MENIKMATI KARYA DESIGNER VIENA MUTIA, KEINDAHAN SALJU DALAM BALUTAN GAUN SIMPLE DAN ELEGANCE

Di atas panggung megah dengan lampu kelap-kelip bernuansa kristal yang berkilauan, membuat Fashion Show semakin terlihat elegan dan berkelas. Para model wanita yang sangat cantik menggunakan gaun-gaun bernuansa white-silver pun berjalan cantik di atas catwalk, untuk memamerkan 12 karya dari Viena Mutia atau brand fashion nya bernama VM by Viena-KD. Gaun yang bertaburan dengan swarovski dan ornament yang sangat detail, membuat saya pun tak berhenti berdecak kagum dengan karya yang sedang ditampilkan ini. Suara musik yang lembut serta harmoni dengan seluruh nuansa panggung, membuat fashion show semakin terasa mewah dan tak ada yang ingin berpaling dari semua tampilan ini. Rasanya seperti dibawa ke negeri dongeng, bertebaran bintang-bintang, para putri-putri cantik dari istana.

Semua tampilan tersebut saya nikmati dalam acara Indonesia Fashion Week (IFW) 2018, yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center, pada Rabu, 28 Maret 2018. Kebetulan saya mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung Fashion Show dari rancangan VM by Viena|KD bertema Deep Ice berkat undangan dari Komunitas Kumpulan Emak Blogger. Tahun sebelumnya saya sudah pernah hadir di acara IFW 2017 namun belum pernah melihat langsung fashion rancangan Viena Mutia ini. Tentunya kesempatan ini, jadi pengalaman yang luar biasa karena pertama kali bisa menikmati langsung karya-karya dari Viena yang sungguh menawan.

Siapa sebenarnya Viena Mutia? Apa konsep fashion design yang diusungnya dan Bagaimana proses pembuatan karya ini bagi Viena Mutia? Baca selanjutnya dari hasil kehadiran saya di IFW, ngobrol santai dengan Viena Mutia, dan talkshow bersama Viena dan Krisdayanti yang merupakan ambassadornya.

Menikmati Karya Couture Design Viena Mutia di Indonesia Fashion Week 2018

Seluruh baju yang ditampilkan dalam Fashion Show Viena adalah design couture dengan varian warna ilver, grey, dan broken white. Gaun-gaun yang dibuat, menggunakan konsep one tone, sehingga jangan heran jika warna-warna yang ada semuanya hampir sama, alias bukan colourfull. Tetapi uniknya adalah, walaupun konsep yang diusung oleh Viena Mutia adalah one tone color, saya tidak merasa karyanya monoton atau membosankan. Wajar saja, karena memang di dalam setiap gaun yang ia buat selalu ada detail ornamen dan aplikasi yang membuat gaun tetap terlihat mewah dan elegan, walaupun hanya ada satu warna.

Rancangan Viena Mutia : Dokumentasi Ideannisa

Inspirasi design bertema Deep Ice ini, didapatkan oleh Mbak Viena Mutia saat ia travelling dan melihat salju-salju yang cantik. Baginya, selama ini di Indonesia tentu ia tidak pernah melihat salju, sedangkan saat melihat salju secara langsung rasanya sangat berkesan. Dari pengalaman ini, Mbak Viena menterjemahkannya dengan pembuatan design yang identik dengan salju. Maka warna-warna yang dipilih adalah warna white broken, silver,dan grey sebagai warna yang dekat dengan salju dan musim dingin yang syahdu. Sedangkan material swarovski, payet berkilauan adalah laksana tetesan air dan salju dalam design Viena.

Rancangan Viena Mutia : Dokumentasi Ideannisa

VM by Viena|KD mempersembahkan busana dengan tema “Deep Ice” yang terinspirasi oleh keindahan salju. Tema ini direpresntasikan oleh sang Creative Director, Viena Mutia dengan sentuhan detail berupa payet berbentuk tetesan ice, untuk membeirkan kesan cool, calm, dan fancy. Perpaduan ini memang ditujukan untuk para wanita metropolitan yang menyukai kesan modern, simple namun terkesan elegance.

Saya pun mengamati pemilihan bahan yang digunakan Mbak Viena dalam design-nya. Menurut saya, bahan yang digunakan pun bukan asal-asalan dan bahan biasa. Bahan yang dipilih adalah bahan dengan jenis brukat premium, terdapat lace sebagai pemanis, atau karakter bahan yang warnanya berkilauan. Dari sini saya bisa menggambarkan bahwa brand fashion yang diusung oleh Mbak Viena memang menyasar pasar kalangan atas, premium, dan ekslusif untuk dikenakan.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Viena Mutia 

Sebelum fashion show dimulai, saya sempat berkeliling-keliling booth di area IFW 2018. Saya pun menyempatkan untuk mampir di booth VM by Viena KD. Tidak menyangka, saat saya berkunjung kesana, ternyata mbak Viena sudah ada disana dan menjaga boothnya sendiri. Begitu mampir di boothnya saya pun disapa langsung oleh Mbak Viena sendiri dengan ramahnya.

Saat itu, booth sedang sepi karena bertepatan setelah jam makan siang. Saya pun berbincang-bincang cukup lama dengan Mbak Viena sambil berfoto-foto bersama. Siang itu, Mbak Viena sangat cantik sekali menggunakan balutan outfit berwarna hitam. Mulai dari hijab, atasan, celana panjang, hingga ornamen kain yang mirip selendang, semuanya menggunakan warna hitam. Tapi sekali lagi. Walaupun dari atas hingga bawah ia menggunakan warna yang sama alias one tone color, tidak ada rasa bosan memandanginya. Malah, cantiknya semakin terpancar.

Foto bersama dengan Mbak Viena Mutia yang cantik dan humble (Business Owner dan Fashion Designer VM by Viena|KD)

“Ini baju saya juga. Konsepnya one tone, karena saya tidak terlalu suka dengan baju-baju yang terlalu berwarna-warni. Dengan begini tampilan kita terlihat lebih simple tapi elegan. Makanya saya tambahkan taburan swarovski atau aplikasi lainnya yang menambah cantik gaun, tanpa harus terlihat ramai atau penuh saat memakainya”, ungkapnya saat saya bertanya tentang outfit yang sedang dikenakannya.

Mbak Viena yang bernama asli Erviena Lanni Mutia ini merupakan wanita berdarah Sunda yang memulai bisnis fashionnya belum lama, yaitu sejak 17 November 2017. Tapi, hal yang amazing adalah Mbak Viena bukan fashion designer jebolan sekolah design atau kuliah khusus untuk fashion. Selera fashion, bakatnya mendesign baju, dan tentunya passionnya di bidang tersebut membuat ia belajar otodidak hingga mendirikan brand fashion sendiri. Saat itu juga saya langsung kagum dengan beliau. Artinya, selagi ada kemauan dan passion yang kuat, apapun bisa dilakukan lho!

Mbak Viena menjelaskan tentang karya design dan brand yang dibangunnya

Dalam mengembangkan bisnisnya, Ia menggaet Krisdayanti sebagai brand ambassadornya karena sudah mengenal lama dan dekat dengan KD sejak dulu. Ia pun tertarik bekerjasama dengan KD karena sosok KD yang sangat ia kagumi dalam karir bermusiknya.

“Mimi (KD) itu shownya banyak sekali setiap hari. Dalam sebulan ia cuma libur beberapa hari saja. Jadwalnya sangat padat dan kebutuhan baju shownya pun sangat banyak. Nah, untuk itu saya support untuk membuat baju-baju show nya, walaupun bukan untuk setiap manggung karena Mimi juga masih menggunakan rancangan dari designer lainnya”, cerita mbak Viena pada saya dengan penuh antusias.

Selain cantik, karya design nya sangat luar biasa, Mbak Viena ini orang yang sangat humble. Walaupun ia seorang business owner sekaligus perancang busananya, ia tetap bertegur sapa dengan saya dan juga bertanya tentang aktifitas blogging saya. Ia pun bercerita bahwa pada awalnya ia ragu apakah bisa menampilkan karya fashionnya di panggung IFW. Namun ternyata, dukungan suami dan kehadiran para blogger kali ini menambah semangatnya untuk menampilkan 12 karya couture designya bertema Deep Ice ini.

Sambil saya memegang dan melihat-lihat koleksi baju yang ada di booth, Mbak Viena pun dengan santainya menjelaskan baju-baju yang dipajangnya. Rata-rata baju yang ada di booth adalah baju dengan konsep ready to wear alias siap pakai. Biasanya baju-baju seperti ini dijual untuk event-event bazar dengan harga mulai dari 3,5 juta. Sedangkan, untuk gaun-gaun dengan konsep couture Mbak Viena lebih memilih pembuatan secara customize agar lebih sesuai dengan selera dan karakter yang menggunakannya. Karena biasanya, gaun-gaun ini dipakai oleh para artis untuk perform dengan menyesuaikan jenis acara dan tema lagu yang dibawakan. Harganya mulai dari 7 juta rupiah.

Contoh busana ready to wear rancangan Viena Mutia

Setelah itu, saya bersyukur sekali karena bisa berkesempatan mengobrol langsung face to face dengan Mbak Viena dan berbagi inspirasi baru dari perjalanan Mbak Viena. Ya, karena tidak semua blogger berkesempatan berdiskusi langsung secara intens saat di booth karena waktu dan kesempatan yang terbatas. Terimakasih Mbak Viena J

Bincang Santai Bersama Viena Mutia dan Krisdayanti

Setelah mengobrol langsung dengan Mbak Viena dan menikmati fashion show dari karyanya, saya pun bersama para blogger langsung menuju Plaza Senayan Arcadia untuk mengikuti Talkshow bersama Viena Mutia dan Krisdayanti. Walaupun sempat kehujanan saat naik ojek online dan terlambat hadir, Alhamdulillah masih sampai dengan selamat.

Di kesempatan ini, Mbak Viena juga becerita tentang brand fashion yang sedang dibangunnya. VM sebenarnya adalah singkatan namanya yaitu Viena Mutia atau Very Me yang artinya “Gue Banget”. Very Me memang menunjukkan bahwa Viena berusaha mendesign sesuai dengan karakter dan kesukaan customernya. Dari fashion jati diri tersebut dapat terbentuk dan terpancar. Tidak salah kalau memang brand ini juga sudah banyak dipesan oleh kalangan artist dan masyarakat umum pecinta fashion lainnya.

Krisdayanti bersama Viena Mutia, Kompak saling berkolaborasi dalam karya dan bisnis

Kehadiran Mimi KD membuat suasana semakin hangat walaupun di luar sedang hujan dan angin yang cukup kencang. Mimi KD ini orang yang sangat energik, humoris, humble, dan sangat suka meeksplor sesuatu tentang dirinya. Sore itu ia juga hadir dengan balutan busana hitam karya dari Mbak Viena.

Mimi KD pun bercerita tentang kolaborasi nya bersama Viena. “Passion saya dan Viena sama. Untuk mengkolaborasikannya, tidak mudah karena bukan hanya melihat label diri saya yang seorang artist. VM juga memiliki kriteria, apakah saya bisa bekerja sama dan cocok membawakan produknya. Rancangan Viena cocok dengan saya karena nuansanya yang glamour”.

Bagi KD yang merupakan seorang diva Indonesia, fashion adalah bagian dari perjalanan karir musiknya yang tidak bisa dilepaskan. Ketika ia menjadi seorang penyanyi profesional, maka ia pun juga seorang fashion enthusiast dan harus terlihat fashionable. Tentu saja sesuai karakternya yang aktif, dinamis, glamour, dan selalu tampil grande.

Dalam bincang singkat Viena dan KD bersama para blogger ini, Mimi KD juga memberikan tips untuk para blogger wanita yang hadir dalam hal berpenampilan. Menurutnya, penampilan menarik itu tidak harus mahal yang penting adalah dilakukan konsisten dan sesuai dengan jati diri kita. Dari situ, maka bisa muncul kenyamanan dan rasa percaya diri. Percuma jika kita menggunakan pakaian bagus, kosmetik bagus namun tidak konsisten dan tidak nyaman saat melakukannya.

Bincang sore itu, membuat saya kagum dengan dua sosok wanita ini. Semoga Indonesia dipenuhi oleh wanita-wanita inspiratif dan produktif seperti mereka ya. Sayangnya, Mimi KD juga harus buru-buru pergi lagi setelah talkshow selesai. Semoga ada kesempatan lagi untuk menggali hal-hal bermanfaat lainnya dari mereka.

Sampai bertemu lagi di Indonesia Fashion Week tahun depan. Saya tunggu karya-karya dari Mbak Viena selanjutnya

 

VIENA|KD
Picadilly Building
Kemang selatan no 99
Jakarta selatan – Indonesia
Instagram: @vienaofficial
Facebook: Viena
Email: cs@viena.id

You may also like

15 Comments

  1. Wah keren ya mba Viena Mutia meski bukan dari skolah fashion tapi bs bikin baju berkualitas bahkan bekerja sama dengan diva Indonesia. Bahkan ramah sama blogger, aaaah keren deh. Masih baru November taun lalu memulai tapi udah luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *