TAMPIL NYAMAN SAAT AKTIVITAS OUTDOOR, KENAPA NGGAK?

Di bulan Agustus ini, rasanya senang sekali karena bisa berkesempatan jalan-jalan ke tempat baru. Jadi, ceritanya saya harus pergi ke daerah Lombok dan Sumbawa dalam rangka tugas untuk mencari content-content menarik disana. Content ini pastinya jadi kebutuhan komunikasi di kantor. Selain itu, ada kebutuhan juga melaksanakan quality control dari salah satu program kantor saya yang berkaitan dengan peternak dan persiapan idul adha nanti. Duh bisa bayangkan kalau saya akan ketemu sama sapi-sapi dan hewan-hewan lainnya di peternakan.

Awal kali sampai di daerah Sumbawa, saya kaget. Saya pikir, sapi-sapi yang ada diikat dan disimpan di kandang. Tapi ternyata, sapi-sapi yang harus saya check dan saya liput, itu berada di padang rumput luas. Jadi mereka semuanya sapi-sapi liar yang hidupnya bebas, tanpa kandang. Hanya ada beberapa sapi saja yang hidup di kandang, karena memang sudah cukup besar dan siap untuk disembelih.

Kebayang ya, ngecek satu persatu sapi-sapi ini. Jalanan dari satu padang rumput ke yang lainnya lumayan jauh. Belum lagi kadang-kadang si sapi suka cari-cari perhatian, dengan mengeluarkan suara dan menendang ke bagian belakang. Duh, kalau udah begini, harus pinter-pinter nyamanin diri nih. Belum lagi, cuaca panas dan teriknya Sumbawa dan Lombok, lumayan juga bikin keringetan.

Tapi, salah satu hal yang bikin kita nyaman walaupun aktivitas kerjaan ada di outdoor, harus jalan kesana kemari, dan tidak jarang ketemu jalanan becek atau berbatu, adalah pengaturan fashion kita. Memilih baju dan sepatu yang nyaman jadi penting buat perjalanan tugas seperti ini. Nah, ini beberapa pengalaman saya saat mengatur pakaian yang nyaman selama bertugas.

  1. Mengenakan Baju dengan Bahan yang Menyerap Keringat

Saat bertugas outdoor, apalagi jalan kesana kemari, bahan yang menyerap keringat sudah pasti harus jadi pilihan. Dengan menggunakan bahan yang menyerap keringat, ada efek juga jadi kita gak mudah bau badan walaupun keringetan. Nah, baju dengan bahan yang menyerap keringat juga menambah kenyamanan kita karena dengan itu kita jadi lebih percaya diri.

  1. Mengenakan Celana dibanding Rok atau Dress

Ada beberapa teman yang suka sekali mengenakan rok atau dress. Begitupun dengan saya, sebetulnya juga suka dengan menggunakan rok dalam keseharian. Tapi, saat beraktivitas outdorr, saya lebih suka menggunakan celana dengan dipadu padankan dengan tunik atau baju berbahan kaos. Menggunakan celana rasanya lebih praktis dan ringkas, sehingga tidak takut kena kotor atau terseret-seret di tanah seperti saat menggunakan dress atau rok.

Kebayang ya, di peternakan sapi itu banyak banget kotorannya, kalau menggunakan dress atau rok, hmmmm…bayangin sendiri ya?

  1. Sepatu Slip On

sepatu slip on wanita ini sebenarnya lagi hits banget. Sepatu slip on ini cocok banget digunakan oleh orang-orang yang aktivitas dan mobilitasnya tinggi. Biasanya bentuknya lonjong dan bagian atasnya tidak terlalu pipih. Model ini persis seperti roti yang berbentuk lonjong. Jadi kita tinggal masukkan kaki seperti sandal, tidak perlu ikat-ikat tali atau membenahinya lagi. Selain itu, modelnya pun simpel, mirip dengan sneakers, dan pastinya model ini banyak sekali beredar di pasaran kan?

Sebenarnya, saya juga nyaman jika menggunakan sendal gunung atau sendal outdoor lainnya. Tapi, jika aktivitas outdoor intens dan panas-panasan juga, saya lebih prefer dengan sepatu slip on wanita yang menutup semua bagian kaki. Jadi ga takut belang atau kepanasan sih. Hehehe.

Ada yang suka menggunakan sepatu slip on wanita juga, kah?

  1. Hijab yang Praktis

Pastinya, tiap orang punya preference model hijab masing-masing. Buat saya menggunakan pashmina, dengan jarum pentul dua saja sudah cukup. Ini jadi template fashion saya karena bikin nyaman dan sudah oke dengan look menggunakan pashmina. Tapi yang jelas, jangan menggunakan model yang bikin ribet kita sendiri termasuk menggunakan bahan-bahan yang licin dan sulit untuk diatur.

Hijab berbahan kaos, voal, katun, atau mungkin diamond crepe, bisa jadi alternatif. Jangan lupa, kenakan model yang simple ya. Kita mau bertugas, bukan sekedar mejeng hehehe.

  1. Aksesoris yang Simple dan Praktis (Tidak Berlebihan)

Bukan hanya pakaian, biasanya kalau wanita juga suka menggunakan aksesoris seperti gelang, kalung, cincin. Kalau aktivitas kita cukup mobile, banyak gerakan fisik dan butuh stamina tinggi, lebih baik tidak menggunakan aksesories. Kalaupun masih tetap ingin menggunakan, cari yang simple dan tidak terlalu mencolok saat nanti kita beraktifitas. Resikonya, tau sendiri kan ya?

Itu beberapa hal tentang fashion yang nyaman saat aktivitas outdorr sesuai dengan pengalaman saya bertugas di Sumbawa dan Lombok. Tapi saya juga ingin minta pendapat dari teman-teman dong. Bagaimana sih fashion yang nyaman saat kita aktivitas outdoor, sesuai dengan preference teman-teman? Share di kolom komentar yuk.

You may also like

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *