5 HAL YANG BIKIN PENGELUARAN BULANAN JADI MEMBENGKAK

Apa? Masih tanggal muda tapi uang di dompet dan ATM sudah menipis? Kok bisa ya? Memang ada yang kejadian seperti itu?

Wah, ada yang pernah mengalami seperti ini nggak? Hehehe. Problemnya bukan karena gaji sedikit atau penghasilan pas-pasan. Tapi karena memang kemampuan finansial kita mungkin masih rendah. Atau mungkin dorongan untuk menjadi konsumtif juga sangat tinggi. Kalau boleh jujur, saya pun pernah mengalami hal ini lho. Saat itu terjadi saya merasa bahwa ini karena pemasukan saya yg kecil dan pastinya jadi menyalahkan keadaan. Padahal, bisa jadi karena memang saya yang kurang cerdas mengelola keuangan pribadi.

Saya sedang asik mantengin satu akun yang bikin literasi finansial kita bertambah. Akun ini, bikin kita jadi paham masalah-masalah keuangan dalam hidup ini. Tapi dari sini saya tahu bahwa ternyata gaji besar saja juga tidak cukup. Besar atau kecil penghasilan ternyata tidak mempengaruhi keberkahan dan kenyamanan hidup kita. Semuanya tentang cara pandang dan mengelola aset keuangan yang kita miliki. Thank you so much Jouska!

Nah, akhirnya saya pun terpikir untuk terus konsisten mengelola keuangan dengan baik. Salah satunya adalah dengan meminimalisir pengeluaran-pengeluaran yang bikin bengkak anggaran dan dompet atau ATM bikin menipis. Pastinya kalau pengeluaran yang bikin membengkak ini kita kurangi, maka tentu saja kita punya modal lebih untuk bisa menabung atau investasi masa depan. Berikut ini, 5 hal pengeluaran yang bisa bikin anggaran membengkak di tiap bulannya, ala-ala saya yang penghasilannya tentu gak kayak para pejabat atau pengusaha sukses ya. Hehehe

  1. Banyak Jajan

Jalan-jalan ke mall pasti gak mungkin banget ya kalau gak jajan. Tapi di rumah pun sebenernya bisa saja jajan banyak sih. Laper, tergoda pengen makan ini itu eh langsung pesen lah jasa ojek online untuk pesan makanan. Atau ngobrol sama teman, hangout, ga mungkin juga kalau gak sambil makan dan minum. Nah, pengalaman saya hal-hal ini bikin pengeluaran kita membengkak. Ga sadar tiba-tiba kok uang udah habis lagi? Sekali jajan di mall, pesan makanan, atau ngopi bareng teman bisa habis buat jatah masak seminggu tuh. Hehehe.

Nah, untuk mengeluarkan anggaran ini perlu hati-hati dan penuh kesadaran. Mungkin terasanya sedikit-sedikit ya, tapi kalau dikeluarkan secara intens dan terus menerus, alhasil kita bisa kaget di pertengahan bulan atas pengeluaran kita untuk jajan-jajan atau ngopi-ngopi, ternyata over budgeting.

  1. ‎Operasional Rumah yg Hambur

Pernah sadar gak kalau lampu yang dinyalakan terus menerus, listrik yang terus menerus menyala padahal tidak kita gunakan itu salah satu sumber penghamburan energi. Tapi bukan hanya itu, ini juga bisa berdampak pada pengeluaran yang juga membengkak, khususnya biaya listrik. Atau mungkin adakah yang punya kebiasaan terus menerus memasang AC di rumah? Nah, hati-hati kebiasaan ini juga bisa membuat anggaran listrik kita semakin meningkat.

Gambar Ilustrasi dari Unsplash

Untuk itu, coba kita mencoba evaluasi pengeluaran kita untuk membayar biaya listrik. Rubah kebiasaan menghamburkan penggunaan listrik atau membiarkan listrik menyala tanpa dipakai, dengan kebiasaan yang lebih hemat. Jangan lupa juga untuk membayar biaya listri tepat waktu dan untuk memudahkannya kita bisa Bayar listrik online agar praktis dan selesai dengan cepat.

  1. ‎Terlalu Mengikuti Lifestyle

Apakah kamu termasuk orang yang sangat mementingkan lifestyle? Misalnya saja merasa harus banget mencoba jika tau ada handphone baru dan berusaha mendapatkan informasi Harga handphone terbaru. Atau mungkin kamu yang sangat suka dengan fashion, hingga gak mau ketinggalan dengan fashion dan brand fashion terbaru? Setiap orang biasanya memiliki lifestyle dan ketertarikan masing-masing. Tapi ini perlu diperhatikan karena terkadang, biaya lifestyle ini bisa menguras anggaran tersendiri jika terus menerus dipenuhi.

Yang harus kita tahu, pastinya lifestyle dan tuntutannya tidak akan pernah selesai. Akan selalu ada barang baru yang ditawarkan untuk kita. Tapi jika budget kita terbatas dan income kita pun harus benar-benar dihemat, tentu tuntutan ini tidak harus selalu kita wujdukan bukan?

  1. ‎Berbelanja Tanpa Anggaran dan Perencanaan

Siapa sih yang nggak suka berbelanja? Berbelanja ini bisa mulai dari sekedar liat-liat, jalan-jalan di mall atau pusat perbelanjaan lalu jika ada hal yang menarik mata dan hati, eksekusi transaksi pun bisa kita lakukan. Nah, disinilah bisa terjadi pembelanjaan yang terjadi di luar anggaran dan perencanaan. Untuk itu, sebelum terjadinya pembengkakak anggaran, maka lebih baik kita harus selalu membuat rencana anggaran minimal di setiap bulannya. Dengan membuat perencanaan dan anggaran setiap bulannya, kita bisa mengukur dan memprediksi apa yang harus kita beli dan tidak perlu kita beli.

Biasanya, membuat anggaran dan perencanaan di awal bulan memang sedikit merepotkan bagi beberapa orang. Tapi bagi saya sendiri, ini sangat memudahkan dan menjadi tools untuk mengontrol hasrat berbalanja yang tinggi. Hehehe.

  1. Tergoda Diskon atau Promosi

Diskon dan promosi ini memang hal yang menarik. Tapi jangan salah, diskon dan promosi bisa membuat kita jadi reaktif untuk berbelanja. Jika tidak ingin pengeluaran kita di luar budget, harus diingat bahwa jangan sampai kita langsung tergoda diskon dan promosi. Apalagi sebenarnya diskon dan promosi tidak selalu menguntungkan. Untuk kepentingan bisni terkadang diskon dan promosi ini didahului dengan menaikkan harga lebih tinggi dari aslinya, lalu diturunkan harganya. Dan harga diskon bisa jadi lebih tinggi dari harga normal. You know that i mean kan?

5 hal ini dari pengalaman saya pribadi dan hanya berasal dari saya yang bukan ekspert keuangan. Mudah-mudahan 5 hal ini bermanfaat ya dan saya tunggu lho tips keuangan dari kalian agar keuangan kita bisa sehat dan lancar. Amiin.

 

You may also like

16 Comments

  1. Nah diskon atau promo itu yang bikin hati tergoda hehehe. Kalo memang diskon nya pas barang yang kubutuhkan, kadang2 beli juga sih. Tapi kalo emang bukan barang yang kubutuhkan, meski diskon gede, biasanya aku nggak beli.

    Untuk tagihan listrik, pdam, telpon aku biasanya bayar online, memanfaatkan promo juga. Lumayan kan kalo ada cashback nya 🙂

  2. Aku termasuk yang suka jajan, makanan terutama nggak bisa nahan diri. Emang jadinya boros sih. tapi enggak tahu sih selalu ada aja rezekinya. kalau kata orang mah pas-pasan, pas butuh pas ada.

  3. Hidup itu murah, yang mahal itu gayanya ya mbak, hiks.

    Kalau aku mensiasatinya dengan menabung di awal bulan. Jadi uang dipaksain tinggal sedikit. Kalau nabungnya diakhir bulan, bisa bisa uangnya pasti habis >.<

  4. Bener semua nih.. Alhamdulillah, bersyukur jd emak introvert lumayan g terganggu hal diatas. Hihi. Menurutku inner child dr individu jg mempengaruhi pola konsumsi org. Kalau dr sononya sdh dididik ortu untuk hdp sederhana insya Allah selanjutnya jg bs nahan2 hal yg g penting. 🙂

  5. Akuuuu yang hobi jajan, sampai kadang-kadang tetiba uang di rekening melayang semua. Apalagi jajan buku, semua rasanya pengin dibeli. Huhu, mesti mengencangkan ikat pinggang nih.

  6. Jajaaaaaaaaannn hahaha. Abisnya suka mager mau masak, akhirnya wiken keluar ngemol, makan 😛
    Untungnya sih ada sediaan voucher kadang makai itu #eh
    Btw TFS infonya hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *