Belajar Saham Bagi Pemula Dengan Membuka Rekening 100 Ribu Rupiah

Ada yang pernah mencari tahu tentang belajar saham bagi pemula? Dengan modal buka rekening 100ribu rupiah, ternyata sekarang sudah bisa. Penting sekali untuk belajar saham ini, karena ini masalah investasi keuangan di masa depan.

Bicara masalah keuangan, salah satunya adalah berbicara mengenai masalah investasi. Tau sendiri kan, bahwa kita tidak hanya hidup di hari ini saja. Di masa selanjutnya, masa berkeluarga, masa memiliki anak, masa tua, investasi akan sangat membantu dan menolong kita untuk tetap survive karena ada harta yang kita simpan dan terus bergerak sampai kita membutuhkannya.

Salah satu investasi yang menarik perhatian dan sering menjadi pembahasan dalam berbagai literasi keuangan adalah saham. Saya sendiri, jujur saja, sangat awam sekali masalah ini. Jangankan masalah saham, masalah investasi saja saya masih meraba-raba, dan belum benar-benar mengetahui seluk beluknya.Hehehe

Belajar Tentang Apa Itu Saham

Banyak orang berpikir bahwa saham itu adalah mahal, berat, dan hanya untuk orang kaya saja. Namun, setelah acara peluncuran RHB Trade Smart With Aro di Bursa Efek Jakarta, yang lalu saya menjadi paham bahwa ternyata investasi saham tak melulu seperti itu.

Saham sendiri artinya adalah kepemilikan investor terhadap suatu perusahaan tertentu. Misalnya saja, sebuah perusahaan bernama ANTAHBERANTAH, dengan berinvestasi saham pada perusahaan tersebut, kita memiliki kekayaan perusahaan tersebut, beberapa persennya. Misalnya saja dari 100%, kita memiliki 0,1 persennya dari total kekayaan.

Menurut beberapa pakar keuangan, saham sendiri salah satu instrumen investasi yang secara grafik, dapat memberikan return modal paling tinggi. Itu mengapa, bermain saham menjadi suatu hal yang menarik dan menguntungkan bagi sebagian orang yang lain.

Harga saham sendiri, bisa berubah dengan mudah dan cepat, bergantung kepada kondisi ekonomi global, ekonomi lokal atau dalam negeri, permintaan dan juga penawaran. Terkadang akibat suatu isue, profiling pemilik perusahaan, politik, kebijakan pemerintah, juga bisa mempengaruhi harga saham perusahaan tertentu. Itu mengapa, pemain saham biasanya sangat jeli dan hampir 24 jam dalam hidupnya tiada henti membuka grafik saham atau yang ada di bursa efek.

Untuk itu, investasi saham bukanlah investasi jangka pendek yang hasilnya dapat dituai dengan mudah dan dalam waktu yang cepat. Investasi saham menurut para pakar ekonomi, adalah investasi jangka panjang. Terkadang ada yang dalam 1 tahun bisa rugi 50% namun di tahun-tahun selanjutnya bisa berkurang hingga di atas 25%. Sedangkan masuk di angka 10 tahun kerugian sudah jarang dijumpai. Tentu saja ini kembali lagi, tergantung kepada bagaimana.

Beberapa Tips yang saya dapatkan dari berbagai sumber pencarian di Google, berikut adalah tips-tips praktis untuk para pemula dalam memulai belajar saham. Berikut diantaranya :

  1. Pilih perusahaan yang memang dikenal dan diyakini suistanable-nya. Ibaratnya, jangan pilih perusahaan yang masih gambling, baru atau belum sehat. Hal ini agar kita yang masih baru bisa benar-benar mengetahui cara kerjanya terlebih dahulu, tanpa dihantui rasa takut untuk bangkrut atau rugi. Setelah mengenal medan, baru bisa kita bermain pada perusahaan-perusahaan yang mungkin belum begitu terkenal.
  2. Jangan berinvestasi terlalu banyak terlebih dahulu. Investasikan dulu sedikit. Misalnya saja bagi pemula anka 3juta-5juta rupiah sudah cukup. Kenali dulu dan rasakan sensasinya terlebih dahulu. Jika sudah ahli, barulah kita bisa tingkatkan jumlah.
  3. Di zaman sekarang, sudah tidak perlu broker untuk transaksi. Online trading ataupun melalui website dan aplikasi sudah bisa dilakukan melalui perusahaan-perusahaan sekuritas terpercaya. Oya, pastikan perusahaan sekuritas tersebut diawasi oleh OJK ya.
  4. Jangan lupa, selalu belajar tentang Ekonomi Makro, Pasar Modal, dan update beritanya di waktu luang kita, agar pemahaman selalu meningkat dan bertambah.

Menurut teman saya yang sudah ahli tentang saham ini, jangan takut duluan dan jangan merasa terbebani. Pahami dan lakukan action, agar investasi saham kita selalu bergerak maju menuju goal yang kita inginkan.

Belajar Saham dengan RHB Trade Smart With Aro

Ada seorang yang menyampaikan, bahwa belajar paling baik adalah sambil praktik atau langsung mencoba di lapangan. Butuh teori pasti, tapi yang paling penting adalah mengetahui seluk beluknya langsung di lapangan. Jika tidak pernah mencoba, jika selalu takut gagal, lalu kapan bisa suksesnya?

Salah satu yang bisa menjadi sarana kita belajar saham adalah dengan RHB Trade Smart With Aro yang baru saja diluncurkan pada 10 Oktober 2017. PT RHB Sekuritas Indonesia adalah bagian dari RHB Banking Group yang merupakan salah satu grup pelayanan finansial yang terintegrasi dan terbesar ke-empat di Malaysia. Dengan aplikasi online ini, memudahkan kita untuk belajar dan nabung saham.

Acara di launching RHB Tradesmart With ARO

Aplikasi ini diluncurkan, salah satunya juga karena masih rendahnya tingkat literasi finansial masyarakat Indonesia dibandingkan dengan negara lain. Selain itu juga, data dari Bursa Efek Indonesia menunjukkan bahwa investor pasar modal aktif di Indonesia hanya 600.000 SID, sangat minim jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Kondisi inilah yang akhirnya mendorong BEI juga membuat kampanye Yuk Nabung Saham, yang menggerakkan anak-anak muda generasi Millenial mulai melirik saham sebagai ladang investasi.

Disampaikan oleh Presiden Direktur PT RHB Sekuritas Indonesia Chan Kong Ming, “Kami menghadirkan RHB Trade Smart Wirh Aro untuk memudahkan masyarakat yang ingin berinvestasi saham.”. Aro juga merupakan fitur dalam aplikasi yang memberikan analisis teknis dan strategi real time. Bagi investor pemula, ARO bisa juga menjadi fitur pembelajaran dan analisis saham tertentu.  Bagi yang berpengalaman juga bisa menjadi panduan lanjutan atas saham mereka.

Dengan ARO, aplikasi RHB TradeSmart mampu memberikan notifikasi realtime sinyal saham kepada user agar dapat mengetahui saham-saham apa saja yang menjadi trending pada perdagangan bursa hari itu. Jadi aplikasi RHB TradeSmart dapat membantu mengoptimalkan informasi bagi para trader dan investor untuk bertransaksi.

Aplikasi ini juga sudah bisa di download melalui Google Play Store. Sangat mudah dan cepat untuk mengaksesnya. Di halaman home, kita bisa langsung melihat bagaimana kondisi saham yang ada secara umum.

Fitur RHB Tradesmart ARO tersebut, yang saya dapatkan dari Website RHB TradeSmart Indonesia diantaranya adalah :

  • ARO Signal: berisi saham-saham yang hari itu menjadi trending di pasar, dan mendapat trading signal BULL, HOLD dan BEAR. Sehingga semuanya bisa mengetahui apa yang lagi HOT di pasar

  • ARO Library: berisi indikator dan parameter tambahan yang lebih detail mengenai saham yang mendapat notifikasi, sehingga para trader dan investor bisa memiliki trading plan yang lengkap agar dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan bertransaksi.
  • ARO Technical: berisi parameter tambahan Automatic Support dan Resistant untuk membantu pengambilan keputusan dari trader terhadap signal rekomendasi ARO, baik antri beli maupun jual, secara otomatis tanpa harus membuka chart yang kompleks.

Dalam acara ini hadir juga Merry Riana sebagai brand Ambassador RHD Trade Smart With Aro. Dikesempatan ini beliau juga menyampaikan bahwa banyak masyarakat Indonesia merasa takut untuk investasi saham karena resiko besar yang muncul setelahnya. Padahal menurutnya, resiko itu muncul akibat dari masyarakat kurangnya wawasan dan pengetahuan akan shaam atau produk investasinya. Jika bisa dipahami dan mendapatkan kemudahan informasi, tentu saja hal tersebut dapat diatasi.

Cara Mulai Berinvestasi dengan RHB Sekuritas

Yang menarik dengan RHB Tradesmart with ARO adalah kita bisa memulai membuka rekening saham dengan hanya Rp100.000 saja. 100ribu rupiah kita sudah bisa memulai untuk belajar mengenai saham dan menikmati semua fitur yang terdapat pada ARO.

Nah, untuk caranya yang harus dilakukan adalah sebagai berikut ya :

  • Download terlebih dahulu aplikasi RHB Tradesmart With ARO di Playstore atau Apple Apps Store
  • Registrasi melalui website RHB dan isi data diri dengan lengkap sekaligus scan KTP melalui kamera smartphone
  • Setelah selesai, check email untuk mendapatkan kata kunci dan username untuk membuka aplikasi
  • Dengan proses tersebut, pembukaan rekening saham sesuai dengan aturan BEI akan dilakukan
  • Tunggu verifikasi dari call centre, untuk melakukan verifikasi data dan proses Know Your Customer (KYC), sambil menunggu nomor dan kode investor dari KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) dan Rekening Dana Investor (RDN) yang dikeluarkan oleh Bank-Bank ternama di Indonesia.
  • Setelah semuanya selesai, maka dokumen lengkap akan dikirimkan pada alamat yang sesuai kita daftarkan. Kita pun diminta untuk tanda tangan dan mengirimkan kembali pada kantor pusat RHB Sekuritas Indonesia di Wisma Mulia LT.20 Jalan Gatot Subroto 42 Jakarta
  • Setelah semua proses dilengkapi, maka kita akan menerima Investor ID (SID) dan nomer rekening investor (RDN)
  • Pengguna bisa melakukan transfer dana dan memulai untuk trading saham dengan sangat mudah dan panduan ARO dimanapun dan kapanpun, secara real time

Sangat mudah bukan untuk belajar saham secara online dan hanya dengan modal membuka rekening sebesar 100ribu rupiah saja. Bagaimana? Kalian mau coba tidak?

You may also like

34 Comments

  1. Ga ada alesan lagi buat menunda nabung saham ya Mba, cukup sediakan 100k aja udah bisa mulai beli saham. Apalagi belinya pakai apps RHB yang gampang buat pemula. Cucok 😀

  2. ARO Signal itu berguna banget mbak, buat kasih peringatan sekaligus pemberitahuan tren terkini di pasar. tinggal kita yang kalkulasi lagi aja 🙂

    asyik ya bisa ikut acara ini jadi lebih ngerti saham

  3. Aku paling enggak minat belajar saham, tapi baca ini malah jadi penasaran. Kok kayaknya asik ya main saham di ARO ini. Bisa mulai dari 100 ribu rupiah lagi.
    Thanks informasinya ya, Mbak.

  4. Kalo mau main saham..
    Mending pahami dulu tentang plus minusnya..beneran menguntungkan apa nggak..kita Pham banget apa nggak..jadi bukan cuma ikut2tan..

    Kalo ada masalah malah ga ngerti.. serem ah…

    Kalo aku blm berani hehehehe

  5. Jadi tertarik inves saham. Selama ini saya pikir saham tu identik dengan modal besar. Ternyata bisa ya dengan modal kecil hehe. Mbk Anisa udah mulai blm? Ntr sharing2 ya pengalamannya 😀

  6. Tipsnya berguna bgt buat aku yg awam ttd saham, apalagi ada aplikasi RHB Tradesmart yg bantu kasih info realtime, jadi pengen tau lebih banyak ttg saham & nabung saham 🙂

  7. Selama ini, mau ikutan investasi saham tapi selalu maju mundur. Tapi kalo bisa cobain dengan dana awal cuma 100ribu, seharusnya segera dicoba ya mbak.. Ulasannya lengkap banget pula, bisa nambah ilmu nih… ^^

  8. aku pernah dengar tentang ARO dari suami yang ceritanya di ajak investasi saham, tapi nggak ngeh apaan itu, ohh jadi tahu nih mba, saham nggak kesannya kan gimana yah, ternyata modal 100 ribu pun bisa berbisnis saham

  9. Wow, 100 ribu? Beneran ya mbak? Soalnya saya takut kalau bicara masalah saham. Ada teman yang pernah kena tipu, hehe. Thnx infonya bermanfaat sekali mbak, memang haru baca-baca dulu dan cari info terpercaya ya kalau mau belajar saham.

  10. aku jg sedang belajar sedikit sedikit tentang saham, suamiku yg menjalankan sih, jd menurut dia, harus paham juga, saham yg syariah atau yang tidak. Jd tidak asal sahamnya bagus tp ternyata menurut syariah sebaiknya jangan dibeli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *