REVIEW R HOTEL RANCAMAYA, HOTEL LENGKAP DI PINGGIRAN KOTA BOGOR

Sejak bulan Oktober 2018, saya dan suami sudah merencanakan liburan untuk akhir tahun. Awalnya, kami ingin berlibur di Pantai Anyer dan memilih beberapa hotel menarik disana. Tetapi, karena saya pikir akhir tahun-awal tahun biasanya jalanan menuju tempat wisata sangat macet, akhirnya kami pun memilih untuk liburan santai saja, tidak perlu jauh-jauh tapi tetap bisa menikmati suasana yang fresh dan nyaman. Kami pun memutuskan untuk liburan staycation di Bogor dan memilih hotel nyaman yang ada di Bogor.

Kota Bogor memang macet dan kalau siang panas. Tetapi sedikit ke pinggir saja, menuju arah Sukabumi dan Ciawi, kita sudah bisa menemukan sebuah Hotel dengan lapangan golf yang luas dan juga beragam fasilitas bermain yang ditawarkan, yaitu R Hotel Rancamaya. Hotel ini ada di kawasan perumahan elit Rancamaya, Bogor. Jika menuju arah puncak, pasti akan lewat jalanan besar dengan Billboard Rancamaya yang besar.

Ini pertama kali saya berkunjung ke R Hotel Rancamaya dan baru tahu bahwa di Bogor ada Hotel seperti ini. Posisi hotel ini memang cukup jauh dari pusat kota bahkan dari jalan raya yang lalu-lalang. Tidak ada suara berisik klakson mobil atau motor, suara kebut-kebutan kendaraan, atau keramaian yang bisa mengganggu ketenangan kita untuk liburan. Memasuki kawasan Rancamaya, kita sudah bisa merasakan kesejukan lewat banyaknya pohon-pohon tinggi di pinggir jalan dan rumput-rumput hijau yang masih membentang luas. Kendaraan yang lalu lalang pun juga tidak banyak dan jalur ini juga tidak dilalui oleh kendaraan umum.

R Hotel Rancamaya, tidak seperti hotel-hotel kebanyakan, yang saat masuk ke loby kita akan dibukakan pintu oleh pelayan hotel dan disambut menuju receptionist. Bukan karena tidak ada pelayanan membukakan pintu loby, tapi karena hotel ini tidak memiliki pintu tertutup untuk masuk ke loby. Udara sejuk dan angin sepoi-sepoi sudah bisa dirasakan oleh semua pengunjung yang berada di loby hotel. Keluar dari mobil saya pun langsung dibukakan pintu oleh pelayan hotel dan beberapa barang pun dibawakan olehnya.

Begitu masuk pun kami sudah bisa melihat taman-taman yang ada di seberang loby hotel. Saya pun langsung check in melalui receptionist dan Alhamdulillah tidak memakan waktu yang lama atau prosedur yang ribet. Kami diberikan dua kunci hotel dan juga 2 voucher untuk menikmati welcome drink yang ada di The Patio Lounge. Dalam waktu kurang lebih 10 menit, saya sudah bisa masuk ke kamar yang sudah saya booked lewat Traveloka.

Bersantai Menikmati Kamar Tidur R Hotel Rancamaya

Saya dan suami memilih kamar Deluxe King dengan tempat tidur yang cukup besar untuk berdua. Untungnya, R Hotel Rancamanya tidak pelit bantal dan guling. Selain bisa bersantai di atas kasur, terdapat juga shofa mini yang ada di kamar dan bisa kita gunakan sambil menonton TV. Memang kamar hotel ini di design untuk kita yang malas kemana-mana alias mager. Dari kamar hotel, kita bisa menikmati pemandangan rumput hijau, sedikit pemandangan Gunung Salak, dan juga menghirup udara segar hanya dari kamar karena terdapat jendela kaca yang besar sehingga kita bisa melihat pemandangan ke luar. Walaupun AC tidak menyala, asalkan pintu teras belakang dibuka, udara segar sudah masuk ke dalam kamar.

Untuk kamar tidur yang kami pesan, terdapat juga bathtub yang cukup untuk berendam 1 orang. Uniknya, kamar mandi di dalam kamar ini memiliki kaca besar. Sehingga, saat kita berendam pun bisa sambil menikmati TV yang ada di ruangan. Kita pun bisa memilih untuk berendam dengan air panas atau air dingin yang bisa diatur tingkat panasnya. Asyiknya, bathtub ini tidak menjadi satu tempat dengan shower mandi. Shower mandi terpisah di ruangan sendiri di dalam kamar mandi, sedangkan di dalamnya terdapat bathtub, wastafel, dan closet.

Hanya saja, tidak tahu kenapa, terkadang kamar mandi ini agak sedikit berbau tidak enak namun tidak terlalu mengganggu juga hingga ke ruangan tidur. Tapi karena ada parfum kamar mandi jadi terkadang bau tersebut tidak tercium kembali.

Selain menikmati bathtub untuk bersantai, kita juga bisa sambil nonton tv dengan channel yang cukup banyak. Sambil santai menonton TV, buat kopi hangat atau teh hangat dari compliments yang disediakan pihak hotel di kamar, boleh juga lho. Kalau tidak suka minuman hangat, bisa juga membawa air atau membeli minuman dingin lalu disimpan di dalam kulkas mini yang ada di kamar. Sayangnya, memang kulkas mini ini tidak ada isinya, hehehe. Jadi kita harus sediakan sendiri kalau ingin menikmati minuman dingin.

Fasilitas Liburan Keluarga Lengkap di R Hotel Rancamaya

Staycation di R Hotel Rancamanya, bukan saja menikmati kamar-nya. Kita juga bisa menikmati berbagai fasilitas lainnya baik yang gratis ataupun berbayar. Ada kolam renang untuk dewasa yang dalamnya kurang lebih 1,5-1,8 meter, kolam renang anak, kolam renang untuk bermian polo air, dan jacuzzi yang ada di dalam ruangan khusus untuk umum. Di dekat kolam renang khusus anak-anak dan kolam renang polo air ada ruangan khusus yang sangat nyaman. Bukan hanya tempat mandi kita juga bisa berendam di jacuzzi. Hanya saja, jacuzzi hanya ada satu dan harus bergantian dengan yang lain, jadi kurang naman. Selain itu, ada juga fasilitas berbayar untuk bermian anak-anak seperti Flying Fox mini, berkuda, memberi makan ikan, kelinci, rusa, angsa, bermain giant water ball, dsb. Untuk anak-anak, hotel ini menyediakan berbagai fasilitas juga seperti ruang bermain dan membaca seperti di daycare. Permainan anak-anak outdoor juga cukup banyak tersedia, seperti perosotoan, ayunan, dsb.

Yang jelas, saya dan suami begitu datang ke hotel dan selepas shalat ashar, langsung menikmati fasilitas kolam renang gratis. Jarak kolam renang dari kamar, tidak terlalu jauh tapi kami harus berjalan dulu lewat taman yang ada di dekatnya. Sebenarnya, lebih enak lagi jika memesan kamar yang balkon nya langsung menghadap kolam renang, sehingga bisa langsung loncat ke dalam air. Harganya sedikit lebih mahal dari kamar yang saya booking. Tetapi, ada minusnya sih. Balkon kamar jadi agak becek karena pastinya akan terkena air dari orang-orang yang berenang.

Kolam renang di R Hotel Rancamanya cukup besar dan panjang. Jadi, panjang kolam ini yaitu sepanjang deretan kamar hotel yang ada disana. Jadi bisa dibayangkan panjangnya dan renang bolak-balik mengitari kolam cukup menguras tenaga. Yang membuat tambah nyaman berenang di kolam ini adalah airnya yang dingin dan segar. Wajar saja ya, ini daerah Bogor dan ada di kaki gunung Salak. Airnya masih sangat fresh dan betah deh lama-lama di dalamnya. Sambil berenang pun kita bisa menikmati pemandangan Gunung Salak yang gagah berdiri dan melihat ke atas awan-awan putih yang cantik.

Untuk berenang disini, jam operasionalnya dibuka pukul 08.00 dan ditutup pukul 18.00. Saya dan suami berenang di pukul 17.00-18.00 dan besok paginya kami pun kembali renang di pukul 10.00 setelah sarapan pagi dan bermain sepeda. Oya, bagi orang tua yang tidak terlalu suka renang dan harus standby menemani anak-anak, disini juga tersedia WiFi dan café untuk memesan makanan atau minuman. Sayangnya, menunya hanya sedikit dan harganya cukup mahal bisa diatas 30 ribu untuk menu seperti rujak, nasi goreng kambing, dan kentang goreng.

Selain berenang, saya dan suami juga meminjam sepeda yang disediakan hotel. Sepeda ini boleh dipinjam gratis dan boleh untuk dipakai keluar hotel. Jadi, kita tidak hanya memutari area hotel saja, tetapi bisa juga ke sekitar perumahan Rancamaya. Sejujurnya, karena lama tidak main sepeda, saya pun sedikit kelelahan karena jalanan di Perumahan Rancamaya yang cukup menanjak, hehehe. Ujung-ujungnya, saat jalan menanjak, sepeda malah saya tuntun. Tapi, jika ingin mengitari area hotel pun juga sudah cukup menarik bagi saya yang jarang naik sepeda. Disana ada lapangan Golf yang cukup luas dan bisa sambil berfoto disana.

Menu Sarapan Bervariasi di The Pavilion Restorant

Menginap di hotel kurang afdol jika tidak mencoba menu sarapannya. Saya dan suami memilih fasilitas menginap dengan sarapan, dan kami pun sarapan pagi di The Pavilion Restorant R Hotel Rancamaya. Restoran ini dibuka pukul 06.00 sampai dengan pukul 11.00. Untuk menu yang disediakan sangat variatif. Mulai dari menu tradisional hingga western dengan rasa yang standar. Tidak terlalu enak, tapi juga tidak bisa dibilang buruk. Cukup untuk bisa menikmati sarapan pagi yang bervariasi dan mengenyangkan perut.

Beberapa menu tersebut diantaranya adalah: Menu Buffee (Bihun, Daging, Ayam, Sayur Capcay), Nasi Uduk, Nasi Goreng, Dimsum, Lontong Kari, Salad, Sosis + Kentang, Aneka Bakery, Cake, Puding, Gorengan, Berbagai jenis sambal, Berabgai jenis telur (omelet, telur mata sapi, telur rebus), Aneka minuman (infused water, juice, tea), Coffee, Bubur Ayam, Bubur Manado, dsb. Karena saking banyaknya, saya juga tidak terlalu ingat semuanya. Hehehe.

Untuk menu terbaik, saya masih belum menemukan. Menurut saya semua rasanya biasa saja, dan masih ada hotel-hotel lainnya yang menyajikan menu dengan rasa yang lebih enak di lidah saya. Tapi tentu saja semua tergantung selera masing-masing ya.

Tips Untuk Liburan di R Hotel Rancamaya

Untuk menginap disini, ada beberapa tips dari saya, agar menjadi persiapan sebelum sampai ke Hotel. Berikut adalah beberapa tips-nya.

Tips-1: Lokasi R Hotel Rancamaya ini bukan di jalan raya dan dilalui kendaraan umum. Saat berangkat dari Jakarta kesini, saya menggunakan kereta dan berhenti di Stasiun Bogor. Dari Stasiun kami pun menggunakan Go-Car sampai ke hotel. Tapi, persoalannya saat pulang kami sulit sekali mendapatkan kendaraan. Rencananya saya akan melanjutkan staycation ke hotel selanjutnya di Hotel Amarossa. Baik menggunakan Go-Car, Go-Jek, Grab, bahkan layanan taxi seperti Blue Bird susah sekali kami dapatkan. Kami sampai meminta bantuan pihak hotel memesan Blue Bird, tapi juga tidak bisa dan tidak kami temukan. Jadi, kami menunggu sampai 2 jam untuk dapat kendaraan menuju Kota Bogor dan hasilnya nihil. Akhirnya, kami pun memutuskan untuk jalan kaki ke depan perumahan Rancamaya. Jaraknya bisa 2-3Km untuk sampai ke jalan raya Bogor di depan perumahan. Untuk itu, kami sudah malas memesan ojek online dan memutuskan menggunakan Ojek pangkalan yang ada disana. Saran saya, jika memang tidak bawa kendaraan sendiri, sebelum masuk ke dalam hotel kita bisa order atau meminta nomor HP ojek pangkalan terlebih dahulu agar saat pulang kita bisa langsung memesan ojek pangkalan saja.

Tips-2: Menurut saya, jika ingin benar-benar memaksimalkan berlibur di R Hotel Rancamaya, datanglah lebih awal sebelum jam check-in. Walaupun jam check in pukul 14.00, kita sudah bisa kok berenang atau bermain-main di arena taman. Mungkin bisa datang 1-2 jam sebelumnya agar berlibur disini jadi lebih maksimal

Tips-3: Jika ingin menikmati menu makanan di R Hotel Rancamaya, menurut saya lebih baik kita memesan per package saja. Misal package untuk sarapan atau makan malam atau makan siang langsung, apalagi jika membawa keluarga banyak. Untuk harga makanan per menunya, harganya lebih bisa jauh lebih mahal. Untuk makanan seperti soto ayam saja bisa sampai 70.000. Apalagi jika menu seperti spaghetti atau fettucini, bisa sampai dengan 80.000. Belum lagi dengan minumannya.

Menurut saya, kita bisa menikmati sejuknya udara, dinginnya air, pemandangan yang indah, dan beragam fasilitas liburan di R Hotel Rancamaya, tanpa harus jauh-jauh ke daerah puncak. Perjalanan ke puncak lebih jauh dan lebih macet, jadi bagi yang malas menempuh rintangan tersebut ke Puncak, bisa mencoba hotel ini. Selain itu, pelayanan di hotel ini pun juga cukup baik dan fast respon. Suami saya sempat bermasalah dengan Wifi di smartphonenya, dan saat menelepon receptsionist, mereka langsung mendatangi kamar tanpa perlu memakan waktu lama. Untuk itu, hotel ini saya rekomendasikan bagi teman-teman yang ingin berlibur bersama dengan keluarga besar.

Saya dan suami pun berencana ingin kembali menginap dan berlibur disini. Semoga ada rezeki lagi dan waktu untuk berlibur yang tepat. Ada yang mau coba juga yuk menginap dan berlibur disini?

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *