3 DAYA TARIK SOLO YANG PASTI BIKIN KAMU SAYANG SAMA KOTA INI

Kenapa sih banyak orang memilih wisata ke Solo? Apa tempat wisata di Solo itu bagus-bagus? Pertanyaan ini pasti ada dalam benak kamu yang belum pernah datang ke Solo. Kalau pernah, pasti tahu apa saja daya tariknya dan ingin datang kembali ke sini. Jujur saja, saya ke Solo baru 2 kali saja, tapi rasanya ingin kembali lagi dan benar-benar merasakan suasana kota serta beragam sajian yang ada di Solo.

Solo merupakan sebuah kota di Indonesia yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Kunjungan wisatawan ke kota yang sangat menjunjung tinggi kebudayaan ini setiap tahunnya selalu meningkat. Dari berbagai daya tarik yang dimiliki Solo, kebanyakan wisatawan, baik dalam dan luar negeri yang datang ke sini, tertarik dengan 3 hal. Yaitu, Budaya, kuliner, dan wisata belanjanya. Berikut info selengkapnya.

1.   Budaya Solo

sumber:pariwisatasolo.surakarta.go.id

Tujuan wisata budaya di Solo salah satunya Keraton Kasunanan Surakarta. Gelaran upacara adatnya yang nggak pernah terlewat mampu menyedot perhatian masyarakat dan wisatawan.

Selain itu, keraton ini menjadi bukti bahwa sistem pemerintahan kerajaan di Indonesia masih ada, dipertahankan, dan didukung oleh pemerintah pusat. Bahkan, pemerintah pusat menyebut keraton tersebut sebagai salah satu aset negara yang perlu dijaga dan dilestarikan tanpa mengganggu internal keraton tersebut.

2.   Kuliner Enak di Solo

sumber:pariwisatasolo.surakarta.go.id

Kegiatan kuliner selalu menjadi favorit bagi siapapun, termasuk wisatawan yang sedang datang ke suatu tempat. Senangnya lagi, kuliner di Solo beragam, enak-enak, dan harganya sangat murah (sesuai dengan kantong), apalagi kalau dibandingkan dengan harga di kota-kota besar lainnya, seperti di Jakarta.

Di Solo, kamu bisa memuaskan hasrat kuliner tersebut. Rasa makanan yang khas dengan sentuhan rasa Jawa, cara penyajiannya yang unik, banyak dijual di tempat berkonsep tradisional yang sederhana, dan dijual dengan harga yang murah menjadi beberapa ciri kuliner Solo tersebut.

Untuk menarik minat para wisatawan, kini bahkan nggak jarang banyak yang membuat tempat kuliner tersebut dalam bentuk café yang lebih modern. Namun, juaranya masih tetap tempat-tempat makan sederhana seperti angkringan di pinggir jalan. Apalagi yang bukanya malam hari.

Beberapa kuliner Solo tersebut antara lain Nasi Kucing, Serabi Notosuman, Pecel Solo, Nasi Timlo, dan Tengkleng.

Baca juga : Menikmati Nila Bakar Kremes

3.   Wisata Belanja Murah Kota Solo

sumber:pariwisatasolo.surakarta.go.id

Solo merupakan salah satu kota di Indonesia yang dikenal dengan batiknya. Jadi, jangan heran jika banyak wisatawan di sini yang ujung-ujungnya kalap belanja dan memburu batik-batik Solo tersebut. Karena itu merupakan hal wajib yang harus ada dalam agenda perjalanan ketika berkunjung ke kota ini.

Pasar tradisional pun menjadi tempat wisata di Solo yang selalu dituju oleh para pecinta wisata belanja ini. Di pasar tradisional, wisatawan merasa lebih nyaman dalam belanja karena berinteraksi langsung dengan penjual bahkan pengrajinnya langsung. Harga yang dijual lebih murah daripada yang ditawarkan di mall dan masih bisa ditawar.

Beberapa pasar di Solo yang bisa kamu kunjungi untuk belanja oleh-oleh, seperti batik dan souvenir khas Solo tersebut antara lain Pasar Malam Ngarsopuro, Pasar Klewer, Pasar Triwindu, Pasar Gede, Pasar Keris dan Cenderamata Alun-Alun Utara Kraton, Pasar Klithikan Notohardjo, dan Pasar Kliwon. Kabarnya, pasar-pasar ini termasuk yang legendaris di sana, lho!

Kalau kamu penasaran dengan batik, selain ke pasar kamu juga bisa datang langsung ke Kampung batik Laweyan. Di sana, selain belanja, kamu juga bisa ikutan belajar membatik. Atau, kamu ini anak kota yang males banget kalau harus tawar menawar di pasar? Mungkin kamu bisa pilih Solo Square untuk ngemall dan belanja di sini.

Ketiga daya tempat wisata di Solo tersebut sudah dirasakan oleh banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Jadi, masa kamu nggak tertarik. Yuk ke Solo yuk.

You may also like

24 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *