5 Hambatan yang Pernah Dirasakan Para Pebisnis

Membuka dan memiliki usaha bisnis sendiri merupakan impian hampir setiap orang. Hal ini dikarenakan kebanyakan dari Anda menganggap bahwa dengan membuka dan memiliki bisnis sendiri dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar untuk Anda sendiri. Selain itu, Anda juga berpikir bahwa dengan membuka dan memiliki usaha bisnis sendiri, tentu saja Anda akan lebih dimudahkan dalam pekerjaannya.

Hal ini dikarenakan, Anda yang mengelola bisnis tersebut sehingga Anda hanya perlu mengontrolnya tanpa harus menguras tenaga dan menyita waktu lebih banyak jika dibandingkan ketika Anda bekerja dengan orang lain. Oleh sebab itulah mengapa membuka dan memiliki usaha bisnis sendiri menjadi incaran dan alternatif dari Anda untuk menambah sebuah penghasilan.

Melihat keuntungan dan kelebihan dari membuka dan memiliki usaha bisnis sendiri tentu saja sangat membuat Anda tertarik. Tetapi Anda tetap harus mengingat bahwa, untuk mencapai suatu kesuksesan tidaklah instan apalagi di dunia bisnis. Anda perlu tahu bahwa di dunia bisnis persaingan sangatlah ketat, sehingga tidaklah jarang banyak dari Anda para pebisnis yang menemukan berbagai macam hambatan dan juga permasalahan. Hal ini bisa terjadi pada siapapun, baik bagi Anda para pebisnis pemula maupun Anda para pebisnis senior sekalipun. Namun hal ini bukanlah untuk membuat Anda takut atau pesimis untuk berkarir di dunia bisnis, melainkan untuk mengingatkan Anda agar berhati-hati dan juga tetap harus berusaha keras.

5 Masalah Dalam Bisnis

Nah, berikut ini ada beberapa hambatan yang mungkin bisa Anda perhatikan dan Anda pelajari guna membantu Anda dalam menjalankan usaha bisnis Anda. Beberapa hambatan ini diambil dari pengalaman yang pernah dirasakan oleh para pebisnis di dunia. Berikut ini terdapat hambatan-hambatan yang pernah terjadi dalam dunia bisnis:

  1. Kesulitan dalam Menjalankan Bisnis

Ini merupakan sebuah hambatan yang cukup fatal bila terjadi dalam suatu usaha bisnis. Mengapa demikian? Karena banyak dari Anda pasti sering mendengar bahwa “butuh kemampuan khusus untuk menjalankan bisnis” atau “pilihlah bisnis sesuai dengan passion Anda”. Hal tersebut memang cukup memberikan gambar bahwa dalam menjalankan suatu bisnis, Anda harus tahu apa saja yang sedang Anda kelola dan kontrol. Mungkin ada beberapa pebisnis yang menjalankan bisnisnya tetapi tidak sesuai dengan passionnya, namun dituntut untuk mempelajari semua hal tersebut. Sehingga inilah salah satu hambatan yang kerap kali ditemukan dalam berbisnis. Mengapa sangat fatal? Karena ini akan sangat bebrpengaruh pada sistem penjualan dan pemasaran bisnis. Sehingga Anda perlu lebih memperhatikan kembali dalam menjalankan bisnis Anda.

  1. Kesulitan dalam Mendapatkan Modal

Jika berbicara bisnis, tentu saja tidak lupa dengan sebuah modal karena untuk bisa membuka dan menjalankan suatu bisnis Anda memerlukan sebuah modal. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dalam berbisnis tentu saja Anda akan mengejar sebuah profit. Sehingga dengan adanya modal ini dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan tersebut. Namun kadang kala Anda mendapat hambatan dalam mendapatkan modal untuk berbisnis, karena beberapa alasan. Misalnya seperti dana pribadi yang tidak cukup, atau bisa juga karena Anda mengalami kegagalan pembayaran akibat bisnis Anda sebelumnya sehingga sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau biro terkait.

Untuk hambatan ini Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada beberapa penawaran terait kredit uang yang bisa membantu Anda dan mengatasi hambatan dalam mendapatkan modal. Hal ini dikarenakan sudah banyak biro kredit yang menyediakan dana berbasis online untuk bisa memberikan Anda pinjaman, karena saat ini banyak tempat pinjam uang tanpa jaminan. Sehingga dengan adanya beberapa hambatan dan keterbatsan yang ada, dengan adanya sistem kredit online tanpa jaminan ini diharapkan dapat lebih meringankan dan memudahkan Anda dalam membuka dan menjalankan bisnis Anda.

  1. Sumber Daya Manusia

Mungkin beberapa dari Anda menganggap bahwa hal ini bukanlah sebuah hambatan. Namun jika Anda melihat lagi lebih dalam, kebutuhan akan sumber daya manusia sangatlah berpengaruh terhadap berjalannya suatu bisnis. Hal ini dikarenakan, tidak mungkin Anda mengerjakan segalanya secara sendirian karena itu hanya akan membuat lebih berantakan. Sehingga kebanyakan hambatan yang dirasakan oleh para pebisnis ini adalah kurangnya sumber daya manusia yang memadai. Maksudnya memadai disini ialah masih sedikitnya sumber daya manusia yang cocok/sesuai jika ditempatkan dalam bisnis tersebut. Sehingga Anda sebagai pemilik sekaligus pengontrol, merasa bingung untuk memilih orang yang bisa menjalankan serta menggerakan bisnis Anda sesuai dengan tujuan dan harapan Anda.

  1. Promosi, Pemasaran, dan Persaingan

Untuk mencapai tujuan bisnis yang sukses, bisnis yang Anda jalankan harus bisa dikenal dalam dunia bisnis. Nah, sering kali para pebisnis mengalami hambatan dalam hal promosi, sehingga masyarakat masih tidak mengetahui kehadiran bisnis Anda tersebut. Kegagalan dalam hal promosi tentu saja akan mempengaruhi pemasaran bisnis Anda, karena tidak adanya tempat untuk memasarkan bisnis Anda dapat mempengaruhi nilai keuntungan dan kerugian dalam bisnis Anda. Kedua hal tersebut tentu saja tidak terlepas dari adanya sebuah persaingan yang terjadi dalam dunia bisnis. Sehingga tidak heran jika para pebisnis kerap kali menemui hambatan yang satu ini.

Pada dasarnya kunci utama untuk mengatasi hambatan promosi, pemasaran, dan persaingan ini adalah Anda memerlukan sebuah strategi yang baru dan bisa menyesuaikan kebutuhan dan keadaan. Sehingga dengan adanya kreatifitas serta terobosan tersebut, memungkinkan usaha bisnis Anda mampu dikenal oleh masarakat dan bisa berkembang dalam pemasaran, serta tidak kalah saing dengan bisnis-bisnis lainnya yang ada.

  1. Tidak Fokus

Tidak fokus disini maksudnya adalah dimana Anda sedang menjalankan satu jenis bisnis, namun ketika melihat trend yang ada membuat Anda untuk berpaling atau ingin membuka dan menjalankan jenis bisnis lainnya. Oleh karena itulah ketidak fokusan tersebut bisa menjadi sebuah hambatan dalam berbisnis, karena itu sama saja seperti Anda sedang bermain-main dalam dunia bisnis karena mengerjakannya secara setengah-setengah. Mungkin hal ini bisa terjadi karena Anda merasa berat akan apa yang telah Anda jalankan, dan disaat yang bersamaan Anda melihat bahwa bisnis teman Anda terlihat mudah dan lebih menguntungkan, sehingga membuat Anda untuk berpaling.

Padahal pada dasarnya, semua bisnis sama saja prosesnya. Anda belum mengetahui tingkat kesulitan/kemudahannya jika Anda belum menjalaninya. Sehingga Anda perlu mengetahui bahwa sebuah bisnis yang mudah merupakan sebuah bisnis yang belum Anda jalankan, sehingga Anda hanya baru melihatnya dalam satu sisi saja. Usahakan Anda untuk tetap fokus akan apa yang sudah Anda miliki dan jalani, karena dengan adanya fokus tersebut akan membuat Anda menjadi lebih baik dan memiliki ciri khas tersendiri dalam bisnis tersebut.

Jadi itulah kelima hambatan yang pernah dirasakan oleh para pebisnis dalam menjalankan usaha bisnisnya. Gambaran dan penjelasan singkat diatas tidak bermaksud untuk menakuti atau mengurangi semangat Anda dalam membuka dan menjalankan bisnis, melainkan untuk memberitahukan informasi agar Anda bisa lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnis Anda.

Semoga dengan adanya itu, diharapkan Anda bisa menghindari hambatan yang ada dan bisnis Anda mencapai tujuan kesuksesannya.

You may also like

2 Comments

  1. Tidak fokus dan salah menggunakan modal memang cukup kuat menjadi alasan hambatan dlm berbisnis mbak, aku pernah ngerasain, ehe. Tapi kalo segera memperbaikinya dijamin akan membuahkan hasil yg luar biasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *