INGIN HIDUP SEHAT DAN SEIMBANG? INI TIPS RACHEL OLSEN, AHLI GIZI DARI YOUVIT

Tahun 2013, saya sempat kaget karena mengalami kesehatan yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Tiba-tiba saya jadi lebih sering keram di kaki dan merasa sakit saat buang air kecil. Saya pun pergi ke rumah sakit dan nggak tanggung-tanggung langsung menuju dokter spesialis penyakit dalam. Saking khawatirnya, saya pun di USG dan di cek urin. Saat setelah seharian menunggu, akhirnya hasil pun keluar.

Ternyata dokter mengatakan bahwa saya tidak ada masalah yang terlalu parah dalam hal anatomi tubuh. Ini memang gara-gara saya yang parno aja sih. Hehehe. Dokter menganalisa saya kurang minum air putih dan terlalu banyak mengkonsumsi vitamin-C yang akhirnya mengendap di dalam tubuh. Akhirnya terlihat juga di dalam hasil test, bahwa air seni saya pun banyak timbunan vitamin-c. Menurut dokter, jika ini dibiarkan maka bisa menjadi kencing batu dan sakit saat buang air kecil. Untuk itu, dokter pun menanyakan pada saya, apa yang saya konsumsi selama ini? Apakah ada suplemen atau hal lain yang saya konsumsi saat itu?

Saya pun ingat bahwa saya sedang mengkonsumsi sebuah suplemen makanan, yang fungsinya untuk menurunkan berat badan, untuk nutrisi kesehatan, dan ternyata suplemen tersebut memiliki kandungan vitamin-C yang cukup banyak. Setelah saya lihat, kandungannya hampir 500 mg. Padahal, saya konsumsi suplemen tersebut setiap hari. Nah, jika endapan vitamin C itu tidak terbuang, maka kedepan akan menjadi penyakit berbahaya. Saya pun terdiam saat tahu hal tersebut dari dokter dan menghentikan meminum suplemen atau jenis vitamin tambahan apapun yang ada di pasaran. Ternyata untuk sehat dan hidup seimbang tak sekedar hanya meminum suplemen dan asal-asalan memilihnya. Tanpa panduan yang baik, alih-alih malah jadi buruk terhadap tubuh.

Sharing Bersama Rachel Olsen Tentang Nutrisi Seimbang

Sabtu, 14 April yang lalu, saya pun senang sekali karena berkesempatan hadir pada acara Indonesia Female Blogger dan YOUVIT Indonesia yang dilaksanakan di Glosis, La Maison, Barito, Jakarta Selatan. Siang itu, saya mendapatkan banyak sekali wawasan baru dan bahkan jawaban-jawaban atas kejadian yang dulu pernah saya alami. Di acara ini hadir juga Rachel Olsen, seorang Nutrition Specialist dari YOUVIT yang banyak sekali menjelaskan tentang bagaimana hidup seimbang dengan makanan yang bernutrisi dan jangan sampai kita salah dalam memilih makanan-makanan tersebut.

Dari apa yang dijelaskan oleh Rachel, saya pun akhirnya bisa memahami sebab masalah yang terjadi pada saya tahun 2013, sebetulnya karena ada 2 hal. Pertama, karena saya ingin menurunkan berat badan secara instant sekaligus tubuh yang bugar tetapi tidak mengatur pola makan sehat, memilih makanan sehat, dan juga kurang berolahraga. Yang kedua, karena saya salah memilih suplemen yang ternyata over vitamin-C dan malah menjadi endapan dalam tubuh.

Untuk itu, Rachel Olsen pun menjelaskan tentang pentingnya kita memikirkan dan menghitung kebutuhan nutrisi sehari-hari, khususnya saat kita makan pertama kali yaitu saat sarapan. Maka itu, mengatur nutrisi seimbang bisa dimulai dari mengetahui kebutuhan kalori tubuh kita sendiri. Wanita, sebetulnya membutuhkan kalori kurang lebih sebanyak 1500-2000 gram kalori per hari. Jumlah ini, biasanya tergantung juga dari usia, berat badan, dan aktivitasnya. Jumlah kalori ini lebih sedikit dibanding laki-laki yang jauh lebih besar, bisa hingga 2500 gr kalori per hari.

Kita juga harus waspada nih. Kalau kalori kita terlalu banyak dan tidak terbakar menjadi energi atau gerak aktif, maka penyakit-penyakit berbahaya pun bisa datang tiba-tiba. Misalnya saja, jantung koroner, pneumonia, dsb. Saya pun akhirnya jadi aware, bahwa penting banget hitung-hitung kalori sebelum kita konsumsi sesuatu, agar zat yang kita konsumsi sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Ingat nih ya, konsumsi vitamin-C itu baik. Tapi kalau over dan tidak sesuai dengan kadarnya, bisa berbahaya kan? Seperti pengalaman saya sebelumnya.

Makanya, menurut Rachel, salah satu hal yang membuat kita hidup sehat sehari-hari bisa dimulai dengan sarapan menggunakan makanan yang sehat. Sarapan ini ternyata sangat penting karena menjadi energi beraktivitas, serta mempengaruhi tingkat kestabilan tubuh, hormon, dan juga kefokusan kita saat bekerja. Tapi jangan sampai salah, karena yang terpenting bukan di sarapannya, namun di makanan yang kita konsumsi. Sarapan yang sehat bisa berawal dari makanan yang kaya serat, omega-3, dan protein. Untuk itu, tidak terlalu disarankan konsumsi karbohidrat yang terlalu tinggi. Karbohidrat terlalu tinggi di pagi hari membuat tubuh kaget, berat untuk mengolahnya, serta membuat kita mengantuk. Jika pun ingin konsumsi karbohidrat, maka pilihlah karbohidrat yang rendah seperti gandum, oat, granola, atau beras merah.

Beberapa informasi penting dari yang disampaikan oleh Rachel Olsen

Lebih bagus lagi, jika yang kita konsumsi adalah buah-buahan seperti apel, alpukat, oatmeal, muesli, dsb, karena makanan tersebut termasuk makanan yang tinggi serat, karbohidrat kompleks, dan mudah untuk dicerna. Lalu bagaimana degan lontong sayur, gorengan, bubur, nasi kuning, ketoprak di pagi hari? Katakan NO! Hehehe. Aduh, padahal itu nikmat banget ya. Tapi menurut Rachel, makanan itu semua walaupun mengenyangkan dan bikin sensasi kenikmatan tertentu buat kita, belum tentu sehat. Semua itu tergantung kebiasaan kok. Kalau sudah terbiasa, enak, dinikmati, pasti juga bakal ketagihan.

Konsumsi YOUVIT, Gummy Multivitamin untuk Tambahan Suplemen Sehari-Hari

Dari Sharing bersama Rachel, ia pun menambahkan bahwa ternyata tubuh kita juga butuh suplemen vitamin yang dikonsumsi secara rutin. Apalagi, kondisi di zaman sekarang sudah sangat jauh berbeda dengan zaman dulu. Polusi udara, alam yang sudah tidak seimbang, bahkan zat-zat kimia dalam makanan pun sudah tidak bisa dipungkiri lagi keberadannya. Untuk itu, suplemen ini menjadi hal yang sangat penting untuk dikonsumsi sebagai tambahan nutrisi. Tentunya perlu diingat, bukan hanya suplemen tapi juga menyiapkan makanan sehat dan bergizi.

Menurut Rachel, tubuh kita butuh vitamin-C hanya 90 mg per hari. Artinya, kalau selama ini kita berpandangan bahwa vitamin-C harus 500-1000 mg per hari, jangan-jangan kita jadi korban iklan nih. Hehehe. Nah, makanya jangan sampai kayak saya waktu dulu ya. Over vitamin-C dan malah berakibat buruk.

Untuk konsumsi vitamin dan suplemen tambahan ini, Rachel pun juga sudah percaya dengan YOUVIT. Saya sudah lama tahu YOUVIT sih, tapi belum pernah nyobain dan baru saat acara ini, saya pun mencoba YOUVIT. Bentuknya yang mirip permen ini pun bikin gemes dan kenyal-kenyal karena YOUVIT adalah gummy multivitamin premium pertama di Indonesia dengan rasa mixxed berries yang pas. Jadi rasanya tidak terlalu asam, tidak terlalu manis, enak dan pengen dicemilin. Hehehe.

Pengalaman pertama saya mencoba YOUVIT saat acara bersama Indonesian Female Bloggers dan YOUVIT

Asyiknya, YOUVIT ini juga mengandung 10 vitamin yaitu vitamin A, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, dan E mineral selenium, dan ioudium. Adanya vitamin ini pastinya membantu kita untuk tetap sehat, menjaga imun tubuh, dan melengkapi vitamin atau mineral yang belum terpenuhi saat konsumsi makanan yang kita buat. Nah pastikan, konsumsi suplemen ini tidak hanya kita lakukan saat sakit saja ya. Justru sebelum sakit dan dalam keseharian, kita usahakan untuk konsumsi, jangan menunggu pemulihan terlebih dahulu.

Teman-teman juga sangat mudah jika ingin membeli suplemen ini karena YOUVIT sudah tersedia di Gramedia, Ranch marekt, Farmers Market, Apotek K24, Apotek Roxy, Natural Farm, 20FIT, Fitness First, Tip Top, Superindo, Viva Apotek, atau di marketplace online lainnya. Untuk 1 pack harganya hanya 16-17 ribu dan berisi 8 gummy. Harga tersebut, tentunya masih sangat terjangkau dan suplemen yang bagus menurut Rachel juga tidak harus yang mahal, lho…

Penasaran sama YOUVIT? Coba check instagramnya , di websitenyatelepon di 021-22770214,  atau contact via WA di nomer ini ya 0811-1081-888.

Membuat Fruit Bowl Sehat Untuk Sarapan Pagi dan Tips Sederhana Hidup Sehat

Ini bagian dari acara yang paling saya suka. Hehehe. Kita, para blogger yang hadir diajak untuk membuat dan mendekor smoothies dengan toping yang sehat-sehat banget. Toping ini terdiri dari granola, kiwi, strawberry, pisang, parutan kelapa, dan chia seed. Kita masing-masing berkelompok membuat fruit bowl ala masing-masing dan terakhir kita pun mencoba fruit bowl yang sudah kita buat.

Fruit Bowl ini tentunya sangat baik kalau kita konsumsi di pagi hari. Ya, sebagai menu pengganti gorengan, ketoprak, lontong sayur, dsb ya. Heheheh. Gampang sekali untuk membuat fruit bowl ini lho. Sebenarnya lebih mudah dibanding kita masak-masakan yang perlu bumbu, ulek-ulek dulu, bahkan tumis-tumis dulu. Pertama-tama kita hanya butuh memasukkan buah yang ingin kitas jadikan smoothies ke dalam frezzer hingga benar-benar beku di malam hari. Baru di pagi hari, kita bisa memblender atau juicer hingga cair namun masih tetap mengental. Oh ya, tidak perlu ditambah susu, gula, atau air tambahan ya. Biarkan saja smoothies ini originial agar tetap sehat, dan vitaminnya masih terjaga.

Buah-buahan yang ingin di smoothies tentunya bisa tergantung selera kita masing-masing ya. Buah mangga, strowberry, nanas, naga, atau di mix dengan buah-buah lainnya juga bisa untuk kita olah. Setelah smoothies jadi, baru kita bisa menggunakan toping di atasnya dengan bahan-bahan alami, original tanpa da tambahan gula, pemanis buatan, susu yang tinggi lemak, dsb. Rasanya segar dan enak, sehingga makanan sehat itu tidak selalu hambar atau sesuatu yang membosankan. Maka itu, dari kesempatan membuat fruit bowl ini saya jadi terpikir untuk mengkreasikan smoothies dengan berbagai bahan alami lainnya. Hmmmm, apa coba? Hehehe.

Mencoba membuat Fruit Bowl yang terdiri dari Smoothies, Strawberry, Kiwi, dan Chia Seed

Selain membuat Fruit Bowl ini, ada beberapa juga tips dari Rachel Olsen untuk kita yang hadiri disini. Tips dari Rachel ini adalah agar kita tetap bugar, tidak mengalami obesitas, atau penyakit-penyakit berbahaya lainnya. So, ini beberapa tips penting tapi mudah kok untuk kita lakukan.

  • Makan dengan porsi yang pas. Dengan pedoman gizi seimbang
  • Makan buah minimal 5 buah dalam setiap hari. Tapi perlu diingat, buahnya juga harus bervariasi ya, agar tidak bosan dan vitamin yang kita dapatkan juga lebih beragam sesuai kebutuhan tubuh
  • Mengunyah makanan lebih lama juga penting. Mengunyah makanan dengan cepat bikin kita cepat kenyang namun mengganggu kerja pencernaan
  • Istirahat cukup dalam 1 hari minimal 7 jam. Rachel sendiri menyarankan agar kita tidak begadang karena begadang merusak sistem hormon dalam tubuh
  • Walaupun makan sehat, istirahat, dan minum suplemen, yang tidak kalah penting adalah melakukan olahraga. Aktivitas fisik seperti lari, jalan, dan aerobik juga sangat dibutuhkan oleh tubuh

Well, itulah yang saya dapatkan dalam acara ini. Senang sekali rasanya, karena Indonesian Female Blogger bisa mengadakan gathering yang sangat bermanfaat ini dan gathering ini pun dilaksanakan dalam rangka ulang tahunnya yang ke-2 lho. Semoga semakin sering mengadakan acara-acara bermanfaat seperti ini ya.

Dan pertanyaannya sekarang adalah, Are you ready for healthy life habbit? Harus dong ya…Boleh share juga yuk kalau kalian punya tips sehat dan makanan bernutrisi lainnya sesuai pengalaman pribadi. Share di kolom komentar ya..

You may also like

4 Comments

  1. Aku nih kayanya sama, over vitamin c. Karena aku gampang banget drop, jadi aku sering banget konsumsi vitamin c. Dan sekarang telapak tangan dan kaki sering banget kesemutan, yang kalau kata dokter sih kurang air putih. Hmmmm….

    Sudah 2 hari ini aku beralih ke Youvit. Semoga aku cocok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *