggunakan sosial media tentu memudahkan, namun juga memiliki tantangan dan kendala tersendiri yang harus dihadapi. Kendala-kendala yang pernah saya rasakan sebagai pengguna sosial media dalam berbisnis adalah 3 hal berikut.

  1. Persaingan yang Tinggi

Sangat banyak sekali produk sejenis yang sudah menggunakan sosial media dalam memasarkan produknya. Tentu saja ini kendala sekaligus tantangan yang harus dihadapi. Seperti jualan jilbab, fashion sudah banyak sekali yang menjualnya di sosial media.

Tentunya, akan muncul persaingan yang sangat tinggi dan berlomba-lomba memunculkan produk dan layanan yang terbaik dari masing-masing brand.

Untuk itu kreatifitas, inovasi, menunjukkan keunggulan, keunikan harus dilakukan agar kita mampu bersaing dan menaruh perhatian para pengguna sosial media.

  1. Kasus Penipuan

Tidak dipungkiri, kasus-kasus penipuan juga sangat banyak terjadi di sosial media. Beragam kasus pun terjadi misalnya saja online shop yang menjual barang tidak sesuai dengan apa yang diiklankan, barang yang tidak dikirimkan kepada pembeli, dan lain sebagainya.

Tentu saja hal ini mempengaruhi kepercayaan pengguna sosial media, khususnya bagi akun bisnis yang baru merintis dan belum banyak dikenal.

Untuk itu, ini menjadi tantangan yang harus diselesaikan agar akun bisnis kita mendapat kepercayaan dan jauh dari prasangka buruk calon customer.

  1. Kualitas Asli Produk

Hal terakhir yang menjadi tantangan dalam berbisnis online adalah kurangnya produk dapat dirasakan jelas oleh calon customer. Misalnya dalam menjual jilbab, pembeli kurang bisa merasakan bagaimana materialnya, kelembutannya, nyaman atau tidaknya.

Untuk itu, menjadi tantangan agar online shop bisa mendeskripsikan sekaligus menampilkan produk se-real mungkin.

Itulah langkah merintis bisnis dengan Digital Marketing, khususnya dengan Sosial Media instagram. Penjelasan di atas sejatinya adalah berasal dari pengetahuan dan pengalaman saya pribadi, tentu saja masih butuh untuk dikembangkan dan dipraktekkan agar pengetahuan semakin mendalam.

Selamat Merintis Bisnis dengan Digital Marketing 🙂

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *