PULANG KE BANDUNG, LEBIH NYAMAN DENGAN KERETA

Sebagai anak Rantau dari Bandung dan sekarang tinggal di Jakarta, rasanya pulang ke rumah jadi moment yang selalu ditunggu. Sudah terbayang, pulang ke rumah, menikmati masakan Mamah, dan bersantai sejenak sambil berbincang dengan keluarga. Tapi, perjalanan dari Jakarta ke Bandung dan sebaliknya ini, sekarang-sekarang sedang tidak bersahabat.

Walaupun hanya berjarak (kurang lebih) 154 KM, tetapi perjalanan Jakarta-Bandung atau Bandung-Jakarta sekarang, bisa memakan waktu lebih dari 5 Jam. Hal ini yang terkadang membuat saya malas harus bulak balik pulang ke rumah atau jika harus ada janjian dengan keluarga dan teman-teman di Bandung. Dulu, waktu masih tahun 2015 perjalanan Bandung-Jakarta atau sebaliknya menggunakan bis, maksimal hanya 3 jam. Tapi, sekarang rasanya mustahil bisa menempuh waktu 3 jam. Apalagi saat weekend atau waktu-waktu libur panjang.

Solusi yang praktis ketika saya harus pulang ke Bandung dengan cepat dan nyaman adalah dengan menggunakan Layanan Kereta. Dulu, sebelum saya sering naik kereta, saya sering juga menggunakan bis atau travel. Tapi sekarang, walau travel punya harga lebih murah atau sekalipun dengan kelas Eksekutif dan berbagai fasilitas, saya jadi kurang tertarik. Perjalanan yang ditempuh bisa lebih lama, macet, dan bayak proyek yang membuat akhirnya jalanan sering terhambat (terutama daerah Bekasi dan Karawang).

Kelebihan Menggunakan Kereta Untuk Perjalanan

Sejak saat banyak sekali yang mengeluhkan perjalanan Jakarta-Bandung yang hampir 5 jam, saya jadi lebih sering menggunakan kereta dan segera memesan tiket saat sudah ada jadwal harus pulang. Menurut saya, ada beberapa kelebihan saat kita menggunakan kereta dari Jakarta-Bandung dan sebaliknya. Berikut ini saya share manfaatnya yang saya rasakan.

  1. Lebih Cepat, No Macet

Dengan menggunakan kereta, perjalanan dari Jakarta-Bandung dan sebaliknya hanya ditempuh dengan waktu 3 jam 20 menit. Dulu, waktu masih belum terlalu macet waktu tempuh 3 jam ini menjadi sedikit lebih lama. Dengan travel atau sarana transportasi via tol, biasanya bisa ditempuh dengan 2,5 jam. Tapi sekarang sepertinya mustahil, hehehe.

Untuk itu, waktu 3 jam setengah ini tentunya membuat saya tidak perlu berpikir panjang jika harus pulang ke Bandung. Selain itu, kelebihan lainnya bagi saya, Kereta Argo Parahyangan dari Jakarta juga lewat dan berhenti di Stasiun Cimahi. Dibanding berhenti di Stasiun Bandung, rumah saya lebih dekat jika harus berhenti di Stasiun Cimahi.

  1. Tepat Waktu

Alhamdulillah, selama menggunakan kereta saya belum pernah mengalami keterlambatan. Dengan kereta, perjalanan kita lebih tepat waktu dan sesuai dengan jadwal yang tertera di tiket atau saat pemesanan. Jadi, jika ada janji atau mungkin acara, kita bisa lebih memprediksi jadwal atau mungkin itinerary-nya setelah memesan tiket.

  1. Nyaman

Walau hanya menggunakan kereta kelas ekonomi, tapi menurut saya tempat duduknya jauh lebih nyaman dibanding menggunakan travel atau bis biasa. Selain lebih luas, kursi kereta Jakarta Bandung juga jauh lebih empuk. Hehehe. Perjalanan 3 jam jadi tidak terasa karena tempatnya yang nyaman, ber-AC, dan tempat duduk satu ke tempat duduk lainnya juga ada jarak yang lumayan. Sehingga, tetap masih ada privasi.

  1. Bisa Memilih Kursi Sendiri

Yang saya suka saat memesan tiket kereta adalah bisa memilih kursi sendiri, terutama jika kita memesannya online dan tidak mepet-mepet ya. Dengan fasilitas ini, saya jadi bisa memilih mana tempat yang saya suka, terutama tempat duduk yang dekat jendela karena bisa melihat pemandangan sepanjang perjalanan. Apalagi perjalanan menuju Bandung itu, masih segar-segar pemandangannya. Banyak sungai, pohon-pohon, dan sawah.

Oh ya, bagi kalian yang naik kereta Argo Parahyangan, biasanya ada kursi-kursi yang menghadapnya melawan arah kereta. Jadi, kita seperti berjalan mundur. Bagi sebagian orang ini jadi tidak nyaman, tapi bagi saya sendiri ini tidak terlalu masalah sih. Kalau kalian tidak nyaman, coba cari tahu dulu ya kereta baris mana saja dan gerbon mana saja sih yang hadapnya ke membelakangi arah perjalanan.

  1. Menikmati Berbagai Fasilitas

Saat perjalanan menggunakan kereta, kita tidak perlu khawatir mati gaya. Kalau baterai smartphone habis, tentu tinggal charge saja yang stop kontaknya ada di sebelah tempat duduk yang ada di kursi sebelah jendela. Kalau kita lapar, bisa juga pesan makanan dari restoran yang ada di atas kereta. Walaupun harganya sedikit mahal, tapi lumayan kan untuk ganjel perut. Kalau ingin buang air kecil, kita tinggal pergi ke toilet kecil yang ada gerbong. Kalau lelah dan ingin tidur, tinggal tidur aja dan akan terbangun saat posisi kereta sudah sampai di stasiun tujuan kita.

  1. Bisa Sambil Beraktivitas Lainnya

Perjalanan dengan kereta, menurut saya juga mebuat kita bisa lebih banyak mengerjakan hal lain. Saya pernah menggunakan laptop, sambil menulis, membaca, sambil makan, dsb. Melaksanakan aktivitas tersebut tetap nyaman dan mudah karena tempat duduk kereta yang nyaman. Walaupun begitu, tetap tidak mengganggu kenyamanan orang lain kok.

Kekurangan Menjadikan Kereta Untuk Sarana Perjalanan

Dengan berbagai macam kelebihan dan kemudahan tersebut, menurut saya ada juga kelemahan saat kita menggunakan kereta dari Jakarta Bandung. Karena banyak orang yang ingin menggunakan kereta, sedangkan kursi kereta juga terbatas, akhirnya pasti akan rebutan deh. Bagi kita yang memesan tiketnya mepet waktu, juga akan membuat kita juga kehabisan tiket.

Saya pernah memesan tiket pulang H-3 keberangkatan. Biasanya sudah habis dan kalaupun ada kita tidak bisa memilih tempat duduk. Pengalaman lain pun pernah, saya mendapat tiket sisa-sisa saat akan pulang dari Bandung ke Jakarta bersama suami. Saya memesan tiket hari-H dan kami terpaksa duduk di kursi dan gerbong yang berbeda. Untungnya perjalanan singkat, hanya 3 jam saja. Jadi, berpisah pun tak apa lah ya. Hehehe.

Untuk kemudahan memesan tiket kereta, kita bisa membelinya lewat Pegipegi. Selain mudah dan cepat, pegipegi juga sering memberikan tiket promo atau diskon lho.

Kita hanya tinggal memasukkan rencana perjalanan dari mana kemana dan bisa juga memasan tiket untuk perjalanan pulang pergi. Jadi satu kali pesan kita bisa langsung membeli tiket pergi dan pulang. Dengan kemudahan ini, bagi saya yang sering pulang pergi Jakarta Bandung, pastinya sangat praktis.

Adakah yang berencana juga pergi dari Jakarta Bandung atau sebaliknya? Saran saya, segera pesan tiket kereta dan nikmati sepanjang perjalanannya ya. Semoga bermanfaat!

You may also like

6 Comments

  1. Argo Parahyangan ini termasuk kereta dengan jalur laris manis hehehe. Salah satu kereta favorit aku juga yang emang jauh lebih nyaman naik kereta kalau ke Bandung. Gak tahan macetnya di Cipularang. Pesan lewat OTA kek pegipegi itu praktis dan gak khawatir kehabisan tiket. Ah jadi kangen naik kereta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *