5 PENYEBAB KOMEDO PUTIH YANG WAJIB DI KETAHUI

Ada yang tahu Penyebab komedo putih? Komedo putih ini tentunya sangat mengganggu wajah dan ketika mengaplikasikan make up jadi kurang baik. Sebenarnya banyak yang sudah menyadar tentang komedo putihbahkan ada juga yang sudah mengetahui tetapi sering mengabaikannya. Komedo sangat mengganggu penampilan kalian karena membuat permukaan kulit terlihat kasar dan tampak merusak kecantikan wajah. Dermatologist komedo merupakan penumpukan keratin dan minyak dari kelenjar keringat di dalam folikel rambut yang tanpa kalian sadari selama ini. Ada dua jenis komedo, yakni whitehead (komedo putih) dan blackhead (komedo hitam). Keduanya merupakan jenis jerawat kecil yang biasanya disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh bekas keringan dan juga bekas bedak.

Perbedaannya, whitehead berada di dalam bagian kulit sehingga tidak mengalami oksidasi dengan udara. Sedangkan blackhead, terletak di luar permukaan kulit sehingga keratin dan sebum teroksidasi yang bisa menyebabkan warnanya menghitam dan kurang enak dilihat. Komedo dapat saja dihilangkan sendiri di rumah. Tapi penanganannya haruslah tepat dan benar. Penyebab komedo putih harus dipahami dengan baik agar penangannya bisa sesuai dan tepat.

Beberapa Penyebab Munculnya Komedo Putih

Ada beberapa penyebab munculnya komedo putih. Coba perhatikan dengan seksama, jangan-jangan ini adalah penyebab komedo putih bertengger di wajah kita. Hehehe.

  1. Akibat dari Makanan yang Tidak Sehat

Penyebab komedo pertama yang harus anda perhatikan adalah akibat dari asupan makanan yang di konsumsi. Hal ini bisa saja terjadi karena makanan yang anda konsumsi tidak sehat atau mempunyai kandungan yang bisa memicu tumbuhnya komedo putih di wajah anda. Makanan yang bisa mendorong tumbuhnya komedo putih antara lain adalah makanan cepat saji atau junk food yang menjadi trend saat ini, sea food, makanan berlemak, makanan manis, makanan dengan kandungan susu yang tinggi dan juga makanan kaleng.

  1. Wajah Menghasilkan Minyak Yang Berlebih

Penyebab yang satu ini bisa saja disebabkan oleh faktor hormonal dan juga karena sering mengkonsumsi makanan yang berlemak dan manis. Sudah pasti jika anda mempunyai wajah yang berminyak, maka komedo putih akan sangat gampang tumbuh terrhadap kulit wajah anda.

Pict from unsplash
  1. Pola Hidup yang Tidak Sehat

Jika anda sudah melakukan banyak cara buat menghilangkan komedo, akan tetapi komedo itu tetap saja tidak hilang trerlebih malah bertambah lebih banyak dari sebelumnya. Maka anda jangan dulu menyalahkan produk yang di pakai buat menghilangkan komedo tersebut, bisa saja ini karena pola hidup anda yang tidak sehat dan tidak teratur.

  1. Cara Menggunakan Make Up yang Salah

Bisa kalian perhatikan perbandingan pada pria dan wanita, siapa yang paling sering rentan terkena masalah komedo tersebut. Pasti banyak yang mengatakan kalau wanitalah yang lebih sering mempunyai masalah dengan komedo. Dikarenakan cara pengaplikasian make up yang salah dan sering mengandalkan make up dimana pun dan kapan pun yang menjadi penyebab utamanya.

Pict from unsplash

Walaupun memang benar make up mampu membuat seorang wanita terlihat tampak lebih cantik, akan tetapi tetap saja kalau anda terlalu sering memakai make up, maka kulit wajah kalian akan mudah terserang komedo. Hal ini karena  make up bisa menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga komedo akan muncul dengan sangat mudah dan sering.

  1. Akibat Memencet Jerawat

Bagi kalian yang sering sekali memencet jerawat karena sudah tidak sabar karena hal tersebut mengganggu penampilan, maka berhentilah dengan kebiasaan tersebut sekarang juga. Karena selain bisa meninggalkan bekas jerawat, kegiatan seperti memencet jerawat juga mampu menimbulkan komedo yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan sata anda memencet jerawat maka folikel rambut di kulit tersebut akan pecah dan menciptakan tumbuhnya komedo baru.

Dari penjelasan tentang penyebab munculnya komedo putih tersebut semoga bisa bermanfaat bagi anda yg sedang mengalami masalah tersebut. Jika kalian masih bingung bagaimana cara menghilangkan komedo di wajah maka kalian bisa membuka link bukalapak ini buat tambahan referensi.

Selamat merawat wajah ya dan bersiap bikin wajah makin kinclong, hehehe.

You may also like

1 Comment

  1. Masalah saya dulu nih, komedo.
    Alhamdulillah sejak rajin merawat kulit wajah, komedo jadi berkurang, bahkan, kalau saya gak malas banget, komedo bener-bener gak ada di hidung.

    Sayangnya, kadang sekarang saya skip perawatannya, gegara rempong 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *