6 Fashion Item Untuk Gaya Hijab Santai

Sebagai wanita yang menggunakan hijab, pastinya punya style fashion apapun bukan jadi masalah. Selagi masih menutup aurat dan sesuai kaidah-kaidah aturan agama Islam. Sesekali, kadang saya ingin tampil dengan gaya hijab santai sehari-hari. Misalnya utuk style hijab pergi ke mall, style hijab casual simple, atau style hijab untuk ke kampus. Dengan style tertentu, terkadang penggunaan hijab menjadi lebih ribet, berat untuk digunakan, dan kurang nyaman untuk beraktivitas.

Baca juga : 5 Hijabers Ini Bisa Jadi Reference Kamu Untuk Gaya Hijab Syari yang Menutup Dada

Kita sebagai wanita berhijab tidak ingin dong, hanya gara-gara style yang kurang nyaman jadi membuat kita juga tidak nyaman dengan diri kita sendiri. Apalagi bagi wanita berhijab, dari mulai kepala hingga ke kaki semuanya tertutup rapat dan dilapisi oleh pakaian. Pastinya, butuh style yang nyaman dan benar-benar tidak menghambat kita untuk beraktivitas.

Untuk itu, untuk menjalankan aktivitas keseharian kita bisa juga sesekali tampil lebih santai dan simple. Apalagi jika untuk jalan-jalan, ke kampus, hangout bersama teman, ke toko buku, dsb. Nah, untuk itu ada beberapa hal yang mungkin bisa jadi cara untuk kita tampil santai dan simple, dan yang pasti bikin kita nyaman dengan tetap menggunakan hijab.

  1. Celana Kulot atau Kulot Plisket

Celana kulot atau celana yang mirip rok ini menurut saya adalah celana yang paling nyaman karena bentuknya yang lebar dan leluasa untuk bisa bergerak. Bagi yang mungkin kurang suka memakai celana dan lebih nyaman dengan menggunakan rok, celana ini bisa jadi pilihan alternatif loh.

Bentuknya yang longgar membuat tidak gerah atau panas. Jadi akan banyak udara yang masuk keringat pun juga mudah terserap. Dibandingkan dengan celana ketat atau bentuk pensil, biasanya akan sedikit gerah dan kurang nyaman juga untuk bergerak.

Untuk menambah kenyamanan kita juga bisa memilih celana kulot yang bahannya adem dan jatuh. Misalnya saja yang berbahan katun, crepe, silk, dsb. Usahakan jangan menggunakan bahan yang berat atau terlalu kaku untuk celana kulot, karena nanti jatuhnya kurang leluasa bergerak dan potongannya menjadi tidak anggun karena bahan yang kurang jatuh.

Saat ini banyak juga celana kulot yang memiliki bentuk plisket atau garis-garis yang berkerut di kain. Ini juga akan membuat lebih menarik apalagi jika atasan yang digunakan polos, sehingga penampilan tidak terlalu plain dan membosankan.

  1. Sepatu yang Nyaman 

Namanya juga ingin tampil santai dan nyaman. Sepatu juga sangat mempengaruhi kenyamanan kita saat beraktifitas. Untuk aktivitas ke kampus, jalan-jalan atau hangout menggunakan flatshoes bisa juga jadi pilihan loh.

Flatshoes cenderung ringan dan tidak memiliki hak. Jika ingin berjalan cepat atau santai, sepatu ini bisa ringan digunakan. Berbeda dengan menggunakan wedges, heels, boot, dsb. Sepatu flatshoes membuat aktivitas kita lebih santai dan tidak memberatkan pastinya. Tapi perlu diperthatikan juga, agar memilih flatshoes yang lentur dan tidak terlalu kaku pada bagian alas-nya. Flatshoes yang lentur dan empuk tentu lebih nyaman dan enak saat digunakan berjalan-jalan.

Jika masih ingin menggunakan heels, gunakan saja sepatu dengan model heels yang tidak terlalu tinggi dan berbentuk block. Misalnya saja seperti sepatu pantofel. Sekarang banyak kok model sepatu pantofel wanita yang tidak hanya untuk kerja tapi juga buat santai atau jalan-jalan sehingga tetap nyaman dipakai.

  1. Gunakan blouse yang longgar

Jika ingin menggunakan blouse, kenakan blouse yang longgar, bahan yang jatuh, menyerap keringat, dan kainnya tidak terlalu berat. Hal ini akan menambah kenyaman kita, karena baju yang longgar dan ringan akan membuat dingin di badan alias tidak membuat gerah. Menggunakan blouse tidak selalu terkesan formal kok, apalagi jika dipadu padankan dengan bawahan seperti kulot plisket atau varian kulot lainnya.

Baca juga : Karya 8 Designer di Wardah Youniverse Show 2017

  1. Kaos Longgar Padankan dengan Outer : Cardigan, Vest, Long Outer

Jika tidak terlalu suka dengan blouse, bisa juga kita menggunakan kaos yang longgar yang kita miliki. Jika ingin lebih menarik, kaos ini bisa dipadu padankan dengan outer seperti vest, long outer, cardigan, dsb. Yang jelas pilih juga outer dengan bahan yang tidak terlalu kaku, karena ini bukan untuk acara formal atau resmi. Bahan-bahan seperti spandex, kaos, katun bisa juga untuk jadi pilihan outer.

  1. Hijab : Scarf Simple atau Pashmina Instant

Hijab pastinya adalah bagian yang paling penting karena sebagai wanita berhijab. Kenakan scarf simple boleh bermotif atau polos dengan bahan yang ringan, tidak terlalu berat, dan mudah dikenakan. Jika ingin lebih simple lagi bisa juga menggunakan pashmina instant sebagai pengganti bergo.

Oya, kalau ingin nyaman kenakan saja model hijab yang simple dan tidak terlalu banyak menggunakan peniti atau jarum agar aktivitas lebih leluasa dan nyaman lagi.

  1. Inner yang Nyaman dan Tidak Bikin Panas

Inner yang biasa digunakan wanita berhijab adalah inner untuk kepala dan inner untuk kaos atau untuk menutupi lengan yang masih terbuka. Usahakan menggunakan inner yang berbahan dasar kaos, menyerap keringat dan pastinya jenis kaos yang ringan. Bahan spandex yang terlalu berat biasanya lebih panas jika nantinya kita berkeringat atau beraktivitas lama.

Selain itu, jangan sepelekan juga penggunaan inner ya. Inner kepala pastinya membantu agar hijab tetap stay dan rambut tidak keluar-keluar. Sedangkan inner kaos yang digunakan di badan, membantu agar pergelangan tangan atau bagian lengan tidak terlihat atau menutupi bagian tubuh jika ada pakaian yang tembus pandang. Berabe kan, jika aktivitas kita malah membuat bagian private terlihat.

Nah, karena ini untuk tampil nyaman dan simple, 6 hal ini tidak sulit bukan? Namanya juga tampil simple pasti caranya juga sangat mudah. Kalau kalian, ada saran atau masukan juga gak bagaimana supaya wanita berhijab bisa tampil simple dan santai namun tetap modis? Atau boleh juga share tentang model baju muslim terbaru yang kamu miliki supaya bisa terus update dengan fashion muslimah masa kini.

Boleh share di kolom comment ya untuk tips tampil santai lainnya.

You may also like

7 Comments

  1. gaya hijabku masih standar dan belum begitu pede pakai blouse yang ditumpuk. Padahal klo pergi ke luar rumah, aku pakai daster selutut, kutambahin celana dan cardigan, trus pakai bergo, kelihatan cakep dan nyaman. Tp pas mau ke acara formal, pakai gaya tumpuk belum PD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *