5 Tantangan Bekerja Sambil Berbisnis Sampingan

Apakah kalian termasuk orang yang bekerja di kantoran sekaligus menjalankan bisnis? Atau terpikir sambil bekerja ingin membuka usaha? Sebelum menjalankan keduanya tentu lebih baik kalau mengetahui keuntungan dan tantangannya, ya! Tentunya ada banyak keuntungan dan tantangan yang bisa kita ambil dari menjalankan dua aktivitas ini bersamaan.

Ada banyak orang beranggapan bahwa untuk bekerja saja membutuhkan waktu yang banyak, walau di jam kantor dibatasi hanya 8 jam bekerja. Pada kenyataannya, terkadang di luar waktu 8 jam tersebut, ada saja pekerjaan yang harus diselesaikan dan dibawa pulang sebagai PR saat malam hari.

Belum lagi, jika berbisnis, walaupun hanya bisnis sampingan tetap saja butuh konsentrasi dan energi yang lebih. Melayani pelanggan, memastikan produk, mengelola media untuk berjualan, memastikan produk sampai dengan selamat, dan lain sebagainya.

Saya sendiri sebagai wanita yang juga bekerja sambil mengurus bisnis. Capek? Tentu saja. Puas? Ada kepuasan tersendiri. Karena masing-masingnya memiliki keuntungan dan tantangan yang bisa didapatkan.

Baca Juga5 Pelajaran dan Hikmah Dari Berbisnis

Nah untuk itu, yuk simak apa saja sebetulnya tantangan dan keuntungan yang didapatkan jika kita bekerja juga sambil berbisnis sampingan.

1.     Manajemen Waktu

Super sibuk, sudah pasti akan dihadapi oleh kita yang bekerja di kantor juga sambil berbisnis sampingan. Tantangannya adalah kita harus pandai-pandai memanajemen waktu yang kita miliki. 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu bisa jadi waktu yang dirasa sedikit bagi kita yang bekerja di dua alam ini.

Untuk itu, tantangan pertama ini harus bisa ditaklukkan. Manajemen waktu memang gampang-gampang susah. Gampang merencanakannya, susah mengaplikasikannya karena kadang tidak sesuai plan. Kita harus bisa memisahkan kapan waktu untuk bekerja dan kapan waktu berbisnis. Keduanya tentu ingin kita jalankan bersamaan, tapi buat dulu manajemen waktunya yang baik ya!

Baca jugaMembuat Printable Planner Sendiri Menggunakan Canva

2.     Disiplin

Manajemen waktu sudah dibuat. Jangan lupa untuk disiplin. Tantangan disiplin ini pasti akan kita hadapi. Sedikit saja manajemen waktu kita melenceng, atau kedisiplinan kita menurun, maka akan mempengaruhi juga pada aktivitas yang kita rencanakan.

Jika ingin bekerja dan berbisnis sekaligus, berarti kedisiplinan ini harus kita jaga dan terus pertahankan. Bayangkan saja, misal kita bermalas-malas atau menunda-nunda salah satu aktivitas kita, yang terjadi pasti salah satunya akan terbengkalai. Hasilnya akan mempengaruhi kinerja pekerjaan kantor kita atau income dari bisnis kita.

Tentu kita tidak ingin salah satunya terbengkalai bukan?

3.     Kefokusan

Tantangan Kefokusan adalah yang pasti akan kita dapatkan saat berbisnis dan bekerja. Saya sendiri terkadang sering terpikir masalah bisnis saat bekerja atau terpikir pekerjaan kantor saat mengurusi bisnis. Saat itu terjadi artinya kita sedang tidak fokus.

Abaikan pekerjaan saat bisnis dan abaikan bisnis saat bekerja. Sebagai manusia, kita tidak bisa fokus semua hal dalam satu waktu. Hasilnya tidak akan ada yang bisa optimal jika dua-duanya kita pikirkan bersamaan.

4.     Profesionalitas

Apakah kita sering mengurus bisnis saat bekerja? Hati-hati ini tantangan yang berat. Setiap perusahaan atau company pasti memiliki aturan dan etika yang tidak ingin karyawannya mengerjakan hal-hal lain di luar pekerjaan saat jam bekerja. Untuk itu, perhatikan waktu dan etika ya. Jangan sampai profesionalitas ini mengganggu kinerja kita di kantor dan malah berdampak buruk bagi perkembangan karir kita di dalamnya.

5.     Waktu Senggang dan Weekend Tetap Bekerja

Bekerja kantoran pada umumnya berlangsung Senin-Jumat. Hari Sabtu dan Minggu akankah kita liburan dan bebas dari pekerjaan? Belum tentu. Jika kita punya bisnis sampingan biasanya hari-hari senggang dan weekend ini akan jadi waktu untuk bisa berbisnis. Mengikuti pameran, berjualan di bazar-bazar, mengecek produk, dan lain sebagainya.

Kalau sudah passion, pasti melakukan hal ini tidak akan menjadi masalah dan akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Tapi kalau dilakukan dengan setengah hati, ini tantangan yang cukup berat!

Apapun tantangannya pasti ada keuntungan yang didapat. Ke-5 tantangan di atas pasti akan terselesaikan jika kita mau menghadapinya dan satu persatu sabar mengerjakannya. Apalagi dengan adanya beragam teknologi dan kanal yang semakin berkembang, bisnis kita juga bisa dilakukan dengan lebih efektif.

Baca JugaLangkah Lengkap Memulai Bisnis Online di Instagram

Yes, We can do it!

Selamat bekerja dan berbisnis, happy working and business sister!

You may also like

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *