BERSERINYA KAMPUNG PASIRLUYU BANDUNG BERSAMA PT ASTRA

Sebagai seorang yang bekerja di salah satu NGO di Indonesia, rasanya saya selalu senang jika berbincang soal pembangunan masyarakat di beragam aspek. Bukan hanya tugas NGO atau Pemerintah untuk membangun aspek-aspek sosial kemasyarakatan, tetapi berbagai Perusahaan Bisnis pun juga punya tanggung jawab untuk mengarahkan bisnisnya hingga terasa manfaatnya untuk masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh Astra.

Sejak tahun 2013, PT Astra International Tbk (ASII) sudah mulai menggalakkan program Kampung Berseri Astra (KBA) sebagi wujud kepeduliannya terhadap Lingkungan dan Pengembangan Kewirausahaan Masyarakat. Sampai dengan tahun 2018 ini, sudah ada 77 KBA di 34 Provinsi Indonesia, dengan bidang fokus Kesehatan, Lingkungan, Pendidikan, dan Kewirausahaan. Dan tahun ini (2018), Astra juga sedang mengembangkan program 300 Desa Sejahtera di 100 Kabupaten.

Di setiap kampung, Astra memberikan dana untuk kebutuhan yang berbeda. Setiap kampung memiliki kondisi dan keunggulan masing-masing. Untuk itu, optimalisasi dana di dalamnya tentu akan disesuaikan dengan program yang dikembangkan.

Salah satu yang menarik perhatian saya adalah Kampung Pasirluyu Bandung, yang merupakan bagian dari program Kampung Berseri Astra. Sebagai orang Bandung, saya bersyukur bahwa kampung ini mendapat perhatian dan akhirnya bisa berkembang.

Rumah Pintar Nurul Falah di Kampung Berseri Astra Pasirluyu Bandung

Salah satu fasilitas yang diberikan Astra di Kampung Pasirluyu adalah adanya Rumah Pintar Astra Nurul Falah. Di dalamnya terdapat sentra bermain, sentra buku, kriya, laboratorium komputer, dan audi visual. Rumah pintar ini menjadi salah satu solusi untuk menyemarakkan aktivitas anak-anak di kampung Pasirluyu. Tidak banyak fasilitas ruang publik dan lapangan yang ada di dekat sana, sedangkan jika berjalan ke alun-alun Regol sendiri menempuh waktu 20 menit.

Bersyukur sekali masyarakat di Pasirluyu bisa mendapatkkan sekolah dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Rumah pintar ini didirikan di atas tanah wakaf yang dulunya adalah masjid. Aktifitas Rumah Pintar ini mendapat pendampingan dan pengelolaan dari Astra Biz Center Bandung.

Salah satu warga Pasirluyu pun menyampaikan rasa syukurnya, bahwa anak-anak yang bersekolah di Rumah Pintar atau PAUD Nurul Falah, rata-rata sudah siap menerima pelajaran di SD. Untuk itu, kehadiran Rumah Pintar Nurul Falah membuat anak-anak terus berkembang dan maju. Tentunya, tidak kalah dengan mereka yang sekolah di PAUD yang fasilitasnya sudah sangat memadai.

Layanan Kesehatan dan Pelatihan di KBA Pasirluyu

Selain bidang pendidikan, di KBA Pasirluyu juga terdapat layanan kesehatan yang bekerjasama dengan Posyandu dan Puskesmas Pasirluyu. Layanan ini, memberikan pengobatan gratis, pemeriksaan bayi atau balita secara rutin, dan tentunya penyediaan alat-alat kesehatan yang memadai. Tentu saja hal ini juga yang diharapkan oleh masyarakat Pasirluyu untuk bisa menopang kebutuhan kesehatan dalam keseharian hidupnya.

Tak hanya itu, di KBA Pasirluyu juga terdapat berbagai pelatihan dengan instruktur atau pengajar yang profesional. Hal ini dilakukan, agar masyarakat Pasirluyu dapat terus berkembang dan mandiri secara ekonomi. Harapannya, mereka bisa mengoptimalkan kemampuannya untuk bisa mendatangkan penghasilan atau ekonomi yang cukup. Pelatihan tersebut, misalnya saja adalah servis Handphone, AC, pembuatan makanan, dan hydroponik.

Tangki Bio Digester Untuk Pengolahan Limbah

Lingkungan juga menjadi hal yang difokusi oleh KBA. Salah satu wujudnya adalah keberadaan tangki limbah yang disebut dengan bio digester. Limbah yang ada berasal dari sampah rumah tangga. Dengan adanya bio digester ini, sampah rumah tangga akan diubah menjadi biogas dan pupuk cair yang bermanfaat untuk penanaman berbagai budidaya tanaman di kampung ini.

Dengan adanya tangki ini, maka masyarakat bisa memilah sampah yang bisa dimanfaatkan daur ulang atau untuk diolah oleh bio dgester ini (yang tidak dibisa didaur ulang). Selain itu, masyarakat juga bisa mengolah limbah dan memanfaatkannya menjadi gas untuk memasak dan pupuk cair untuk tanaman yang ada.

Bukan hanya oleh Astra, program ini pun juga bekerjasama dan berkolaborasi dengan warga Kampung Pasirluyu. Dari situ, tercipta interaksi dan juga kebersamaan yang erat satu sama lain. Namun yang lebih penting, sebelum program ini dijalankan masyarakat juga diberi pengertian dan pengetahuan agar mereka bisa menjalankan program tersebut.

Keberadaan Kampung Berseri Astra di Pasirluyu, Bandung ternyata sangat berdampak bagi kesejahteraan dan perkembangan masyarakat disana. Bukan hanya dari satu aspek, tetapi juga berdampak pada lingkungan, ekonomi, pendidikan, dan kesejahteraan warga Pasirluyu. Semoga saja, keberadaan kampung ini terus konsisten dikembangkan bersama masyarakat dan terus meningkat dari berbagai aspek kebutuhan warga.

Apakah ada yang pernah berkunjung atau memiliki keluarga di Kampung Pasirluyu Bandung ini? Jika ada yang pernah, share yuk supaya informasi tentang ini lebih banyak lagi.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *