FABER CASTELL COLOUR TO LIFE DAN MANFAAT MEWARNAI UNTUK MOOD YANG BAGUS

Setiap orang, sepertinya pasti pernah punya pengalaman hilang mood atau mendadak mood jadi jelek. Salah satunya saya. Kalau soal mood, pasti ada aja turun naiknya. Apalagi kalau situasi fisik lagi gak enak, datang bulan, atau diterpa masalah yang cukup berat. Mau tidak mau, pasti ngaruh sekali terhadap mood kita. Tapi, tidak mungkin juga kan kalau mood jelek ini dibiarkan terus menerus mampir di perasaan kita?

Salah satu hal yang biasa saya lakukan untuk membangun mood positif dan segar kembali adalah melakukan kegiatan mewarnai. Kok kayak anak TK baru bisa mengenal warna? Hehehe. Ya nggak juga kok. Aktifitas mewarnai itu bisa dilakukan semua usia. Bedanya cuman tingkat kompleksitas pewarnaannya aja. Biasanya kalau sudah dewasa, objek yang diwarnai lebih detail dan lebih banyak. Jadi, walaupun sudah besar begini saya masih suka mewarnai atau buat kreasi yang memadukan warna.

Makanya, jangan heran kalau di meja kerja saya masih ada pensil warna, cat air, spidol warna-warni, dan berbagai jenis pewarnaan lainnya yang sering saya mainkan saat waktu senggang atau butuh refresh dari pekerjaan sejenak. Biasanya, kalau otak sudah jenuh, pikiran juga terlalu banyak, saya melipir sebentar untuk mewarnai. Walaupun sekedar membuat bunga-bunga sederhana, ada rasa fresh tersendiri lho!

Mewarnai dan Manfaatnya Untuk Hidup Sehari-Hari

Di tahun 2016, saya sempat sering sekali mengalami stress. Pikiran jenuh, perasaan juga sering tidak menentu, karena banyaknya masalah yang waktu itu sedang datang bertubi-tubi. Saat itu, saya sering sekali merasa emosi dan mood pun juga tidak bagus. Jadi lebih mudah capek bahkan tidak semangat kerja. Berabe urusannya, kalau mood jelek ini sudah datang.

Waktu itu, saya bermain ke Gramedia dan menemukan satu buku menggambar yang cukup bagus. Buku ini bisa dibeli sekaligus dengan pensil warna dari Faber Castell. Ternyata ada beberapa hal yang saya dapatkan ketika menjalani aktivitas mewarnai ini secara rutin. Dari beberapa literatur juga sudah saya dapatkan informasinya. Beberapa diantaranya, saya rasakan sekali manfaatnya.

  1. Lebih Fokus

Saat mewarnai jadi aktifitas yang rutin dilakukan, ternyata efeknya saya bisa menjadi lebih fokus. Satu per satu objek yang kita warnai, akan membuat kita secara otomatis akan berfokus untuk menyelesaikannya secara sempurna. Orang yang fokus, tentunya akan mendapatkan hati yang lebih tenang dan pikiran yang terkendalikan.

  1. Mengalihkan Emosi dan Energi Negatif

Saat fokus mewarnai, secara otomatis pikiran dan perasaan kita akan banyak pada objek gambar. Disitulah perasaan kita akan larut dengan mewarnai dan melihat warna-warna yang kita tuangkan. Biasanya jika sudah larut dan menikmatinya, emosi dan energi negatif kita pun teralihkan dan berubah menjadi energi yang lebih positif.

  1. Memicu Kreatifitas

Jika ada spidol warna-warni dihadapan kita, pasti kita akan terpicu untuk membuat kreasi kan? Ingin mengkombinasikan warna, membuat sesuatu yang indah, dan bahkan ingin hasil kita ini memuaskan kita sebagai kreatornya. Nah mewarnai, secara otomatis bagi saya sendiri membuat kreatifitas saya pun lebih terpicu lagi. Tidak hanya satu otak saja yang terpakai, tetapi otak kanan dan kiri, khususnya untuk bidang kreatiivitas dan seni juga lebih terasah.

  1. Melatih Kesabaran dan Ketekunan

Buku-buku mewarnai orang dewasa memang biasanya lebih banyak detail dan objek-objek yang cukup kompleks. Untuk itu, mewarnai bagi saya sendiri menjadi latihan ketekunan dan kesabaran. Hasil pewarnaan yang indah dan rapih, tentunya tidak boleh tergesa-gesa apalagi asal-asalan. Jadi harus tekun dan sabar, mewarnai satu persatu objek yang ada.

  1. Menciptakan Kebahagiaan dan Kepuasan Diri

Setelah mewarnai selesai, biasanya ada rasa kepuasan tersendiri dan kebahagiaan bagi saya karena bisa membuat kreasi dari warna-warna yang ada. Ya, walaupun hanya karya kecil dan mungkin jauh dari sempurna, tapi rasanya puas dan senang deh. Bahkan ketagihan, karena kebahagiaan yang muncul jelas-jelas menggantikan posisi mood jelek dan energi negatif yang masih ada di dalam diri kita.

Mencoba Mewarnai dengan Faber Castell Colour to Life

Beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan satu set Colour to Life dari Faber Castel yaitu buku mewarnai dan juga spidol set dengan 20 warna. Saya senang sekali punya spidol dengan warna-warna yang lengkap dan oke punya ini. Hampir semua warna lengkap, terdapat warna yang lebih tua dan lebih muda-nya. Sudah lama saya ingin punya spidol ini, dan akhirnya kesampaian lah sekarang.

Spidol 20 warna ini, menurut saya enak sekali jika digunakan untuk mewarnai atau membuat doodle. Kebetulan, di buku gambar yang termasuk satu set Colour to Life ini, space objeknya besar-besar, jadi enak jika ingin mewarnai dengan model doodle. Selain itu, spidol ini empuk dan lentur. Jadi, untuk dipakai mewarnai sangat nyaman dan enak. Spidol di pasaran kadang ada yang ujungnya keras jadi sulit untuk dipakai mewarnai.

Keunikan spidol ini juga ada pada tutupnya. Satu tutup dengan tutup yang lain bisa disambung ala-ala puzzle. Jadi bagi anak-anak atau bagi kita sendiri, bisa jadi alat bermain atau belajar. Tinggal dikreasikan sesuai keinginan kita.

Faber Castell Colour to Life, menjadi spesial karena produk ini memadukan antara menggambar konvensional dengan kemajuan teknologi augmented reality. Oleh karena itu, kegiatan mewrnai bisa semakin menarik karena terhubung dengan dunia digital yang semakin berkembang pesat.

Di dalam buku mewarnai ada 15 halaman untuk objek mewarnainya. Ada beberapa karakter di dalamnya yang bisa kita pilh untuk diwarnai. Misalnya saja, ada sosok putri, pilot, pekuda, atau bahkan tokoh kucing kartun yang lucu. Tinggal pilih saja sesuai keinginan kita sendiri.

Bagaimana cara menggunakannya?

Pertama, kita harus mewarnai terlebih dahulu objek yang kita pilih di buku gambar. Warnai dengan warna-warna kesukaan kita dan jangan ragu untuk berkreasi sesuka hati kita. Tidak perlu berpikiran mainstream, seperti kuda harus warna coklat atau mungkin baju prajurit harus warna abu atau silver. Saya pun memilih mewarnai kuda dengan campuran coklat pink, serta warna baju prajurit dengan ungu tua dan ungu muda. Hehehe.

Kedua, hidupkan Handphone kita. Pastikan kita sudah mendownload aplikasi Colour to Life yang bisa didapakan di App Store seperti Google Play atau Apple Store. Install aplikasi tersebut dan bukalah aplikasi tersebut di handphone kita. Selanjutnya, nanti akan muncul pilihan karakter yang sesuai dengan buku gambar. Pilih, sesuai dengan yang telah kita warnai ya. Jika belum diwarnai, maka tidak akan bisa terpilih nantinya.

Ketiga, Scan gambar dengan handphone kita. Usahakan menscan dengan tegak lurus dan jarak kira-kira 30 cm. Setelah itu, nanti akan muncul gambar 3D sesuai objek yang telah kita warnai dan warna yang sesuai kita buat. Kita bisa bermain games dengan karakter yang sudah kita buat atau berfoto dengan gamabr 3 Dimensi tersebut. Asik kan?

Karena saya memilih objek kuda dan prajurit, maka saat bermain games, permainnya berupa melintasi jalanan dengan kuda tersebut agar tidak terkena jebakan atau ranjau. Seru dan berpacu dengan waktu serta kejelian melihat jalan dalam games.

Tapi, tidak hanya games, kita juga bisa mengatur objek gambar 3D yang telah kita buat untuk berfoto dengan objek tersebut. Ukuran dan arahnya bisa kita atur dan kita pindahkan. Jadi mood tambah bagus nih, karena bisa foto dengan objek yang kita buat sendiri.

Bagaimana, menarik kan? Saya sendiri makin jatuh cinta dengan produk-produk Faber Castell, apalagi dengan teknologi sekarang yaitu Colour to Life. Kalau kamu penasaran dan ingin coba juga, check produknya di Tokopedia atau gramedia deh. Nanti kita share hasil mewarnainya dan jangan lupa, main games dan foto-foto dengan objek kita masing-masing ya.

You may also like

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *