PENGALAMAN DAN TIPS MEMILIH MUA UNTUK PERNIKAHAN DI BANDUNG

Walaupun sudah 6 bulan berlalu dari waktu pernikahan saya, tapi saya berharap tulisan ini bisa membantu para calon pengantin yang sedang mencari MUA Wedding di Bandung atau Cimahi untuk hari spesialnya. Pernikahan saya sudah dilaksanakan pada 16 September 2018 di Gedung Masjid Abri, Cimahi, Jawa Barat.

Setahun sebelum menikah, saya sudah mulai mempersiapkan secara detail kebutuhan acara resepsi. Salah satunya adalah mencari MUA (Make up Artist) untuk wedding. MUA untuk wedding ini jadi salah satu hal yang buat saya pribadi penting. Kapan lagi ya bisa tampil cantik “cetar membahana”, kalau bukan saat pernikahan sendiri? Hehehe. Untuk itu, MUA untuk Wedding ini benar-benar saya cari yang sesuai dengan hati dan selera pastinya.

Sejujurnya, saya sudah mulai hunting dan cari tahu soal MUA Wedding di Bandung sejak 4 tahun sebelum menikah. Waktu itu saya berusaha mencari tahu soal harga-harga, agar ketika mendekati hari menikah, saya sudah mempersiapkan biaya untuk membayar MUA tersebut. Ternyata, harga MUA untuk wedding itu ya lumayan. Ada rupa ada harga. Semakin harganya rendah, ya rupa kita bisa jadi taruhan. Saya pun saat itu berpikir, pasti tidak ingin dong tampil saat hari bahagia, makeup luntur kemana-mana, belepotan, terlalu medok, sampai-sampai mungkin orang-orang tidak mengenal saya (saking panglingnya).

Baca juga : 5 HAL PENTING BAGI PENGANTIN SEBELUM MENYIAPKAN PESTA PERNIKAHAN

Pencarian saya pun terhenti di tahun 2017 saat mengenal akun instagram teh Deasy (Deasy Makeup, sekarang Deasy Fillah). Tahun 2015, sebenernya saya sudah pernah tanya-tanya soal harga ke teh Deasy melalui chat di Whatsapp. Tapi saat itu saya belum sreg, karena pilihan baju, model hijab, dan makeup teh Deasy belum seberapa bagus seperti sekarang. Tapi di tahun 2017, saya memastikan akan menggunakan jasa teh Deasy karena dia gak pakai cukur alis dan pastinya harga-nya juga masuk lah di budget pernikahan saya. Selain itu, di akhir tahun Desember 2017, teh Deasy juga memberikan harga diskon dan bonus sewa baju perdana. Ini bener-bener bonus banget buat saya karena ukuran badan saya yang besar jadi jarang yang menyewakan dengan ukuran saya. Untungnya teh Deasy berbaik hati mau membuatkan saya baju sewa perdana yang ukurannya pas dengan badan saya. Bahagia sekali rasanya.

Riasan dan tampilan saya bersama suami saat akad nikah

Waktu awal contact teh Deasy untuk booking tanggal dan membayar DP, saya sudah memastikan tanggal 2 September atau 6 September 2018 untuk hari pernikahan saya. Tapi sayangnya, di tanggal tersebut teh Deasy sudah ada yang booking. Demi bisa dirias oleh Deasy Fillah, saya pun akhirnya rela menggeser hari pernikahan di tanggal 16 September 2018. Saat itu secepat mungkin saya koordinasi dengan ibu saya yang ada di Cimahi, untuk segera memindahkan tanggal sewa gedung dan catering ke tanggal tersebut. Begitupun saya menghungi vendor fotografi serta wedding organizer untuk menggeser tanggal. Alhamdulillahnya semua bisa menyesuaikan.

Mempersiapkan Kebutuhan Hari H Bersama Tim Deasy Fillah

Beberapa bulan sebelum pernikahan, saya dan tim the Deasy sudah mulai berkoordinasi dan membicarakan persiapan. Saya sering bertanya, memastikan ini itu ke Teh Deasy dan alhamdulillahnya si teteh ini cukup sabar dan pengertian, saya pun jadi nyaman. Hehehe. Beberapa yang cukup penting yang harus dipastikan diantaranya seperti:

  • Memastikan ukuran baju saya dan suami, baik untuk akad atau resepsi
  • Memastikan model baju yang akan dibuat (dirancang bersama teh Deasy dan juga requst dari saya)
  • Memastikan model hijab yang akan dipakai nanti (saya request hijab yang menutup dada dan ala-ala malaysia atau brunei)
  • Fitting baju yang sudah jadi
  • Memastikan ukuran baju Ibu dan Bapak CPP/CPW dan modelnya
  • Memastikan ukuran baju dan modelnya untuk pagar ayu dan pagar bagus
Tampilan saya dan suami saat Resepsi Pernikahan

Yang jelas semua perintilan kebutuhan pendukung saya sudah mulai tanyakan kepada teh Deasy dan tim agar waktu hari H tiba, kita sudah tidak bingung dan sibuk lagi. Semuanya tinggal berjalan otomatis sesuai rencana. Jadi semua hal sudah saya catat di buku dan benar-benar memastikan semuanya sesuai rencana. Tim Deasy Fillah juga banyak membantu, karena menanyakan hal-hal yang penting pada saya seperti: pakai adat atau tidak, memastikan agar ukuran baju saya jangan sampai berubah (wkwkwkw), dan termasuk jenis kulit saya, apakah kering, berminyak, atau normal. Ini juga jadi hal penting, karena sepertinya teh Deasy memastikan jenis kulit agar makeup yang digunakan bisa menyesuaikan.

Baca juga : CALON MANTEN HARUS TAHU: 5 ANGGARAN UNTUK PESTA PERNIKAHAN BERKESAN

Hand boquete yang saya request ke Teh Deasy, sesuai dengan keinginan saya

Salah satu request saya untuk teh Deasy juga adalah soal Hand Bouqute. Seminggu sebelum hari-H teh saya request model bunga yang akan digunakan. Saya menunjukkan contohnya dari pinterest dan teh Deasy menyanggupi. Ternyata hasilnya memuaskan, sesuai dengan ekspektasi saya. Hehehe. Jadi bunga ini, ternyata dibuat oleh mamahnya teh Deasy. Super pokoknya!

Hari H Pernikahan, Berasa Paling Cantik Berkat Sentuhan Tangan Deasy Fillah

2 Hari sebelum resepsi, saya sedikit bad mood. Wajah saya tiba-tiba banyak beruntusan dan kemerah-merahan. Sepertinya masa-masa PMS datang dan akibat hormon yang tidak stabil, jadi berefek ke wajah. Saya pun coba contact teh Deasy, khawatir kondisi ini merusak makeup. Tapi, teh Deasy slow aja, dan bilang kalau kondisi tersebut tidak akan bermasalah. Jadi saya harus tenang saja. Hehehe.

Saat hari-H datang, rasanya semakin deg-degan. Teh Deasy dan tim pukul 05.00 pagi sudah siap semuanya di ruang makeup pengantin Gedung Masjid Abri Cimahi. Semuanya sudah siap, lampu sudah di set-up, peralatan Deasy Fillah juga sudah di siapkan di masing-masing meja. Saya bersama orang tua dan juga pagar ayu ketika masuk ke ruangan tinggal duduk manis menunggu Deasy Fillah merias saya.

Pembawaan teh Deasy yang tenang dan lembut, membuat deg-degan saya hilang. Selama dirias, saya pun juga benar-benar menikmati dan merasa tenang juga, padahal selama ini saya juga jarang sekali makeup. Sekitar 2 jam saya di makeup sampai dengan hijab selesai dipasang, saya pun benar-benar puas dengan hasil riasan teh Deasy. Riasan flawless dan simple yang saya inginkan bisa terwujud dari tangan teh Deasy. Tidak terlalu menor, tidak ada yang berlebihan, semuanya pas sekali. Gaun akad dan resepsi yang saya kenakan juga sangat pas, tidak kecil atau kebesaran, dan modelnya benar-benar sesuai ekspektasi saya.

Selama hari pernikahan ini berjalan, saya pun merasa paling cantik sendirian. Hahaha. Semua tamu juga memuji hasil makeup teh Deasy dan selesai acara banyak yang menanyakan pada saya siapa yang merias. Kebanyakan Ibu-ibu tetangga yang akan menikahkan anaknya ingin juga dirias oleh Deasy Fillah dan begitupun teman-teman saya yang akan menikah. Ternyata bukan hanya saya saja yang jatuh cinta dengan riasan teh Deasy, tapi keluarga, teman-teman, dan para tamu yang hadir hari itu.

Hasil riasan teh Deasy saat menuju acara Resepsi Pernikahan

Pelayanan tim Deasy Fillah juga bukan hanya saat pagi-pagi menuju akad atau saat rias menjelang resepsi. Tim teh Deasy juga ada yang berjaga sampai acara semuanya selesai. Saya juga sempat di touch up kembali saat siang hari setelah dzuhur. Jadi, wajahpun tak sempat berminyak dan tetap stay. Alhamdulillah, makeup saya pun seharian tidak cakey, pecah, dan luntur. Semuanya stay sampai akhir acara.

Salah satu alasan saya ingin makeup yang bagus saat pernikahan, bukan hanya ingin tampil cantik saat hari-H tapi juga ingin mengabadikannya dalam dokumentasi foto pernikahan. Rasanya kebahagiaan sendiri saat melihat foto kita sedang cantik-cantiknya yang terkenang sepanjang masa.

Tips Memilih MUA untuk Wedding

Memilih Deasy Fillah untuk makeup wedding saya, rasanya sangat memuaskan dan bahagia. Dari pengalaman ini, ada beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk para calon pengantin yang sedang memilih MUA juga untuk pernikahannya.

  1. Tentukan Budget Maksimal

Urusan budget adalah hal yang paling dasar dalam merencanakan acara pernikahan. Untuk itu, coba survey berapa harga pasaran MUA untuk Wedding di daerah masing-masing. Saya sendiri pernah meriset kecil-kecilan, harga MUA di Bandung yang kualitasnya lumayan bagus rata-rata antara 10juta-20 juta dengan paket lengkap rias pengantin, sewa baju, sekaligus untuk orang tua juga pagar ayu atau pagar bagus. Jadi, dalam menentukan budget maksimal untuk kebutuhan MUA Wedding ini pun jangan asal-asalan. Ya bisa saja kita dapat harga rendah, tapi bagaimana dengan kualitasnya?

Saya sendiri mendapatkan harga miring waktu booking di Deasy Fillah akhir tahun serta mendapatkan bonus spesial. Yang biasanya belasan juta, saya bisa dapat kurang dari itu. Tentunya setiap tahun ada penyesuaian ya. Jadi pastikan kamu menikah di tahun kapan. Hehehe.

  1. Tentukan Standart dan Konsep Makeup Ala Kita Sendiri

Setelah tahu budget maksimal kita untuk MUA ini berapa, tentukan juga standart dan konsep yang kita inginkan seperti apa. Saya sendiri gak aneh-aneh sih konsepnya. Karena konsepnya modern, minimalis, dan tanpa adat, jadi makeup flawless tapi tetap segar pun jadi pilihan. Klien teh Deasy sendiri pernah ada yang request dengan konsep ala-ala korea, atau sunda yang bibirnya merah merona. Nah, konsep ini harus kita tentukan sebelum nantinya kita diskusi dengan MUA yang kita pilih. Hal ini pastinya memudahkan MUA untuk tahu keinginan kita dan kita pun dengan enak bisa diskusi dengan pihak MUA. Nggak ngawang-ngawang gitu lho bahasa lainnya.

  1. Jangan Malas Mencari dan Membandingkan

Kalau kalian tahu bagaimana saya menemukan Deasy Fillah, itu berkat pencarian satu demi satu akun MUA di Instagram sejak tahun 2015. Hehehe. Saya menelurusuri hashtag dan juga berbagai jenis akun, seperti #MUABandung #MUAWeddingBandung #RiasPengantinBandung #RiasPengantinMuslimahBandung, dan lain sebagainya, hehehe. Sedikit melelahkan kadang juga saya diskusikan dengan teman saya yang juga akan menikah di tahun yang sama. Kita saling berdiskusi, membandingkan harga dari tiap pencarian kita masing-masing, sampai-sampai kita buat group sendiri untuk bahas ini. Intinya, jangan malas mencari dan membandingkan sampai ketemu yang pas dengan selera kita, ya. Untuk itu, lebih baik kalian merencanakan dan mencarinya jauh-jauh sebelum hari-H pernikahan. Apalagi jika MUA yang berkualitas, biasanya pasti ramai di booking oleh calon pengantin, bahkan satu tahun lebih sebelum hari H datang.

  1. Cari MUA yang Dekat dengan Tempat Acara

Pastikan juga MUA yang kita pilih bisa menjangkau tempat acara atau tempat kita tinggal. Hal ini supaya meminimalisir terjadinya keterlembatan atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Jika tempat MUA dekat, tentu lebih enak dan kita mudah untuk koordinasi dengan mereka.

  1. Jangan Terjebak oleh Harga

Harga yang tinggi (di atas rata-rata harga pasaran), belum tentu hasilnya selalu bagus. Jadi, jangan sampai kita terjebak harga tinggi. Jika ada vendor yang menawarkan harga tinggi dan kualitas bagus, jangan lupa kita melihat lagi ke budget yang sudah kita tentukan. Jika ternyata tidak masuk, maka cari kembali dengan kualitas yang tidak begitu jauh namun harga masih bisa menyesuaikan dengan budget kita. Ini cukup melelahkan, tapi percayalah bahwa hal ini harus kita lalui jika ingin harga yang pas tapi kualitas yang berkelas.

  1. Cari Tahu Lebih Lanjut Lewat Portofolio

Selain melihat harga, cari tahu juga portofolio MUA tersebut. Apakah bagusnya konsisten? Ataukah bagus untuk hanya pada yang wajahnya tertentu saja, tapi di wajah lain terlihat cakey, menor banget, dan gak pas? Nah melihat portofolio ini penting ya. Jangan sampai terlewatkan. Kalau bisa sih, sampai kita berkunjung juga ke gallery-nya. Lihat-lihat hasil riasan di foto-foto yang terpampang, gaun atau baju yang sesuai dengan kita, bahkan kalau kurang puas coba saja test makeup. Tapi ingat ya, test makeup bisa dilakukan kalau kita sudah fix menggunakan jasa MUA Wedding tersebut.

  1. Pastikan Fasilitas yang Akan Didapatkan

Biasanya, MUA tidak hanya memberikan fasilitas merias saja. Ada juga MUA yang menyediakan hand bouquete, jasa sewa baju, bahkan sampai ada yang menyiapkan juga treatment untuk pranikah bagi CPW. Jika teman-teman mendapatkan harga, pastikan semua fasilitas yang akan diterima termasuk bonus-bonus yang juga akan diberikan pada kita.

  1. Segera Booking Jika Sudah Sesuai dengan Selera

Jika harga, kualitas, dan fasilitas semuanya sudah sesuai dengan selera, jangan ragu untuk segera booking dan membayar DP. Pastikan tanggal dan waktu yang kalian booking sudah sesuai dengan tanggal pernikahan teman-teman. Jangan sampai kita menyesal tidak bisa mendapatkan MUA terbaik versi kita karena terlambat booking.

Itulah sedikit pengalaman saya dalam mencari MUA untuk hari pernikahan saya. Segala pengalaman ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari MUA, khususnya MUA di Bandung atau MUA di Cimahi. Semangat ya….

Oya, kalian bisa juga baca tulisan saya tentang persiapan pernikahan di sini ya.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *