5 Keuntungan Bekerja Sambil Berbisnis Sampingan

Di tulisan sebelumnya (5 Tantangan Bekerja Sambil Berbisnis Sampingan), saya menulis tentang tantangan apa saja yang ada ketika seorang yang bekerja kantoran memiliki bisnis sampingan. Pastinya, setiap tantangan selalu ada juga keuntungan atau kelebihan yang didapatkan.

Walaupun bekerja di kantor, kita bisa mendapatkan berbagai hal lain yang menurut saya pribadi, bisa terbayar kok dari kelelahan dan padatnya aktivitas kita.

Apa saja sih keuntungan dari bekerja sambil berbisnis sampingan?

1.     Double Income

Siapa yang tidak ingin punya penghasilan ganda? Kalau untuk urusan yang satu ini, pasti setiap orang ingin dong penghasilannya bukan hanya dari satu sumber saja. Dan inilah kelebihan dari bekerja sambil berbisnis sampingan. Lelah dan super sibuk tentunya akan membuahkan hasil dari income yang juga bertambah.

Akan tetapi tentu saja ada syarat yang harus dilakukan. Baik pekerjaan atapun bisnis yang kita lakukan harus benar-benar fokus dikerjakan dan terencana. Jangan sampai salah satunya terlalaikan malah berdampak pada tidak mendapatkan hasil yang optimal di kedua-duanya.

Untuk kalian yang masih baru memulai bisnis dan ingin menambah penghasilan, bisa juga memulai untuk bisnis online. Coba check pengalaman dan tulisan saya tentang Langkah Lengkap Memulai Bisnis Online di Instagram.

2.     Income Bekerja Bisa untuk Berbisnis

Jika kita ingin mengembangkan bisnis hingga meningkatnya level bisnis kita, bekerja di kantoran juga menjadi salah satu hal yang mendukung. Setidaknya untuk memulai sebuah bisnis kita pasti akan memulainya dari kecil dan membutuhkan modal. Bagi yang bekerja di kantoran, tentu gaji yang diterima setiap bulannya bisa dimanfaatkan juga untuk berbisnis.

Nah, kalau sudah sampai level bisnis yang semakin meningkat dan membesar, saatnya memilih. Mana yang akan lebih difokusi? Bekerja di Kantor atau Berbisnis? Karena mengurus Bisnis yang kian membesar pasti membutuhkan juga fokus dan intensitas yang tinggi. Saat itu lah kita sudah menjadi Boss dari Usaha yang kita buat. Bekerja sambil berbisnis hanya jadi batu loncatan saja untuk usaha kita.

3.     Jaringan dan Pasar

Bingung mencari jaringan dan pasar? Jika bekerja di kantor, sudah pasti banyak orang-orang dan jaringan yang kita kenal bukan? Nah, hal ini menjadi keuntungan saat kita berbisnis, kita bisa memulai usaha dengan menawarkan produk kita pada orang-orang terdekat dan berkembang pada jaringan yang dimiliki orang-orang terdekat tersebut.

Percayalah, pada awalnya produk kita akan dibeli oleh orang-orang lingkaran terdekat kita. It’s a good step to start your business.

4.     Pengalaman dan Pembelajaran yang Luas

Bekerja sambil berbisnis menuntut kita untuk selalu fokus pada hal-hal yang berbeda namun harus selalu berjalan beriringan. Dengan adanya hal tersebut diri kita akan tertuntut untuk terus belajar, mencari pengalaman, berkreasi, menemukan pola efektifitas dalam bekerja sehingga kita akan menemukan banyak pengalaman dan pembelajaran yang semakin meluas.

Mungkin pada akhirnya kita akan memilih mana hal yang akan kita fokusi dan lebih menjadi passion dalam diri kita. Tidak masalah. Tapi pengalaman dari bekerja atau pun berbisnis sangat baik dan akan mempengaruhi cara-cara kita mengambil keputusan dan pemecahan masalah.

Baca juga : 5 Pelajaran dan Hikmah Dari Berbisnis

5.     Lebih Produktif

Sibuk belum tentu produktif. Setidaknya dengan bekerja dan berbisnis ada banyak hal yang bisa kita lakukan dan kita hasilkan. Menurut saya pribadi kita harus bangga untuk menjadi seorang wanita yang produktif. Wanita yang produktif bukan hanya dilihat dari hasil yang dia kerjakan, namun dari apa yang mampu dan teroptmalkan dalam dirinya.

Jika di kantor bekerja sampai pukul 17.00 dan masih ada waktu sisa yang banyak, mengapa tidak untuk mencoba membuka usaha? Atau mungkin jika kita adalah seorang yang masih merasa memiliki passion lebih dan di pekerjaan kita tidak menemukannya, mengapa tidak lebih produktif dengan memulai membuka bisnis?

Produktif adalah kunci keberhasilan kita. Tentunya berawal dari kita membuat perencanaan yang efektif.

Baca Juga : Membuat Printable Planner Sendiri Menggunakan Canva

Bagaimana rencana kalian? Tetap semangat ya menjalankan pekerjaan dan bisnis. Semoga segala apapun usaha kita mendapat berkah dan bermanfaat bukan hanya diri, tapi juga orang banyak.

You may also like

2 Comments

  1. Saya sedang mencoba untuk berbisnis sederhana untuk pekerjaan sampingan. Sayangnya sulit sekali mengatur waktunya, apalagi jadwal kerja di kantor saya sangat padat sekali. Semoga ada kesempatan bagi saya memulai bisnis sembari menjadi freelancer. Aamiin.

    Doakan ya mba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *