5 Hal yang Bikin Asyik Jadi Enterpreneur

Banyak yang takut jadi pengusaha. Banyak yang khawatir juga kalau nanti bangkrut, rugi, ditipu sana-sini, dan masalah-masalah lainnya yang membuat seseorang (termasuk saya dulu) takut jadi pengusaha. Eh, tapi setelah dicoba dan dijalankan, ternyata jadi menjalankan bisnis dan usaha tuh menyenangkan juga. Jujur aja, bikin ketagihan. Hehehe.

Di tulisan sebelumnya tentang bisnis saya sudah menulis mengenai Langkah Lengkap Memulai Bisnis Online di Instagram. Kalau yang sudah baca, sebetulnya akan tergambar bisnis sekarang memang bisa lewat jalan apapun walaupun masih bekerja di kantoran. Tapi, memang menjadi enterpreneur full time juga pasti lebih mengasyikkan.

Walaupun bukan berbisnis secara full time, alias masih sekedar disambi kerjaan kantor, saya termasuk yang merasa senang menjalankan usaha yang saya bangun bersama partner bisnis. Walaupun juga, usaha saya masih merintis, tapi yang jelas jadi enterpreneur itu asyik kok.

Apa sih keasyikan kalau misalnya kita jadi full time enterpreneur? Menurut saya ini keasyikan kita bisa jadi enterpreneur yang jarang-jarang didapatkan oleh karyawan kantoran. Yuk kita bayangkan bersama-sama…

1.   Waktu yang Flexibel

Bebas ngatur waktu. Mau masuk jam berapa, mau ngapain aja hari ini. Semuanya tergantung dengan perencanaan kita. Kalaupun telat, yang nanggung dan rugi ditanggung sendiri. Setidaknya waktu kita lebih flexibel dibanding kalau kerja di kantor harus eight to five atau lebih dari jam itu.

Tapi bukan berarti seorang enterpreneur juga bisa seenaknya sendiri ya. Kalau sudah janjian sama client atau partner bisnis ya masa iya kita masih mau nyantai-nyantai alias ngikut seenaknya kita sendiri?

Baca juga : Membuat Printable Planner Sendiri Menggunakan Canva

2.   Gaya Sesuai Kita

Enaknya jadi enterpreneur ya suka-suka kita. Bahkan kerja pakai kaos, mau gaya apapun style nya boleh-boleh aja selagi ga ada yang ngelarang. Beda banget sama di kantor yang kita pasti harus ngikuti style atau seragam kantor. Sehari-hari jadi ga ribet sama masalah ini kalau jadi enterpreneur.

Inget kan cerita tentang Mark Zukenberg atau Steve Jobs? Mereka menggunakan pakaian dengan model dan gaya yang sama setiap harinya. Tidak ribet memikirkan pendapat orang, yang penting sesuai style dan kenyamanan mereka.

(Pengen deh kayak gitu..)

Baca juga : 5 Pelajaran dan Hikmah Dari Berbisnis

3.   Bebas Mengeluarkan Ide

Mau mikir konsep dan ide apapun bisa jadi lebih luas dan bebas. Kenapa? Karena kita sendiri yang handle bisnis kita dan kita juga yang mengatur. Kadang ketika bekerja dengan satu orang atau perusahaan ide dan konsep kita setidaknya banyak mengikuti mereka walaupun pasti ada ruang diskusi atau membuka ide. Ataupun kalau ada ide dan konsep yang ingin kita applikasikan pasti harus nunggu persetujuan atasan atau pimpinan kita, dikaji baru bisa diambil keputusan.

Tapi, kalau jadi entepreneur, ide dan konsep apapun bisa kita buat sendiri dan bisa kita coba-coba sendiri. Keputusan bisa kita ambil sendiri. Yang pasti apapun hasilnya, baik atua buruknya yang ditanggung sendiri juga.

4.   Membuka Lahan Pekerjaan Baru

Kalau sudah sukses (amiin), kita pasti bisa buka lahan pekerjaan baru. Ya tentunya kita butuh orang lain untuk support bisnis kita. Secara otomatis kita pasti membuka recruitment atau hiring orang untuk terlibat dalam bisnis kita. Berkahnya bisnis ya, hehehe.

Berbeda dengan kalau kita bekerja dengan orang lain atau perusahaan, tentunya yang membuka bukan kita melainkan perusahaan atau atasan yang memiliki wewenang.

Baca juga : 5 Keuntungan Bekerja Sambil Berbisnis Sampingan

5.   Bebas Bertanggung Jawab

Walaupun bebas segala-galanya yang jelas kita belajar bebas bertanggung jawab. Karena saat menjadi seorang enterpreneur kita adalah bos buat diri kita dan segala macam pekerjaan bisnis yang kita tangani. Maju dan berkembangnya bisnis tersebut juga ada dalam tanggung jawab kita. Jadi, setidaknya bebas-bebasnya kita tetep harus bertanggungjawab. Tapi tetep asyik karena kita yang ngurus dan mengatur segalanya.

Asyik kan? Saya juga ingin deh. Semoga ya 

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *