Ingin Tulisan Semakin Berkualitas dan Menghasilkan? 3 Orang Ini memaparkan Rahasianya

Menjadi blogger tak melulu soal goodie bag dan fee transport. Ada yang lebih dari itu adalah soal kualitas content dan kemampuan menulis secara berkualitas dan profesional. Walau blogger tak pernah ada embel-embel jabatan ataupun status tertentu, tapi tulisan seorang blogger bisa sangat bernilai dan bermanfaat.

Apa yang seorang blogger tulis mampu merubah mindset, menambah wawasan seseorang, bahkan menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu. Salah satunya adalah mau membeli produk tertentu dan membagikan informasi produk kepada teman-teman atau koleganya. Untuk itu, kemampuan membuat content marketing dan tulisan yang menarik adalah tugas utama seorang blogger.

Hal ini yang disampaikan oleh Niko Ariansyah, seorang Digital Marketing Specialist dari CNI Indonesia. Dalam acara yang dilaksanakan pada 27 Agustus 2017, oleh Komunitas ISB dan CNI di Plaza Festival Jakarta, ia menyampaikan aspek-aspek penting dalam hal pembuatan content marketing. Materi yang disampaikan kurang lebih 40 menit ini mampu membuat para blogger yang hadir, termasuk saya, fokus dan tidak berpaling sedikitpun untuk menyimak.

Kunci Sukses Content Marketing : Banyak Membaca dan Pahami Target Market

Menurut Niko, hal penting dalam pembuatan content marketing adalah banyak membaca. “Read a lot in order to write well”. Ia mengatakan bahwa, dengan banyak membaca seorang blogger akan memiliki kekayaan informasi dan pengetahuan. Apa yang ditulis akan lebih tajam dan mendalam. Untuk itu, membaca dapat dan memperkaya informasi bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti : Buku Referensi, Blog orang lain, Website, Social media, Jurnal atau literatur lainnya.

Niko Riansyah, Digital Marketing Specialist, menjelaskan tentang Quick Tips untuk pembuatan content marketing.

Selain itu, hal yang penting juga dalam pembuatan content marketing bagi Niko adalah kita harus memahami dan mengerti siapa target pembaca kita. Sebagaimana seorang yang melakukan marketing dalam bisnis, pasti memiliki target market yang spesifik. Untuk itu, blogger juga harus memahami pembacanya bisa dari aspek: Demografi, Hobi, Ketertarikan dalam bidang tertentu, dsb.

Memahami pembaca atau audience di blog kita nantinya akan berefek ke berbagai hal lain. Termasuk dalam hal pembuatan konten yang relevan. Blog kita akan sering dikunjungi dan ramai pembaca jika kita sudah mengetahui secara spesifik kebutuhan pembaca.

Bahkan Niko pun mengatakan, blog yang baik adalah blog yang memiliki nieche secara spesifik, bukan campur-campur. Blog yang spesifik misalnya saja : Techno Blog, Food Blog, Beauty blog, dsb. Dengan begitu, blog kita akan memiliki positioning dan nantinya akan menguatkan branding bagi para pembaca. Mereka akan tau apa isi blog kita dan akan kembali untuk mencari hal serupa di blog kita.

Untuk menguatkan dan terus memperluas pembaca, kita juga bisa menggunakan sosial media untuk mempromosikan isi blog kita. Gunakan berbagai kanal media untuk menjaring pembaca dan mendistribusikan blog kita agar semakin dikenal. Jangan lupa juga, bahwa pembaca suka dengan content yang gratis bukan berbayar. Bagikan konten kita secara gratis dan jangan mempersulit pembaca untuk mengakses blog kita dengan banyaknya pop-up atau widget yang tidak perlu di blog.

Soft Selling dan Memenangkan Kompetisi Blog

Masih berkaitan dengan pembuatan content marketing, seorang blogger yang profesional juga harus mampu menyajikan cerita dan pengalamannya terhadap suatu produk atau brand. Tentunya dalam hal ini adalah cerita yang jujur, apa adanya, dan positif terhadap si brand.

Haya Alia Zaki, blogger senior dan profesional, juga menyampaikan pengalamannya dalam memenangkan berbagai kompetisi blog. Ia menyampaikan bahwa seorang blogger harus memiliki kemampuan Soft Selling yaitu mempromosikan pengalaman menggunakan produk tertentu atau brand tertentu, dengan pendekatan cerita atau pengalaman secara persuasif.

Seorang blogger dalam mempromosikan atau mereview suatu produk bukan dengan cara hard selling, namun harus mampu menggerakkan dengan pengalaman yang nyata. Apalagi hanya sekedar “ngecap”, membual, atau sekedar memberikan komentar yang bagus-bagus atau baik-baik saja tanpa ada detail penjelasan atau pengalaman pribadi.

Haya Alia Zaki, Blogger Senior dan Professional, menjelaskan tema : How to Win a Blogging Contest

Kemampuan seperti inilah yang membuat Haya Alia Zaki memiliki prestasi segudang dari berbagai kompetisi menulis dan blog sejak tahun 1999. Pencapaian tertinggi Haya adalah pada tahun 2015. Ia mendapatkan kesempatan untuk meliput rumah sakit yang ada di Singapura dengan fee 10 juta serta berbagai fasilitas lainnya saat berkunjung ke Singapura. Baginya itu adalah pencapaian tertinggi dalam perjalanannya menulis dan blogging.

Tentunya pencapaian tersebut bukan tanpa proses dan pengalaman jam terbang yang tinggi. Rahasia sukses-nya ia rangkum dalam penjelasan selama 1 jam dalam acara ini.

1.    Tentukan Bidang Keahlian Kita

Haya menyampaikan, bahwa dalam setiap tulisannya terdapat satu ciri khas khusus yaitu story telling dan pengetahuannya dalam bidang kesehatan. Memiliki background di bidang farmasi dan kesehatan, membuat Haya terus menampilkan pengetahuannya tersebut dalam tulisan-tulisannya. Untuk itu, lomba blog yang bertema kesehatan dan keluarga sering ia menangkan.

Ia pun berpesan agar para Blogger lebih baik untuk memilih dan mengikuti lomba blog yang sesuai dengan passion atau bidang yang ia kuasai. Tidak ada salahnya untuk mengikuti, namun bidang dan pengetahuan yang sesuai akan mudah untuk dituliskan. Karena menulis juga membutuhkan kedalaman pengetahuan.

Hal ini menjadi pesan juga bagi para blogger bahwa kita pun harus banyak memiliki wawasan dan pengetahuan. Salah satunya dengan banyak membaca. Agar tulisan semakin berkualitas dan berbobot. Blog kita pun kaya akan informasi. Tetapi, perlu diingat. Tetap sajikan dengan bahasa yang mudah dan universal untuk dicerna pembaca.

2.    Cari Tau Seluk Beluk Kompetisi Blog yang Diikuti

Sebelum mengikuti kompetisi blog, Haya menyampaikan untuk para blogger meneliti dan mencari tahu terlebih dahulu seluk beluk-nya. Hal ini menghindarkan kita dari masalah di kemudian hari serta dapat membuat tulisan di blog sesuai yang diharapkan oleh penyelenggara. Misalnya saja seperti:

  • Mencari tau siapa penyelenggaranya
  • Mencari tau detail brand dan produknya
  • Apakah produk/brand sedang bermasalah dan terkena kasus?:  Jangan sampai kita terkena masalah karena mempromosikan produk/brand yang sedang terkena kasus
  • Apa saja syarat dan kriterianya : Jangan sampai ada yang terlewat sedikitpun
  • Cari tau siapa saja jurinya dan karakteristik penulisan dewan Juri : Tanpa harus merubah gaya dan sudut pandang yang kita miliki
  • Apa saja hadiahnya? : Untuk menambah semangat dan dorongan kita untuk memproduksi tulisan berkualitas
  • Cari tau siapa saja pesertanya dan blogwalking : Tujuannya adalah untuk mencari inspirasi dan mencari angel tulisan atau konten yang belum terjamah oleh peserta lainnya

Hal yang juga paling penting adalah jangan menulis mendekati deadline atau bahkan kita lupa kapan deadline tulisan harus di submit. Sayang sekali jika harus gagal dalam lomba hanya gara-gara tulisan yang kita kirim tidak sesuai dengan deadline yang ada.

Hal-hal lain yang harus diperhatikan bagi seorang blogger menurut Haya Alia Zaki adalah tentang bagaimana cara menghasilkan dan meracik sebuah tulisan. Seorang blogger juga perlu memperhatikan aspek 5W1H dalam tulisannya. Menurutnya, 5W1H ini bukan hanya digunakan oleh para wartawan, tetapi oleh seorang blogger sekalipun. Jangan malas untuk mereview dan mengedit tulisan kita, agar yang tulisan yang tampil adalah tulisan berkualitas.

Haya Alia Zaki, dengan semangat, menjelaskan benefit jika kita mengikuti lomba blog.

Selain pemaparan mengenai tips dan trick mengenai cara memenangkan Kompetisi Blog, Haya Alia Zaki juga memberikan motivasi kepada seluruh blogger yang hadir saat itu. Baginya seorang blogger profesional juga dimulai dari seorang blogger pemula. Yang membedakan adalah adanya pengalaman dan proses yang terus menerus ditekuni.

Salah satunya, dengan mengikuti kompetisi blog maka kemampuan kita pun akan terupgrade dan yang pasti mendapatkan banyak pengalaman. Untuk itu, bukan hanya soal menang kalah, tetapi keberanian kita untuk berproses dan percaya diri. “Jangan kalah sebelum berperang”

Bagi saya pribadi, apa yang disampaikan Mbak Haya sangat memotivasi dan menginspirasi. Dibalik penjelasannya mengenai How to Win Blogging Competiton, menurut saya apa yang ia sampaikan, sejatinya adalah rahasia untuk menjadi seorang blogger yang berkualitas, bukan hanya menang dalam kompetisi. Untuk itu, pembahasan beliau sangat memacu saya untuk terus belajar dan evaluasi tulisan yang selama ini dihasilkan.

Peluang Penghasilan Baru Bersama CNI di Era Digital

Seorang blogger, selain memiliki penghasilan dari tulisan yang ia hasilkan, ternyata juga memiliki peluang berbisnis ala Multi Level Marketing. CNI Indonesia selaku penyelenggara acara ini, menawarkan prospektus berbisnis bagi para blogger yang hadir. Tentunya, ilmu yang telah Niko Riansyah (Digital Marketing Specialist) sampaikan sebelumnya sangat bermanfaat untuk bisa sukses berbisnis bersama CNI.

Gusti, Divisi Marketing CNI, menyampaikan bahwa CNI memiliki 50 produk lebih dan member yang bergabung bisa mendapatkan 7-12% keuntungan dari penjualan produk. Tentu keuntungan yang cukup menjanjikan.

Gusti, Divisi Marketing dari CNI Indonesia, menjelaskan benefit jika berbisnis bersama CNI. Peluang yang sangat menggiurkan di era digital seperti saat ini.

Untuk memulai bisnis di CNI Indonesia, tentu caranya sangat mudah. Di era digital seperti sekarang ini tentu kemudahan transaksi dan promosi produk sangat cepat dan mudah. CNI Indonesia pun tentunya memiliki fungsi ini untuk dapat terus mengembangkan potensi bisnisnya bersama Member. Salah satunya adalah dengan Afiliasi.

Afiliasi adalah kita menyebarkan link afiliasi menuju website CNI. Jika ada yang mengklik link referal tersebut dan membeli produk CNI, maka otomatis kita akan mendapatkan keuntungannya dari penjualan tersebut. Tentu jika kita menyebarkan banyak link di berbagai sosial media yang kita miliki disertai pembuatan content marketing yang menarik, akan banyak keuntungan yang kita dapatkan.

Untuk itu, bisa dicoba dengan mulai membuat promosi menarik di sosial media dan blog, dan tariklah pembaca untuk membeli produk-produk dari CNI dengan kemampuan persuasif yang kita miliki. Peluang bisnis seperti ini tentu sangat cocok bagi kita para blogger dan suka dengan pembuatan content yang menarik. Tentunya #IniBaruBisnis.

Blogger, ilmu tentang content marketing sudah kita dapatkan dari Niko Riansyah. Bagaimana menjadi seorang blogger yang dapat membawakan sebuah brand juga sudah dijelaskan oleh Mbak Haya Alia Zaki. Selanjutnya, tinggal kita praktekan dan cari pengalaman sebaik mungkin.

Ingat : Jangan Kalah Sebelum Berperang!

 

  • Semua Dokumentasi adalah milik penulis di Ideannisa.com
  • Apa yang ditulis dalam blog ini adalah penafsiran dan pemahaman dari penulis

You may also like

11 Comments

  1. CNI emang terkenal dari dulu ya :). Oiya btw materinya bagus nih mba setelah saya baca-baca, lumayan banget untuk pemula atau yang mau ikutan lomba blog. Bisa lebih terarah lagi. Terima kasih infonya kakak.

  2. Senang ya bisa jadi juara lomba blog.
    Saya termasuk pribadi yang langsung jiper saat ada lomba blog, karena saya merasa tulisan saya belum sebagus senior. Alhamdulillah bisa ikut serta di workshop ini, saya jadi percaya diri untuk ikut lomba blog. Meski tidak menang, tetapi setidaknya saya sudah berusaha dengan ikutan lomba blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *