Tampil Spesial di Hari Istimewa dengan Kain Batik Khas Indonesia

Berbicara tentang hari Istimewa, setiap orang pasti punya definisi dan agenda istimewa masing-masing. Bagi saya hari istimewa ini salah satunya adalah hari yang akan saya hadapi di awal tahun 2018 nanti. Yaitu acara lamaran, alias lebih serius menuju ke jenjang selanjutnya (red : pernikahan).

Di hari istimewa, rasanya juga ingin tampil yang lebih istimewa. Momen ini hanya terjadi sekali saja seumur hidup, dan pastinya penampilan yang spesial harus benar-benar disiapkan. Tidak heran, walaupun ini bukan pesta pernikahan, acara lamaran juga menjadi momen kedua keluarga calon pasangan suami istri benar-benar saling mengenal dan mempersiapkan diri. Untuk itu, pastinya benar-benar menjadi moment istimewa yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Setelah hunting sana sini dan coba mencari referensi untuk gaya busana apa yang akan saya, keluarga, dan calon pasangan nanti kenakan, terbersitlah untuk menggunakan kain khas Indonesia, yaitu batik. Ya, batik memang tidak pernah ada matinya. Kain khas Indonesia ini pastinya cocok digunakan saat hari spesial bahkan dalam aktifitas sehari-hari. PR nya hanya tinggal mencari model, yang penting kainya merupakan motif batik Indonesia.

Untuk itu, saya ingin menggunakan tema dengan batik modern pada saat acara tersebut. Untuk saya kain batik moderen ini digunakan untuk bawahan atau rok, sedangkan atasannya adalah menggunakan kebaya simple modern. Begitupun dengan pihak keluarga yang perempuan, menggunakan batik yang hampir sama dan warna senada.

Referensi Batik Modern dan Kebaya untuk lamaran (thebridedept)

Sedangkan bagi pria (calon pasangan) bisa menggunakan batik modern ini sebagai kemeja panjang. Mengapa kemeja panjang? Karena ini acara formal, dan biasanya pria dengan batik kemeja panjang, lebih gagah dan terkesan lebih formal. Untuk calon pasangan saya, bisa menggunakan kain batik yang sama dengan saya.

Bagi saya sendiri ada beberapa hal yang membuat saya memilih tema batik modern untuk acara lamaran nanti. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Cinta Indonesia

Jujur saja, sehari-hari rasanya jarang menggunakan kain khas Indonesia. Sehari-hari saya banyak menggunakan baju-baju polos atau hijab motif bunga, atau pasmina plain. Hal ini karena lebih pada tampilan casual sehari-hari membuat saya memilih tampilan seperti itu.

Untuk di hari spesial, boleh dong lebih menunjukkan cinta Indonesia. Salah satunya adalah dengan menggunakan kain khas Indonesia yaitu kain batik. Apalagi saat ini sudah banyak sekali motif kain batik yang beragam, lebih moderen, warna-warna yang juga variatif. Semakin cinta deh dengan Batik Indonesia.

  1. Batik Memberikan Aura Tersendiri

Entah mengapa saya selalu suka dengan orang yang menggunakan kain batik. Seperti memancarkan auranya tersendiri. Bagi laki-laki ia lebih gagah berwibawa, sedangkan perempuan terasa lebih ayu dan berkharisma. Untuk itu, saya ingin membawa aura tersebut dalam acara spesial nanti beserta penambah percaya diri agar muncul senyum bahagia.

  1. Mudah didapatkan

Kain batik adalah kain yang sangat mudah untuk didapatkan. Tidak perlu ribet mencarinya, kain batik pasti selalu ada di toko bahan kebanyakan, dan penjualan online pun sudah sangat banyak.

Untuk kain batik modern, saya memiliki referensi untuk membelinya di batik keris via website online. Sebetulnya batik keris ada juga di beberapa mall besar di Indonesia, namun jika tidak sempat berpegian bisa memilih lewat website.

Kita bisa memilih dengan gambar yang sudah tersedia di website dan pastinya keluarga bisa ikut memilih, walaupun tidak bertemu secara langsung. Sangat mudah dan praktis. Waktu tidak akan habis hanya untuk pergi dan memilih-memilih di toko bahan.

Itulah rencana saya di hari istimewa nanti. Apakah kalian ada ide juga, tentang busana spesial apa yang bisa digunakan saat lamaran nanti? Boleh share di kolom comment ya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *