About Me

Assalammualaikum Wr Wb
Nama Saya Finastri Annisa. Teman-teman memanggil saya dengan Annisa atau Icha.

Saat ini saya bekerja di Lembaga Zakat Nasional atau Non Government Organization, Dompet Dhuafa sebagai Staff Bidang Data and Knowledge Management. Bekerja di lembaga seperti ini adalah anugerah luar biasa yang saya syukuri. Bekerja di lembaga yang baik dan berkontribusi untuk kebaikan tentunya adalah harapan setiap orang. Untuk itu, saya tidak pernah merasa “bekerja” disini, tetapi hidup dan berjuang memberikan yang terbaik untuk ummat dan mereka yang membutuhkan. It’s so meaningfull things in my life. 

Jejak langkah hidup saya tidak pernah terlepas dari dunia Sosial dan Agama. Sebelum-nya saya bekerja di sebuah lembaga sosial di Indonesia, menjadi seorang Trainner Character Building Program dan mengelola berbagai program untuk pelajar dalam hal moral atau karakter. Untuk itu selama hampir 4 tahun berkarir, inilah dunia saya, yang sudah saya tetapkan. 

Bergerak di bidang sosial, management, agama , islamic studies, menjadi keminatan saya sejak aktif berorganisasi di SMP. Sebagai bentuk aktualisasi dalam bidang tersebut saya membuat sebuah akun bernama See Islam, di Instagram @seeislam_. Cita-cita saya ingin sekali membuat sebuah media yang membawakan nilai-nilai islam universal, jauh dari hal-hal fundamentalis, kekerasan, ashobiyah (atau ekstrim kelompok), menjadi pencerahan, dan rahmatan lil alamin. Untuk itu saya memulainya dengan membuat akun bernama See Islam ini sebagai media sharing berbagai quotes, ayat, atau beberapa pengetahuan tentang islam lainnya. 

Tidak hanya itu, saya juga sedang merintis bisnis Hijab and Wear, bersama teman saya. Selain untuk menjadi lahan penghasilan, kami ingin menjadikan Hijab and Wear berlabel Chiquesta ini sebagai aktivitas yang memberikan manfaat dan Produktifitas untuk Muslimah atau Wanita Berhijab. Untuk itu kami memiliki impian untuk menjadikannya tidak sekedar label bisnis, namun juga menjadi komunitas yang berkontribusi dan bermanfaat untuk banyak orang. You can connect with us at our instagram account, @chiquesta_id. 

Menjadi seorang penulis atau blogger adalah impian saya sejak saya di usia SD. Sejak SD saya senang sekali menulis buku diari dan membuat cerita-cerita pendek di dalamnya. Sampai hari ini, saya masih menyimpannya. Ketika SMP dan SMA saya sering membuat Cerpen dan memposting tulisan-tulisan di blog pribadi saya. Walaupun hanya sekedar tulisan tentang pengalaman dan kisah pribadi, saya belajar dari hal tersebut. Hingga kini saya memiliki sebuah blog yang ingin saya kembangkan dan lebih produktif menghasilkan tulisan lewat ideannisa.com

Saya bermimpi (bukan hanya mimpi belaka tentunya) ingin menerbitkan sebuah buku. Untuk memulainya, saya menulis di blog, web portal milik komunitas atau orang lain, sebagai kontribusi. Tulisan-tulisan yang pernah dimuat di web portal, diantaranya adalah di website ummi-online sebanyak 6 tulisan dengan view terbanyak adalah 11.121 dan 1500-an sharing di Facebook, sisternet.co.id sebanyak 2 tulisan,  di ruang guru sebanyak 1 tulisan, dan yang paling banyak adalah dalam website dalamislam.com sebanyak 100 lebih tulisan.

Memulai sesuatu yang besar, tentunya harus di mulai dari hal yang kecil, bukan? Untuk itu, hal tersebut adalah jejak langkah saya untuk melakukan perubahan yang lebih baik lagi.