#MemesonaItu adalah Bersinar

Adakah wanita yang terlahir tidak cantik? Menurut saya setiap wanita yang ada di dunia ini adalah cantik. Walaupun semuanya cantik, tapi tak setiap wanita bisa memancarkan pesonanya. Cantik saja tidak cukup, tapi cantik yang membuat orang terpesona  dan merasakan adanya keindahan dan sesuatu yang berbeda dalam diri kita adalah hal yang paling penting.

Saya memiliki sebuah perumpaman akan sebuah pesona.

#MemesonaItu ibarat matahari. Dia selalu memancarkan pesonanya di saat yang tepat. Walaupun matahari sedang tidak terlihat, pesonanya selalu kita nanti. Kita selalu berharap datangnya pagi dan matahari kembali memberikan sinarnya bagi kehidupan.

Untuk itu, bagi saya #MemesonaItu adalah bersinar. It’s like SUN SHINE!

Ya, #MemesonaItu adalah SHINE. : Smart, Helpful, Independent, Natural, Endurable.

Smart

Sebagai wanita yang #MemesonaITu tak melulu soal merawat kecantikan fisik. Tapi pikiran atau akal pun perlu dirawat bahkan diberi nutrisi.

Banyak hal yang harus kita lakukan sebagai wanita. Entah berperan sebagai seorang ibu, karyawan, pengusaha, seorang istri, atau sebagai apapun kita masalah akan terus menimpa. Tentu saja dalam menyelesaikan seluruh persoalan tersebut wanita harus memiliki kecerdasan. Seorang wanita yang #MemesonaItu adalah mereka yang Smart.

Smart atau Cerdas tak melulu harus soal akademik atau soal memperbanyak gelar di belakang nama. Smart adalah ketika kita bisa menyelesaikan persoalan hidup kita secara efektif dan efisien dan tidak terlarut dalam dinamika masalah.

Wanita yang Smart selalu menggali ilmu pengetahuan dan meluaskan pandangannya dalam melihat dunia. Dia bisa berbicara mengenai hal apapun. Kita bisa melihat dunia lebih luas dari sekedar kacamata kita sendiri.

Wanita yang #MemesonaItu bisa berbicara segala hal karena ia cerdas. Tak takut akan masalah karena ia memiliki pesona kecerdasan yang bisa diasah untuk menghadapi semua masalah hidupnya.

Helpful

#MemesonaItu tak sekedar terlihat menarik atau memamerkan apa yang ada dalam diri kita sendiri.

Seperti matahari yang bersinar, pesonanya tak hanya sekedar pancaran sinar. Tetapi dalam sinarnya terdapat berbagai manfaat yang ia berikan untuk seluruh makhluk di bumi. Dibalik keindahan sinarnya ia memberikan kehangatan, kesuburan bagi tumbuhan, energi untuk bergerak, dan manfaat lainnya yang bisa matahari tebarkan.

Wanita yang #MemesonaItu mampu memancarkan pesonanya lewat kepedulian dan bantuan yang ia berikan untuk orang lain. Mengapa? Karena setiap wanita memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing. Setiap wanita memiliki potensi dan energi yang besar untuk bergerak dan memberikan manfaat.

 

Ia tak lagi menjadi memesona jika tak ada pancaran yang bisa ia tebarkan. Walaupun tak seperti matahari, sekecil apapun itu potensi dan energi yang ada dalam diri kita, pancarkanlah untuk sekitar. Berikanlah manfaat dan bantuan kita pada yang membutuhkan.

Saya selalu terpesona ketika ada seorang wanita yang mampu memberikan energi positifnya kepada banyak orang. Pikirannya selalu positif, mau mendengarkan orang lain, memberikan bantuan masukannya tanpa harus mengklaim atau judge berlebihan. Dengan begitu dia sudah memancarkan sinar kebermanfaatannya. Dia telah membuat orang lain menjadi positif.

Karena, #MemesonaItu dapat memberikan manfaat dari apa yang kita miliki. You are beautiful because you are helpful.

Independent

Wanita yang #MemesonaItu adalah wanita yang mandiri dan mampu berdiri sendiri tanpa harus menggantungkan hidupnya pada orang lain.

Banyak wanita tak bisa #MemesonaItu karena ia merasa lemah dan ditambah oleh stigma masyarakat yang mengklaim seperti itu. Padahal tidak.

Mengapa harus Independent atau mandiri?

Wanita adalah sosok yang kuat dan bisa melakukan banyak hal sesuai yang mereka inginkan. Untuk menjalankan hidup wanita tidak harus merasa lemah atau tak berdaya. Wanita yang mandiri dapat menyelesaikan masalah, menghidupi dirinya, melakukan banyak aktifitas, dan berdaya atau bahkan memberdayakan orang lain.

Tak perlu menjadi apa yang orang lain mau apalagi harus mengikuti apa yang bukan menjadi kehendak diri kita, karena wanita yang #MemesonaItu mampu mandiri dan berdiri atas apa yang ia kehendaki. Tentunya kehendak yang baik dan mengarahkan banyak hal positif bagi diri ataupun lingkungan sekitar.

Natural

Untuk #MemesonaItu kita tidak perlu membuat diri kita menjadi sesuatu yang lain atau orang lain. Setiap dari wanita memiliki hal-hal natural yang merupakan bawaan yang Tuhan anugerahkan khusus dalam dirinya, seperti kecantikan, bakat atau kemapuan, passion dan lain sebagainya.

Wanita yang #MemesonaItu adalah mereka yang mampu menampilkan diri apa adanya, tidak dibuat-buat namun tetap cantik dan menarik. Semuanya dibuat secara natural apa adanya, dengan gaya dan penampulannya sendiri, namun tetap percaya diri.

Seperti Wanita yang cantik, menurut saya cantik yang natural tentu cantik yang lahir dari kemampuan merawat diri, merawat fisik, menjaga kesehatan. Hal ini karena sesuatu yang natural adalah sesuatu yang terawat, alamiah, sebagaimana Tuhan anugerahkan fungsi tersebut untuk diri kita.

Wanita pun bisa menjadi apapun dengan melihat ke dalam dirinya. Menjadi natural adalah mengoptimalkan dan merawat dari apa yang Tuhan berikan.

#MemesonaItu Be Natural, Be You!

Endurable

endurable to describe something that’s no fun, but that a person can generally deal with

Tidak mudah untuk menjadi #MemesonaItu. Namun bukan berarti tidak bisa.

Berbagai masalah dalam diri kita pasti akan menerpa dan menjadikan kita harus menerima berbagai keadaan yang tidak selalu bahagia. Menjadi wanita yang #MemesonaItu adalah ketika ia mampu menerima keadaan yang negatif sekalipun, dan menjadikannya sebagai pengalaman berharga serta dihadapi dengan keikhlasan hati.

Banyak sekali di dunia ini wanita-wanita yang ditimpa oleh berbagai masalah masing-masing, dan dengan kekuatan diri serta hatinya, ia mampu menghadapinya dengan penuh kesabaran.

Wanita #MemesonaItu adalah Endurable. Dapat menerima keadaan, dan mengubahnya menjadi pengalaman berharga. Dari situlah ia menjadi sangat Memesona karena kekuatannya bersabar dan menghadapi kenyataan.

 

 

Itulah Memesona menurut saya. Tidak ada wanita yang sempurna, tapi tentu kita ingin hidup ini menjadi sesuatu yang lebih baik bukan? Untuk itu, tahapan dan usaha menempuhnya adalah hal yang harus kita lakukan.

Tentunya #MemesonaItu bukan sekedar menampilkan diri kita dan memperlihatkan apa yang kita miliki. Jauh dari sana, #MemesonaItu mampu memancarkan cahaya diri kita, memanfaatkannya dengan baik, untuk diri sendiri dan orang lain di sekitar kita.

Are you ready to be SHINE?

 

#MemesonaItu

#MemesonaItu

Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog #MemesonaItu oleh Pancarkan Pesonamu

You may also like

5 Comments

  1. Memesona itu memang lahir dari diri kita ya mbak, jika kita mampu mengoptimalkannya maka terlihat pancaran sinarannya, seperti yang mbak bilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *