TIPS HEMAT LIBURAN ALA BACKPACKER

Backpacker adalah sebutan bagi orang yang bepergian dengan membawa satu backpack saja dan memiliki konsep perjalanan yang hemat. Liburan dengan cara ini cukup menantang dan memiliki keseruan tersendiri dibandingkan dengan liburan dengan paket wisata karena waktunya yang lebih leluasa dan tidak terpatok jadwal. Kita bisa buat liburan ala kita sendiri dan melakukan apa yang kita suka. Tidak harus mengunjungi tempat yang biasa, kita dapat menemukan tempat-tempat baru yang menarik dan unik. Bagi Anda yang ingin melakukan liburan dengan cara backpacker, ada beberapa tips yang akan membuat perjalanan Anda tidak hanya hemat tetapi juga menyenangkan. Adapun tips tersebut adalah sebagai berikut.

1.   Bawa Barang Dalam Satu Backpack

Liburan ala backpacker merujuk pada liburan hemat dengan membawa barang-barang yang perlu saja dalam satu backpack atau tas punggung. Oleh karenanya, jika Anda ingin melakukan liburan dengan konsep ini, pastikan Anda hanya membawa barang yang muat dalam satu backpack saja. Hal ini membuat Anda lebih mudah dan nyaman dalam bergerak. Membawa backpack juga dapat menghemat biaya terutama jika kita menggunakan pesawat terbang. Kita tidak perlu menambah biaya bagasi karena beberapa maskapai penerbangan membolehkan backpack masuk kabin pesawat. Namun tentunya degan ukuran tertentu. Biasanya maksimal backpack ukuran 7 kg.

Nah, agar semua barang keperluan Anda dapat masuk dalam satu backpack, Anda harus menentukan prioritas barang yang akan Anda bawa. Adapun barang yang penting untuk Anda bawa diantaranya adalah perlengkapan mandi seperti sabun dan sikat gigi, handuk, obat pribadi, payung, jaket, dan sebagainya. Jangan membawa terlalu banyak pakaian. Anda dapat membawa pakaian yang mudah digunakan dan tidak makan tempat seperti kaus oblong, celana pendek, dan sebagainya. Anda dapat menyesuaikan pakaian yang Anda gunakan dengan tempat yang akan Anda kunjungi. Misalnya, jika Anda mengunjungi pantai beriklim tropis, maka Anda tidak perlu membawa jaket tebal. Jangan lupa bawa perlengkapan gadget seperti charger, power bank, dan perlengkapan lainnya.

2.   Manfaatkan Jejaring Untuk Cari Penginapan Murah Atau Gratis

Nah, tujuan dari melakukan liburan ala backpacker adalah untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan namun tetap hemat. Oleh karenanya, kita harus memanfaatkan jejaring untuk mendapatkan tempat yang asyik untuk menginap dengan biaya yang minimal atau bahkan gratis. Jejaring yang dimaksud dapat berupa komunitas, teman yang tinggal di daerah setempat, dan sebagainya. Anda juga dapat menanyakan pada orang yang sudah pernah mengunjungi tempat wisata yang akan kita kunjungi dan menanyakan bagaimana pengalamannya. Anda dapat meminta saran untuk menemukan tempat menginap yang memiliki harga terjangkau dengan fasilitas yang memadai. Anda juga dapat mengunjungi rumah teman dan menginap gratis di sana. Hal ini tentunya membuat liburan Anda semakin hemat. Kita tahu bahwa harga penginapan tidaklah murah. Jika kita mendapatkannya secara gratis tentunya akan sangat menghemat anggaran.

3.   Dapatkan Tempat Yang Menarik Untuk Dikunjungi Dengan Harga Tiket Murah Atau Gratis

Tempat wisata tidak hanya tempat itu-itu saja. Kita dapat menemukan tempat wisata anti mainstream di suatu daerah dengan liburan ala backpacker. Sebenarnya, ada banyak tempat tersembunyi yang layak dikunjungi wisatawan yang belum banyak diketahui. Beberapa hanya diketahui oleh warga sekitar saja. Nah, tempat-tempat ini biasanya memiliki pemandangan yang luar biasa karena belum tersentuh pembangunan. Biaya masuknya pun masih murah dan kadang gratis atau tanpa biaya. Untuk menemukan tempat tersembunyi tersebut, memiliki teman penduduk lokal akan sangat membantu. Anda juga dapat menemukannya dari komunitas backpacker yang Anda ikuti. Liburan Anda dijamin akan lain dari liburan pada umumnya dan membuat banyak orang tertarik melakukan liburan seperti yang kita jalani.

4.   Coba Makanan Tradisional Di Tempat Yang Anti Mainstream

Satu hal yang harus dilakukan dalam berwisata adalah mencicipi makanan tradisional nya. Makanan khas suatu daerah akan berbeda dengan makanan khas daerah lainnya. Jika kita liburan di suatu daerah, kita sering diarahkan untuk mencoba makanan khas yang dijual di restoran tertentu atau di tempat makan terkenal tertentu yang memang dikhususkan untuk wisatawan. Sebaiknya, Anda hindari makan di tempat tersebut karena harganya tentunya akan lebih mahal. Bagi Anda yang ingin mencicipi masakan khas, lebih baik cari tempat yang direkomendasikan oleh penduduk setempat. Harganya biasanya lebih murah dengan rasa yang sama nikmatnya, atau bahkan lebih enak. Banyak tempat makan khas yang hanya diketahui oleh penduduk lokal memiliki citarasa yang menggugah selera dan harga yang terjangkau.

5.   Coba Hal Baru, Jangan Terpaku Pada Rencana

Liburan ala backpacker tidak akan seru jika kita mengikuti rencana. Liburan sesuai suasana hati juga seru dan patut Anda coba asalkan tetap sesuai dengan anggaran. Mampirlah ke tempat-tempat yang menurut Anda menarik. Coba hal-hal baru yang tidak biasa. Kunjungi tempat-tempat yang ramai dan banyak dikunjungi warga sekitar. Lakukan hal menarik sesuai dengan kata hati. Hal tersebut dapat menjadikan liburan Anda lebih berkesan. Bagaimana menangani masalah yang muncul saat perjalanan juga dapat menjadi hal yang membuat liburan makin seru.

6.   Cari Teman Penduduk Lokal

Untuk menambah liburan ala backpacker Anda semakin seru, Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang ada di dekat tempat tinggal teman. Hal ini akan memudahkan kita dalam menggali informasi mengenai berbagai hal seperti tempat wisata mana saja yang menarik untuk dikunjungi dan masih belum banyak dikunjungi wisatawan, tempat wisata kuliner mana saja yang wajib dicoba, tempat penginapan yang murah dengan fasilitas memadai, dan banyak hal lainnya. Penduduk lokal biasanya akan mengetahui banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Biaya juga akan semakin hemat karena kita dapat menanyakan bagaimana rute paling cepat dan paling murah untuk menjangkau tempat tersebut.

7.   Gabung Dalam Komunitas

Satu lagi yang dapat memudahkan Anda dalam liburan hemat ala backpacker adalah bergabung dengan komunitas. Di dalam komunitas, Anda akan menemukan banyak hal menarik termasuk tips dan trik dalam bepergian ala backpacker. Anda juga dapat menemukan tempat menarik di berbagai wilayah yang dapat Anda jadikan destinasi selanjutnya.

Nah, itu tadi ulasan mengenai tips melakukan liburan ala backpacker yang tidak hanya hemat tetapi juga menyenangkan dan layak dicoba. Dalam melakukan perjalanan ala backpacker, kita dapat banyak menghemat biaya dibandingkan pergi dengan cara liburan pada umumnya. Walaupun Anda masih membutuhkan banyak uang dan masih mencari form peminjaman uang atau pinjaman 1 jam cair untuk membeli berbagai keperluan dan modal usaha yang sedang Anda rintis, Anda masih dapat berlibur dengan menyenangkan dengan melakukan liburan ala backpacker. Anda tidak perlu stress dengan anggaran yang membengkak karena Anda dapat liburan dengan hemat namun tetap menyenangkan. Selamat mencoba!

You may also like

16 Comments

  1. Enaknya backpakeran itu selain murah juga uji nyali traveling dengan keluar dari zona nyaman cumaaan ya ini pengalaman pribadi sih ya, kadang orang melihat orang yang backpakeran selalu dianggap orang yang kurang berduit jadi ya gitu deh.. hahaha nasib.. nasib..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *