Grand Opening Rumah Sakit Bekasi Timur Awal Bross dan Talkshow Jantung

Ada yang pernah mendarat di Bekasi? Ya, di planet Bekasi. Hehehehe. Atau ada yang tinggal disana? Kali ini saya ingin cerita pendaratan saya di planet Bekasi untuk hadir di undangan acara Grand Opening dan Talk Show Kesehatan di salah satu Rumah Sakit Bekasi Timur. Rumah sakit ini adalah Rumah Sakitย Awal Bross Bekasi Timur yang sebelumnya sudah berdiri di beberapa kota dan termasuk kota Bekasi.

Kali ini, RS Awal Bross didirikan kembali di Bekasi dan berada di wilayah Bekasi Timur yang letaknya bersebelahan juga masih satu area dengan Bekasi Trade Center Mall (BTC). RS ini merupakan jaringan dari rumah sakit swasta yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat dengan kualitas yang baik.

Hingga saat ini, Rumah Sakit Bekasi Timur Awal Bross sudah ada 11 yaitu di kota : Batam, Bekasi Barat, Bekasi Timur, Pekanbaru, Tangerang, Jakarta, Makasar, Ujung Batu, Panam, dan Palangka Raya. Selain ini juga ada Klinik Awal Bross yang ada Cikarang, Karawang, yang merupakan klinik bersalin, klinik spesialis kulit dan laboratorium westerindo.

di Acara Peresmian RS Awal Bross Bekasi Timur, bersama tamu undangan, media, dan blogger.

Tanggal 1 November yang lalu, saya berkesempatan untuk hadir di acara Grand Opening Rumah Sakit Awal Bross sekaligus Talk Show mengenai kesehatan jantung. Acara ini diadakan langsung di hall Rumah Sakit Awal Bross Bekasi Timur dan terdapat beberapa acara penting lainnya. Dihadiri juga oleh Walikota Bekasi sekaligus meresmikan langsung acara ini.

Tentang Rumah Sakit Awal Bross Bekasi Timur

RS Awal Bross di Bekasi Timur memang baru didirikan tahun 2017 ini. Namun kiprahnya sudah ada sejak dulu dan terakreditasi JCI (Joint Commision International) sejak tahun 2014. Hal ini karena RS Awal Bross menjalankan Continues Quality Improvement dengan proses akreditasi yang cukup panjang.

CEO RS Awal Bross, yaitu dr. Ferdy Tiwow menyampaikan bahwa RS ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan yang semakin dinamis dan kebutuhan layanan yang semakin tinggi. Apalagi di Indonesia sendiri, dari data kementrian kesehatan menyampaikan bahwa ketersediaan rumah sakit masih belum merata. RS Awal Bross melayani masyarakat di wilayah Bekasi Timur untuk menopang kehidupan di kawasan tersebut sehingga masyarakat yang tidak tinggal di kota pun mendapatkan pelayanan kesehatan yang tidak kalah dengan pelayanan rumah sakit di Jakarta.

Suasana Peresmian RS Awal Bross, di pintu masuk Rumah Sakit

Ada hal yang menarik bagi warga Bekasi. Bapak Rahmat Efendi selaku walikota menyampaikan bahwa Bekasi memiliki program Kartu Bekasi Sehat yang bisa digunakan juga untuk rumah sakit swasta, salah satunya adalah RS Awal Bross. Untuk itu Rumah Sakit Bekasi Timur Awal Bross menerima penggunaan Kartu Bekasi Sehat.

Hal ini sebagai bentuk kerja sama RS Awal Bross dengan Pemerintah Bekasi. Walikota Bekasi juga berharap agar kartu sehat dengan RS Awal Bross ini bisa memberikan layanan dan fasilitas prima untuk masyarakat Bekasi.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan 2016 secara nasional saat ini ada beberapa fakta di Indonesia yang perlu diketahui mengenai layanan kesehatan di rumah sakit ย :

  • Indonesia memiliki jumlah penduduk sebesar 258 juta jiwa
  • Ketersediaan Tempat Tidur di Rumah Sakit adalah 319 ribu
  • Rasionya adalah 1,23
  • Di Jawa Barat rasio jumlah tempat tidur di rumah sakit hanya 0,84 per 1.000 orang, sedangkan di Jakarta sudah 2,43
  • 598 rumah sakit di Indonesia, sebanyak 777 rumah sakit telah terakreditasi secara nasional, diantaranya :
    • 327 rumah sakit Pemerintah
    • 450 rumah sakit swasta
    • sebanyak 24 rumah sakit di Indonesia telah terakreditasi secara internasional

Fakta ini menjadi dorongan bagi RS Awal Bross agar dapat memberikan layanan kesehatan sebaik-baiknya pada masyarakat agar kesehatan mereka semakin meningkat. Tentunya dengan layanan kesehatan yang baik, juga akan membuat masyarakat semakin sehat dan dapat menikmati fasilitas yang memudahkan bagi mereka.

Talkshow Tentang Kesehatan Jantung : Pergeseran Lifestyle dan Resiko Penyakit Jantung di Rumah Sakit Awal Bross

Di acara grand opening ini, RS Awal Bross juga memberikan talk show mengenai kesehatan jantung. Hal ini diadakan mengingat bahwa penyakit jantung adalah penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian paling tinggi di Indonesia. Sedangkan setiap tahunnya meningkat sebanyak 20%. Untuk itu, kesehatan jantung menjadi satu yang turut menjadi fokus dari pelayanan RS Awal Bross.

Talkshow bersama tentang Jantung Sehat,ย dr. Manoefris Kasim Sp,Jp (K), Sp,KN dan artist yang sekaligus duta Kesehatan Jantung dari Yayasan Jantung Sehat Indonesia yaitu Marcellino Lefrant.

Dalam talk show ini, manajemen RS Awal Bross juga menghadirkan dr. Manoefris Kasim Sp,Jp (K), Sp,KN dan artist yang sekaligus duta Kesehatan Jantung dari Yayasan Jantung Sehat Indonesia yaitu Marcellino Lefrant.

Dalam talk show ini dr. Manoefris juga menyampaikan tentang kesehatan jantung yang saya catat dengan beberapa poin penting, sebagai berikut:

  • Penyakit jantung adalah penyakit yang tidak terduga, tanpa sadar terkadang bisa menghampiri dan penyebab utamanya adalah karena gaya hidup atau lifestyle yang kurang sehat selama sehari-hari
  • 68% orang yang terkena penyakit jantung disebabkan oleh kebiasaan merokok atau karena habbit hidup yang buruk
  • Terkadang, ada beberapa penyebab lain yang membuat datangnya penyakit jantung seperti stress yang berat dan juga gen. Jika penyebabnya adalah gen, tentu tidak bisa dihilangkan namun tentu bisa dicegah dengan membentuk habbit kesehatan yang baik sehari hari

Walau kadang penyakit jantung datang tidak disadari, namun ada beberapa gejala yang bisa dirasakan sebelum nantinya penyakit bertambah parah. Hal ini misalnya saja :

  • Nyeri dada stabil, seperti tertindih atau hanya timbul pada saat bekerja. Namun akan hilang jika beristirahat dan diberi obat. Kadang juga timbul karena adanya emosi yang tinggi
  • Nyeri dada tidak sabil, yaitu nyeri dada seperti tertindih, berat yang timbul pada saat istirahat. Rasa nyeri tidak berkurang walaupun sudah beristirahat.
  • Nyeri Iskemik, yaitu nyeri dada yang menjalar ke dada kiri, leher, rahang, dsb.

Untuk itu, ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan sebelum penyakit jantung ini datang menghampiri. Yang jelas, tentu tidak ada orang yang mau terkena penyakit ini dan ingin selalu sehat kapanpun berada. Cara pencegahan itu bisa dilakukan dengan cara :

  • Berhenti merokok
  • Kurangi makanan yang asin dan berlemak
  • Perbanyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan
  • Kurangi konsusi karbohidrat berlebih
  • Atur dan kontrol berat badan
  • Hindari stress
  • Olahraga teratur
  • Penderita darah tinggi, kencing manis, dan kolestrol harus minum obat secara teratur

Artis Marcelino, dulunya adalah seorang atlet bela diri. Walaupun ia rajin beroalahraga ternyata penyakit jantung pernah menghampirinya. Hal ini dikarenakan ada gen tersebut pada dirinya. Untuk itu, sampai saat ini ia rajin berolahraga dan benar-benar menjaga gaya hidup, apalagi dari dulu juga ia tidak merokok. Yang tidak merokok saja bisa terkena, apalagi yang merokok.

Sharing kesehatan jantung dari Marcellino

Pesan Marcellino dan juga dr. Manoefris adalah hendaknya kita rajin-rajin untuk check kesehatan atau medical check up, agar benar-benar tau kondisi tubuh yang sebenarnya. Jangan sampai kita terjebak dengan penyakit ini apalagi penyakit yang memperpendek usia kita.

Medical Check up sangat penting dan untuk itulah, fasilitas ini ada di RS Awal Bross agar lebih mudah masyarakat mengaksesnya.

Hospital Tour di Rumah Sakit Awal Bross Bekasi Timur

Di acara ini selain dari meresmikan RS Awal Bross yang baru berdiri dan talkshow soal kesehatan jantung, kami para blogger juga diajak untuk berkeliling rumah sakit untuk melihat-lihat ruangan dan fasilitas yang ada. Kesempatan ini menjadikan saya lebih tau tentang RS Awal Bross dan mengetahui bahwa RS Awal Bross hendak memberikan layanan terbaik untuk masyarakat Bekasi Timur. Berikut adalah hasil foto-foto saya saat hospital tour.

Suasana ruangan di Rumah Sakit Awal Bross. Sangat nyaman, rapih, teratur, dan terkesan tidak berada di rumah sakit yang menyeramkan atau menyedihkan.
Ruang Klinik untuk Konsultasi dokter umum. Suasananya sangat nyaman dan warna ornamen furniutrenya sangat cerah. Tidak membuat pasien yang sakit jadi tambah stress.
Ruang Praktik Obgyn, yang terdapat USG 4 Dimensi. Suasananya juga nyaman dan ibu hamil bisa langsung melihat kondisi janinnya di layar.
Beberapa klinik yang ada di RS Awal Bross Bekasi Timur. Fisioterapi, Endoskopi, Hemodialisa, Medical Check Up, Heart Center.
Ruang Rawat Bayi bagi bayi yang baru dilahirkan. Suasana ruangan sangat cerah, warna-warnanya juga sangat menarik bagi anak kecill. Masih baru ada beberapa kasur bayi di dalamnya.
Ruang UGD atau Gawat Darurat. Biasanya ruang UGD di beberapa rumah sakit terkesan seadanya, namun UGD disini lebih nyaman, rapih, dan layak. Walaupun kondisi darurat tetap ada pelayanan yang prima.
Ruang Rawat Inap untuk Kelas Super VIP. Sangat nyaman, terdapat TV untuk Pasien, terdapat AC, kamar mandi dalam, shofa, dan beberapa kebutuhan penting lainnya untuk pasien atau keluarga
Ruang Inap Kelas Satu. Terdapat 1 televisi, satu ruangan terdapat dua tempat tidur namun masih nyaman dan terdapat batas dengan gorden tinggi.
Ruang praktik dokter anak. Suasananya sangat colorfull, terdapat walpaper yang cerah, pencahayaan yang bagus, dan mainan anak sebagai hiasan di meja dokter.
Saya di ruang anak.
Ruang Medical Check Up yang sangat lengkap fasilitasnya.

Itulah hasil kunjungan saya di RS Awal Bross. Bagi warga Bekasi, untuk pelayanan kesehatan tentunya bisa mencoba dan mempercayakan ke sini ya, apalagi ada kartu sehat warga Bekasi yang sudah dialokasikan oleh Bapak Walikota. Jangan lupa, untuk tetap juga menjaga kesehatan, terutama organ inti kita yaitu Jantung agar selalu sehat dan fit setiap hari.

Info tentang RS Awal Bross Bekasi Timur, Alamatย  : JL. H M Joyomartono RT 03/RW 21, Bekasi Timur, 17311. Telepon : 021 86279999 Website : awalbros.com

 

You may also like

21 Comments

  1. RS. Awal Bros Bekasi Timur ini memang mempiliki standar internasional dengan pelayana dan fasilitas prima bagi seluruh masyarakat terutama warga Bekasi ya ๐Ÿ™‚ Sekarang warba Bekasi Timur dan sekitarnya ga perlu jauh2 ke ibukota jika membutuhkan pertolongan medis secara darurat maupun konsultasi kesehatan biasa. Mantap!

  2. Melihat lebih dekat rumah sakitnya terlihat luas, wahh dan lengkap ya Mba. Yang lebih penting lagi RS Awal Bros juga bisa menggunakan Kartu Sehat, semoga masyarakat Bekasi Timur bisa mendapatkan pengobatan yg layak.

    Aamin

  3. Wah fasilitasnya hampir sama dengan yang di Pekanbaru mbak, Di Pekanbaru malah sekarang sudah ada 2 RS Awal Bros karena emang terkenal lengkap serta pelayanannya juga bagus. Ditambah lagi menerima BPJS.

  4. ke bekasi cuma pernah sekali. itupun kerjaan dinas ๐Ÿ˜†

    sepertinya RSnya ketje ya mbak. Tahun lalu aku kerja di dinkes dan paham bener akreditasi untuk RS ini. Tetep yang dipandang pertama adalah fisiknya dulu. Kalau fisik udah ok, pelayanan dibentuk.

  5. Saya orang Bekasi juga nih mba.
    Wah akhirnya udah dibuka juga ya RS Awal Bross yang disitu, tahun lalu lewat masih pembangunan.
    Semoga benar-benar melayani semua yang sakit ya tanpa pilah-pilih apalagi nolak pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *