MENIKMATI MENU SPECIAL RAMADHAN DI GASTROMAQUIA

Apa sih hal yang paling kalian suka saat bulan Ramadhan tiba? Selain dari menikmati ibadah yang dilipatgandakan pahalanya dan juga suasana religius yang tercipta di bulan ini, berbuka puasa pasti hal yang juga tidak kalah istimewa. Setelah seharian berpuasa, mendengar suara adzan magrib itu rasanya kenikmatan tersendiri. Berarti, kita telah berhasil melewati puasa hari tersebut dan berharap amalan ibadah selama berpuasa bisa terus mengalir.

Karena berbuka puasa ini adalah hal yang spesial bagi umat islam, pastinya kita juga sesekali ingin menikmati menu berbuka puasa yang berbeda dari biasanya. Makanya saat bulan puasa tiba, biasanya ada menu-menu yang tak biasa muncul di benak kita. Misalnya saja : kolak pisang, es cendol, olahan kurma, dsb. Nah, kali ini saya pun punya referensi menu Ramadhan yang gak kalah menarik dari biasanya.

Sabtu, 21 April 2018 saya berkesempatan mencicipi menu special Ramadhan di Restorant Gastromaquia Jakarta yang diberikan oleh Clozette Indonesia. Gastromaquia ini berlokasi di Jalan Ciniru I/01, Kebayoran, Jakarta Selatan yang menyajikan makanan khas Spanyol. Ya, dari luar dan interior ruangannya pun sudah kelihatan banget nih ini Restoran Spanyol. Awalnya, Restoran ini berdiri tahun 2018 oleh Hugo Ecolios Roldan dan Ramon Figuls Palos di Madrid. Kerennya, Gastromaquia berhasil mendapatkan sertifikat keunggulan Tripadvisor selama tiga tahun berturut-turut diantara 50 restoran terbaik. Dari kesuksesannya di Madrid, Gastromaquia pun memperkenalkan sajian nya di Jakarta.

Sebelum datang ke Gastromaquia, saya pun menghubungi terlebih dahulu pihak Restoran untuk reservasi sekaligus request menu spesial ramadhan untuk 3 orang. Kebetulan, waktu itu saya pesan di jam 11.00 dan akan datang di pukul 15.00. Pihak Gastromaquia pun menyambut dengan baik, dan menyampaikan bahwa akan mempersiapkan terlebih dahulu menu ini spesial untuk kita bertiga.

Suasana di Gastromaquia

Pukul 15.00 saya pun sampai di Gastromaquia. Suasananya yang unik dan cozy bikin saya betah banget duduk disini. Kebetulan saya memilih lantai 1 untuk tempat makan dibanding lantai 2. Menurut saya, suasananya lebih asik dan enak dibawah dibanding lanta-2 yang menjanya lebih besar-besar. Hehehe. Asyiknya, banyak spot-spot cantik yang ada di Gastromaquia untuk bisa kita berfoto-foto bersama. Waktu saya hadir pun, ada beberapa orang yang juga sedang berfoto-foto lho. Artinya memang tempatnya instagramable banget.

Nikmatnya Yu Shang Ramadhan Menu

Menu pertama yang saya coba yaitu Yu Shang. Yu Shang ini adalah menu yang ditawarkan oleh Gastromaquia sebagai menu utama disini. Saat pertama kali, saya belum terbayang menu Yu Shang ini seperti apa. Di keterangan menu hanya ada item-item-nya saja, namun belum tahu keseluruhannya. Ternyata, menu Yu Shang disajikan di atas nampan dan daun pisang dengan jenis lauk yang sangat beragam dan banyak. Wow, ternyata nampak seperti menu tradisional Indonesia ya.

Kalau saya rasakan, sebenarnya ini menu bisa untuk 5 orang lho hehehe, tapi saya menikmati ini hanya untuk 3 orang saja. Menu Yu Shang ini terdiri dari Nasi yang bertabur bawang goreng, kentang balado, ikan nila, ayam goreng, ikan teri goreng, telor dadar iris, tumis buncis tempe, tempe kering, tomat, daun selada, dan tidak ketinggalan ada kerupuk juga lho. Eits, tapi menu Yu Shang ini belum siap dimakan lho. Mbak Waitress pun menjelaskan bahwa semua makan ini akan dicampur dulu keseluruhannya agar rasanya menjadi satu, lebih enak, dan semua orang bisa merasakan lauknya yang disajikan hangat.

Yu Shang Menu Ramadhan, dengan varian lauk yang sangat banyak dan berlimpah

Mbak Waitress pun membantu untuk mencampurkan semua makanan tadi dengan menggunakan 2 sendok besar serta sarung tangan pelastik untuk menjaga higienitas. Seluruh makanan tersebut dicambur dengan ditambah sambal, bawang merah, dan sambal tomat. Jika suka pedas, maka bisa tambah sambal namun jika tidak bisa dikurangi saja sambalnya.

Selesai dicampur, saya bersama teman-teman pun langsung tidak sabar untuk segera menikmatinya. Dan ternyata….rasanya mantap! Semua bahan tercampur jadi satu, pedasnya cukup, dan tentunya kenyang sekali. Sampai-sampai kami pun tidak bisa menghabiskannya dan meminta untuk sisanya di take away saja.

Es Tea, Lemon Tea menemani menu Ramadhan yang kami pesan

Dari semua menu yang dicampur tersebut dalam menu Yu Shang, menurut saya semua rasanya enak. Yang paling saya suka adalah adanya teri goreng yang asin dan menambah rasa menu ini. Tumis buncis dan tahunya pun punya bumbu yang kuat sehingga tidak hambar. Begitupun dengan kentang balado dan orek tempe yang disajikan. Namun untuk rasa ikan dan ayam, menurut saya masih kurang terasa bumbunya. Biasanya ikan dan ayam banyak ditambah kunyit atau bawang, namun yang terasa hanya sedikit rasa asin saja. Tetapi, so far saya suka dengan kematangan ikan dan ayam yang disajikan. Tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembek. Sesuai dengan selera saya.

Sebenarnya ada kerupuk yang disajikan juga oleh Gastromaquia. Tetapi, karena saya kebanyakan foto-foto dan bercanda dulu dengan teman-teman, akhirnya kerupuk keburu “masuk angin” dan kurang nikmat saat dimakan. So, kalau memang tidak langsung makan kamu bisa order untuk kerupuknya disajikan terakhir saja ya.

Oh ya, saat saya berkunjung kesini, kebetulan saya pun bertemu dengan salah satu owner Restoran ini. Saya pun sempat menanyakan tentang pilihan Yu Shang sebagai menu Ramadhan di Gastromaquia. Ternyata, sang owner menjelaskan bahwa menu Yu Shang ini terinspirasi saat ia di Singapore. Banyak orang-orang chinese dan juga orang-orang Singapore lainnya menikmati kebersamaan dengan bersama-sama memakan menu Yu Shang ini. Selain itu, ada simbol keberkahan dan kebersamaan dari setiap orang yang ramai-ramai memakannya. Semoga saja, hal ini juga menjadi sambutan baik bagi masyarakat Indonesia di Ramadhan kali ini.

Menu Ramadhan Lainnya di Gastromaquia

Selain memesan menu Yu Shang, kami bertiga pun memasan menu tambahan lainnya yang juga bagian dari menu spesial Ramadhan. Teman saya Ajeng, memilih menu Gulai Kikil, rendang, dan Nasi. Sedangkan teman saya Cinta, memilih menu chicken tigh with salad dan saya sendiri memilih Fettucine with mix mushroom and creamy truffle. Sebenarnya, kami bertiga sudah cukup kenyang mencicipi menu Yu Shang, tapi setelah menu-menu tambahan ini datang, rasanya langsung ingin mencoba lagi dan space perut langsung terbuka kembali. Hehehe.

Kami bertiga pun saling mencicipi menu pilihan masing-masing. Untuk menu Gulai Kikil, rendang, dan Nasi, menurut saya cukup enak, sesuai dengan lidah saya yang juga orang Sumatera. Gulai kikilnya memiliki kuah yang cukup kental dan rasa rempah khas padang/sumateranya sangat terasa. Sedangkan untuk menu rendang sendiri bumbunya sangat melimpah dan dagingnya sangat empuk sekali. Saat dinikmati dengan nasi panas, rasanya semakin nikmat.

Gulai Kikil, dan Rendang yang disajikan dengan Nasi Hangat

Sensasi berbeda lagi saat mencicipi chicken tigh with salad. Tekstur ayamnya sangat lembut, ada sedikit tekstur bakar yang menambah ayam ini semakin nikmat. Menu ini juga disajikan bersama sedikit salad dan kentang goreng. Sepertinya kentang dadu ini direbus dahulu baru di goreng sedikit karena tekstur kentangnya yang lembut, tapi sedikit crispy di luar tanpa banyak minyak yang terasa. Rasa kentangnya juga sangat enak, seperti ada bumbu-bumbu ala italia gitu deh. Hehehe.

Chicken Tigh With Salad, disajikan bersama kentang dan sayuran yang segar.

Terakhir, menu Fettucine with mix mushroom and creamy truffle pun saya cicipi. Fettucine ini creamy banget deh pokoknya. Creamnya seperti ada rasa keju dan perpaduan dengan susu. Tapi, rasanya pas apalagi dicampur dengan mushroom yang bertaburan. Sayangnya, ada sedikit fettucine yang belum begitu matang. Memang fettucine ini disajikan dengan tekstur Aldante, tapi kalau terlalu keras, saya sendiri kurang suka. Untungnya hanya sedikit dan saya tetap bisa menikmatinya.

Fettucine with mix mushroom and creamy truffle

Selesai mencicipi semua menu ini, saya pun dihampiri kembali oleh Mbak Waitress yang baik hati. Ia pun menanyakan bagaimana rasa dan kesan setelah menikmati semua menu ini? Kami pun menyampaikan semua kesan baik dan sedikit saran-saran dari yang sudah kami nikmati. Pengalaman makan di Gastromaquia pun rasanya manis karena keramahan dari layanan para waitress yang sigap serta ramah. Saya pun berkali-kali meminta tolong untuk foto pada mbak Waitress dan dengan senang hati mereka pun melayani.

Makan bersama kami, Saya, Ajeng, dan Cinta

Nah, buat kamu yang juga ingin mencicipi menu Ramadhan ini, coba yuk mampir ke Gastromaquia. Berikut, saya cantumkan juga beberapa menu spesial ramadhan dan harganya. Jangan lupa bawa keluarga dan teman-teman kalau makan disini, karena kalau sendirian kan gak asik banget yaa. Hehehe. So, coba yuk mencicipi menu ramadhan di Gastromaquia! Bisa juga jadi reference untuk berbuka puasa nanti bareng dengan teman, sahabat, keluarga, atau mungkin rekan kerjamu!

Menu Spesial Ramadhan di Gastromaquia

And for the last, thank you so much Clozette & Gastromaquia sudah memberikan kesempatan buat saya mencicipi menu spesial ramadhan ini. Pengalaman yang mengesankan dan tentunya mengenyangkan banget. Hehehe. Next time mudah-mudahan bisa kesini lagi, sambil mencicipi menu-menu lainnya juga ya.

Gastromaquia : Facebook | Instagram | Web | Jalan Ciniru I/o1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 12180, Indonesia | 021-29305091 | info@gastromaquia.com | Opening Hours : Sunday-Thursday : 11.00-22.00, Friday-Saturday : 11.30-00.00

You may also like

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *