Perawatan Motor Matic dengan Oli Motor Terbaik

Bekerja ke kantor, mengurus bisnis, dan menjadi seorang blogger yang sering ikut event sana sini, menjadikan saya, sebagai wanita yang sangat mobile. Kadang dalam waktu-waktu tertentu harus mondar mandir, kesana kesini di waktu yang berdekatan.

Untuk itu,  saya memilih untuk menggunakan motor kemana-mana. Selain karena lebih cepat, bisa nyelap-nyelip kalau macet, lebih gampang dikendara, dan yang pasti lebih hemat ketimbang harus naik angkutan umum. Belum lagi kalau menunggu lama, terlambat datang, dan tidak nyaman karena harus berdesak-desakan dengan penumpang lain.

Alhamdulillah, menggunakan motor kemana-mana membuat aktivitas lebih lancar walau harus bersabar jika berhadapan dengan macet. Maklumlah, di Ibu Kota, macet itu hal biasa. Sudah menjadi teman sehari-hari. Macet tidak bisa dijadikan alasan karena sudah menjadi asumsi sehari-hari.

Tetapi yang jelas, saya lebih memilih menggunakan motor matic ketimbang motor bebek biasa. Motor matic itu ringan, mudah dikendarai, dan yang jelas memudahkan kalau saya bawa barang banyak. Bisa disimpan di depan. Apalagi kalau harus bawa bahan-bahan untuk bisnis saya. Pastinya motor matic lebih enak dan friendly untuk para wanita.

Perawatan Untuk Motor Kesayangan

Seperti halnya tubuh kita, jika ingin sehat maka harus dirawat. Begitupun dengan kendaraan kita. Motor matic kesayangan saya ini sudah lebih dari 1 tahun menemani aktivitas saya kemana-mana. Tentu saja butuh perawatan ekstra jika ingin terus fit dan kuat dibawa kemana-mana.

Terkadang hal ini yang sering disepelakan oleh para wanita. Pemakaian motor yang asal dan kurang terawat. Termasuk saya sendiri, kadang-kadang lupa untuk melakukan perawatan motor. Maklum, wanita terkadang lebih fokus merawat dirinya ketimbang barang-barang yang dimilikinya. Hehehe.

Apa sih perawatan utama untuk motor?

Oli atau pelumas adalah perawatan utama untuk motor. Oli ini berfungsi untuk mencegah gesekan langsung antar komponen, memberikan perawatan agar mesin atau bagian-bagian di motor tetap berfungsi dengan baik. Ibaratnya, tanpa oli atau pelumas yang baik maka komponen yang ada di dalam motor akan bekerja secara kasar. Lama kelamaan akan merusak motor itu sendiri.

Belum lagi, mesin-mesin yang ada di dalam motor tentunya mengeluarkan panas. Jika mesin tidak dingin, tentunya juga akan mudah rusak. Penting untuk kita memilih oli yang bisa menjamin mesin motor tetap dingin. Jangan sampai oli membuat atau membiarkan mesin bekerja dengan mengeluarkan panas yang berlebih.

Untuk itu, sebaiknya kita mengganti oli motor secara berkala. Minimal dua bulan sekali, tentunya bergantung kepada pemakaian. Semakin sering dan jarak yang ditempuh semakin jauh, tentu oli harus semakin rutin diganti. Sayang kan jika motor kita rusak dan tidak berfungsi hanya gara-gara kita tidak rajin merawatnya.

Yang juga tidak kalah penting adalah, jangan sampai salah memilih Oli atau Pelumas untuk motor kita. Karena saya menggunakan motor matic, pastinya saya akan memilih jenis Oli Motor untuk Oli Motor Matic. Karena sistem kerja motor matic tentunya berbeda dengan motor biasa. Untuk itu memilih pelumas yang khusus motor matic adalah keharusan agar motor matic saya tetap terawat dengan baik.

Memilih Federal Matic dengan 2X Revolusi Dingin

Untuk perawatan motor matic saya, tentu saya harus mencari oli motor yang terbaik agar perfoma motor senantiasa terjaga.

Sebelum mengenal jenis-jenis oli dan berbagia macam merek, saya pernah salah pilih. Sebetulnya karena memang tidak paham dan dipilihkan sama abang montir asal-asalan. Yang ada malah tidak cocok dan bikin motor jadi gak enak ketika dibawa.

Alhamdulillah, selama ini saya selalu direkomendasikan dan menggunakan oli motor yang membuat motor saya selalu bekerja setia menjadi teman saya pergi kemana-mana.

Oli yang saya pakai adalah Federal Matic. Oli motor ini mengklaim bahwa bekerja 2x lebih efektif, 2x lebih kencang, dan 2x lebih bandel. Untuk itu, tidak salah kalau saya menjadikan Federal Matic ini sebagai oli spesial motorku. Federal matic juga merupakan oli dengan 2X Revolusi dingin sehingga motor kita bisa terjaga dari panas yang berlebih.

Karena federal matic 2 kali revolusi dingin, jadi si motor saya yang sering dipakai ini gak mudah panas dan mesin-mesin di dalamnya tetap dingin. Kenapa bisa begitu? Karena Federal Matic ini diperkuat dengan adanya Heat Protection Formula yang bisa mengontrol panas dua kali lebih efektif karena mampu melumasi hingga bagian mesin yang paling kecil. Selain itu juga bisa membersihkan dari kotoran yang menghambat performa mesin.

Ingat, kalau mesin itu panas banget, maka mudah rusak lho. Jadi pastinya, mencari oli motor yang bikin mesin tetep dingin menjadi keharusan. Apalagi kalau pergi-perginya jarak jauh. Jadi gak salah kalau saya mencari oli seperti Federal Matic dengan Revolusi 2X Lebih Dingin-nya.

Federal Matic ini juga oli yang benar-benar memperhatikan detail dari setiap jenis motor dan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Jadi perhatikan sebelum menggunakan dan pakailah jenis oli yang sesuai ya.

Walaupun sama-sama untuk motor matic, ada jenis olu yang berbeda dari Federal Matic. Untuk federal matic sendiri terdapat jenis Federal Matic 40 dan Federal Matic 30.

 

Federal matic 30 berbahan dasar synthetic base oil dengan formula yang spesial untuk jenis mesin bertransmisi matic khususnya motor dari Honda dan memiliki pelumas yang berspesifikasi 10W-30. Sedangkan Untuk Federal Matic 40 adalah oli untuk Motor Yamaha dan juga matic dari Piaggio.

Detail dan Spesifikasi untuk Oli Federal Matic 40

 

Detail dan Spesifikasi untuk Oli Federal Matic 30

Karena Federal Matic bisa terus menjaga motor saya (saya pakai Federal Matic yang 30 ya), jadi tetep setia pakai Oli ini. Jadi, tiap mau services motor saya selalu bilang pada montirnya untuk pakai oli ini. Ditawarin yang lain, pakai ini aja deh.

Yang punya tips merawat motor dan tentang oli motor terbaik, boleh share juga dong.

You may also like

9 Comments

  1. ane padahal make motor udah bertahun – tahun, tapi baru sadar kalo oli itu punya peranan penting banget tuk kesehatan motor, hehehe.. pantesan aja dulu motor ane sempat ngadat gara-gara ga pernah diganti olinya 😀
    nais info mbak sist ^_^

    salam blogger dan salam hoki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *