PUNYA RESOLUSI HIDUP SEHAT DI TAHUN 2019, SUN LIFE AJAK MASYARAKAT INDONESIA IKUT RESOLUTION RUN

Awal tahun 2019, sudah buat Resolusi? Walaupun sedikit telat, akhirnya resolusi tahun 2019 saya pun selesai sudah dibuat. Salah satu aspek yang jadi resolusi tahun 2019 adalah untuk hidup lebih sehat. Indikatornya, saya nggak sering sakit, nggak sering ke dokter, olahraga minimal seminggu 3 kali, mengubah pola makan dengan makanan sehat minim kolestrol dan lemak jahat, serta tidur cukup alias nggak sering-sering begadang. Lalu, akankah saya konsisten melaksanakannya atau sekedar jadi resolusi?

Mengenai resolusi hidup sehat ini, menurut penelitian hanya 8% masyarakat Indonesia yang benar-benar bisa menerapkannya atau berhasil dengan resolusinya. Sisanya bagaimana? Ya mungkin seperti saya salah satunya, resolusi kurang konsisten diterapkan sepanjang tahun tersebut. Alhasil, bukan hidup sehat, tapi berat badan naik, overweight, dan sering sakit-sakitan.

Dari hasil penelitian RISKESDAS tahun 2018, ternyata Angka prevalensi obesitas generasi produktif Indonesia meningkat, dari 14,8% pada 2013 menjadi 21,8% pada 2018. Artinya, masyarakat Indoensia ini masih kurang dalam menjaga kesehatan, berat badan, atau mungkin kurang aktivitas gerak. Tahun 2018 sendiri, ternyata ada 33,5% masyarakat Indonesia yang kurang gerak, sehingga wajar kalau banyak masalah diabetes, kolestrol, dan juga overweight.

Untuk hidup sehat, kita harus hindari obesitas. Olahraga atau aktivitas fisik menjadi salah satu cara agar badan tetap sehat. Gambar berikut rekomendasi aktivitas fisik yang disarankan oleh dr. Grace

Dengan adanya fakta ini, Sun Life Indonesia ikut untuk menajak masyarakat Indonesia untuk hidup sehat dan Lebih Baik dengan mengadakan event tahunan Sun Life Resolution Run Indonesia 2019. Acara ini diadakan oleh Sun Life karena sejalan dengan brand value yang dimiliki oleh Sun Life, untuk masyarakat Indonesia yang hidup lebih seimbang. Menjaga kesehatan ini juga salah satu aspek untuk mengelola ekonomi keluarga. Jika keluarga sering sakit atau memiliki sakit parah, tentu saja akan mengganggu kondisi ekonomi. Sun Life tidak hanya sekedar perusahaan asuransi, lebih dari itu mengajak masyarakat bersama agar hidupnya pun berkualitas.

Kompetisi Lari Sambil Berdonasi dan Melawan Diabetes

Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak event lari yang diadakan oleh berbagai perusahaan atau komunitas yaitu sebanyak 340 kompetisi selama tahun 2018. Hal ini memang menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia, sebetulnya punya minat terhadap olahraga lari cukup tinggi. Berdasarkan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index di 2016/17, 60% responden memilih melakukan olahraga lari, dibanding jenis olahraga lainnya.

Kellu Tandiono, Public Figur & Healthy Entusaiast | dr. Grace Joselini, Dokter Timnas Sepakbola Wanita Asian Games 2018 | Ibu Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia | Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia | Ibnu Jami, Public Figure

Disampaikan oleh Ibu Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia, dalam acara Press Conference di FX Sudirman Jakarta, bahwa yang berbeda dari event ini adalah, Resolution Run bukan hanya sekedar kompetisi berlari namun juga mengajak masyarakat untuk berdonasi. Seluruh penjualan tiket dari Sun Life Resolution Run 2019 akan didoanasikan untuk para pengidap penyakit diabetes dan bekerjasama dengan RSCM Jakarta. Tentu, selain untuk sehat bagi diri kita sendiri akan menjadi sehat juga untuk orang-orang lainnya. Untuk itu, acara ini juga sekaligus mengajak peserta Sun Life Resolutin 2019 untuk ambil bagian dalam gerakan kolektif untuk melawan diabetes.

Walaupun ini adalah tahun pertama Sun Life mengadakan event kompetisi lari, tetapi peserta sudah mencapai 1500 dan seluruh tiket sudah terjual. Acara ini nantinya akan diadakan di ICE BSD, Tangerang Selatan dengan kategori lomba 5K, 10K, dan Family Run 1,5K. Seperti yang disampaikan oleh Ibu Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial Indonesia, agenda ini juga diselenggarakan di 5 negara Asia yaitu Filipina, Hong Kong, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia.

Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono adalah Public Figure yang suka dengan olahraga lari dan sering mengikuti event lari di berbagai daerah bahkan di luar negeri

Yang paling seru, event lari dari Sun Life ini uga didukung oleh dua public fugure yang terus mengkampanyekan hidup sehat dan seimbang yaitu Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono. Keduanya bergabung dalam acara ini sekaligus ingin mengkampanyekan Live Healthier Lives  untuk masyarakat Indonesia. Kelly dan Ibnu juga sudah sering mengikuti kompetisi lari, bukan hanya di Jakarta, tapi berbagai daerah di Indonesia bahkan beberapa negara.

Tips Penting Sebelum Mengikuti Kompetisi Lari

Walaupun olahraga lari ini sepertinya mudah ya, tapi tentunya stamina dan energi juga yang dibutuhkan juga harus dipikirkan. Bahkan, idealnya kalau ingin mengikuti kompetisi lari harus juga berlatih dan mempersiapkan diri jauh-jauh sebelumnya. Minimal 1-2 bulan sebelum kompetisi berlangsung. Hal ini untuk mempersiapkan tubuh agar tidak kaget, atau mengalami hit struckt, bahkan dehidrasi saat kompetisi berlangsung.

Berikut adalah beberapa tips penting yang disampaikan oleh dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018.

  • Gunakan sepatu yang sudah sering dipakai saat latihan. Biasanya karena semangat, kita ingin pakai sepatu baru saat kompetisi. Sebaiknya, gunakan sepatu yang sudah biasa kita pakai dan sudah kita pastikan kenyamanan. Sepatu baru cenderung masih kaku, untuk itu perlu lebih lentur sebelum dipakai berlari jauh
  • Jangan gunakan sepatu yang ketat, usahakan selisih 1 cm agar nyaman dan kaki kita tidak tertekuk.
  • Gunakan sunblock agar kulit tidak terbakar. Kompetisi lari 5-10K biasanya menghabiskan waktu hingga 2 jam. Untuk itu, jangan sampai kulit kita terpapar matahari langsung tanpa ada perlindungan ekstra
  • Jangan gunakan jaket atau mantel khusus yang berfungsi seperti sauna. Gunakan pakaian olahraga atau lari khusus yang nyaman agar tidak terjadi hit struck dan dehidrasi karena mengeluarkan keringat berlebih
  • Jika tejadi cedera maka jangan dipijat atau diurut, tapi gunakan es batu. Hal ini karena kaki bengkak tidak stabil kondisi peredaran darahnya. Disaat cedera, biasanya juga ada robekan, makan seluruh tubuh akan membantu untuk mengembalikan kondisi robekan tersebut. Jika diurut atau dipijat malah akan membuat tambah bengkak.
  • Pemanasan sebelum kompetisi lari sangat penting, untuk itu lakukan pemanasan berupa dynamic streching yang menggerakkan sebuah tubuh. Ini untuk membantu saat lari, semua tubuh pun siap untuk digunakan.

dr. Grace juga menyampaikan bahwa orang-orang yang mengalami overweight ada kekhususan dalam olahraga lari. Untuk itu, biasanya harus diperiksa terlebih dahulu oleh dokter dan dianalisa kesehatan dalam dirinya. Orang-orang overweigth tidak cocok untuk berlari dalam jarak jauh dan waktu yang lama. Khawatirnya justru membuat kondisi tubuh tidak siap dan memperparah jantung. Sebagai gantinya, bisa melakukan olahra lain yang efektif dan efisien dengan berkonsultasi pada ahlinya.

Aktivitas fisik dan kalori yang dibutuhkannya. Kurang gerak bisa menyebabkan obesitas dan kalori tertumpuk menjadi lemak yang tidak terbakar

Nah, untuk yang suka lari boleh dicoba ya mulai ikutan kompetisi lari. Resolution Run diadakan pada Minggu, 20 Januari 2019 bertempati di ICE BSD, Tangerang Selatan dengan Kategori lomba yaitu 5K, 10K, dan Family Run 1,5K. Bagi yang sudah mendaftar, jangan lupa untuk melakukan print out email konfirmasi pendaftaran, identitas asli, dan fotocopy identitas. Semua perlengkapan lomba Sun Life Resolution bisa mulai diambil sejak Kamis di FX Sudirman.

Sehingga, persiapkan diri sebaik mungkin saat akan berkompetisi lari dan jangan lupa periksakan kondisi diri kita sebelum berlari jauh. Salam Sehat, semoga kita bisa benar-benar sehat di tahun 2019!

Selamat menjalankan resolusi hidup sehat di 2019. Semoga sehat selalu dan bahagia

You may also like

3 Comments

  1. Program bagus nih. Mengajak masyarakat tidak malas untuk gerak.
    Tips nya juga oke. Meski bukan atlet, tapi setidaknya bisa diterapkan ke anak atau siapa saja, ya. Sepatu baru jangan dulu langsung dipakai lomba. Hehehe….

  2. Aku gak pernah ikut lomba lari. Soalnya kayaknya gak bakalan kuat, hahahaha.

    Tapi tahun 2019 ini muali pengen olahraga juga. Udah daftar member gym. Mudah-mudahan awet deh sampe akhir tahun 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *