STAYCATION DI BOGOR, 2 HOTEL INI BISA JADI PILIHAN

Saat posting tulisan ini, saya jadi kangen ingin liburan. Terakhir liburan bersama suami adalah saat tahun baru 2019. Di awal tahun, kami memilih staycation di Bogor ketimbang daerah lainnya. Bogor lebih mudah di akses dari Jakarta dan gak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan. Toh tujuannya kan staycation sambil icip-icip jajanan khas disana. Jadi kami memilih liburan selama 3 hari 2 malam di Bogor.

Bogor jadi salah satu kota yang pas untuk liburan. Banyak hotel yang bagus dan murah, banyak jajanan enak, café-café yang juga murah tapi makanannya bervariasi, dan masih lebih sejuk dibandingkan Jakarta. Untuk itu saya memilih staycation di Bogor. Memang sih sekarang agak panas dan angkot-angkot banyak sekali berkeliaran di Bogor. Tapi entah kenapa, saya dan suami suka dengan kota ini. Sebenarnya selain staycation di hotel bisa juga lho kita menyewa villa, jika bersama dengan keluarga besar atau teman-teman yang banyak. Selain lebih leluasa, di villa juga bisa banyak aktifitas kebersamaan yang dilakukan. Ada banyak pilihan villa di bogor dengan harga yang terjangkau, coba klik aja di sini ya!

Nah, saya ingin membagikan sedikit liburan saya bersama suami saat awal tahun 2019 kemarin dengan staycation di dua hotel pilihan di Bogor. Rencananya, jika sudah mencoba hotel-hotel di Bogor kami juga ingin sesekali mencoba villa di Bogor, sih. Mudah-mudahan ini bisa jadi referensi teman-teman yang ingin liburan ke Bogor. Semoga bermanfaat ya.

Staycation di R Hotel Rancamaya

Sejak merencanakan akan liburan di Bogor, suami sudah pengen banget menginap di R Hotel Rancamaya. Sebelumnya ia pernah juga menginap di sini saat ada acara liputan. Karena ketagihan dengan nyamannya hotel ini, ia pun mengajak saya untuk berlibur di hotel ini. Alhamdulillah, ternyata menginap di R Hotel Rancamaya sangat mengesankan. Oya, sebenarnya tentang R Hotel Rancamaya ini sudah pernah saya review juga di tulisan Review R Hotel Rancamaya. Untuk lengkapnya, silahkan baca ya!

Staycation di Bogor nyaman di Hotel R Rancamaya
Suasana di dalam kamar R Hotel Rancamaya

Hotel ini ada di kawasan komplek perumahan elite Rancamaya yang ada di Jalan Rancamaya Utama, Kertamaya, Bogor Selatan. Perumahannya tidak terlalu ramai, banyak villa yang di sewakan, suasananya sangat hijau dan asri. Hotel Rancamaya sendiri terletak 2 Km dari gerbang utama.

Selain untuk staycation, di R Hotel Rancamaya kita juga bisa menikmati berbagai fasilitas. Mulai dari kolam renang yang lumayan besar, pemandangan gunung salak yang cantik, suasana yang sejuk, jauh dari polusi udara seperti di kota, makanan yang sangat banyak dan bervariasi, serta fasilitas outboand atau bermain anak dan keluarga yang juga sangat banyak. Untuk permainan sendiri ada yang berbayar dan ada yang gratis. Jika ingin menikmati komplek perumahan Rancamaya yang begitu luas dan hijaunya, kita juga bisa berkeliling dengan menggunakan sepeda yang dipinjam gratis dari hotel.

Staycation di Bogor di R Hotel Rancamaya yang sejuk dan asri
Suasana yang hijau dan asri di sekitar hotel R Rancamaya

Saat liburan disini, saya mengambil kamar Deluxe dengan harga sekitar Rp1,5 juta sudah include dengan sarapan. Di dalam kamar juga tersedia bathtub, balkon menghadap lapang hijau, dan sedikit pemandangan Gunung Salak. Dari dalam kamar, saya sudah bisa menikmati udara sejuk, pemandangan bagus, dan juga menikmati interior kamar yang simple tapi tetap menawan.

Untuk menuju R Hotel Rancamaya, bagi yang menggunakan kendaraan pribadi bisa mengambil jalur tol dan keluar dari tol menuju Ciawi. Dari gerbang tol tersebut, tidak jauh sudah akan masuk ke wilayah Jalan Rancamaya. Saya dan suami memilih menggunakan angkutan umum. Kami berangkat dari Jakarta menggunakan transportasi umum. Awalnya sempat terpikir untuk sewa mobil saja dari Jakarta selama kita liburan. Tapi akhirnya kita rubah rencana dan menggunakan ojek online dan kereta. Lebih hemat, lebih cepat, menghindari macet, dan tidak capek juga sih.

Staycation di Bogor yang lengkap sambil bermain bersama kelinci
Liburan di R Hotel Rancamaya, sambil memberi makan dan bermain bersama kelinci

Kami naik kereta dari Stasiun Tanjung Barat menuju arah Bogor dan berhenti di Stasiun Bogor. Dari stasiun Bogor kami pun langsung memesan taksi online untuk menuju hotel Rancamaya. Perjalanan dari rumah hingga ke hotel perkiraan sekitar 1 jam 30 menit. Oh ya, sedikit tips, untuk memudahkan memesan taksi online dari stasiun Bogor lebih baik titik penjemputan dari DPRD Kota Bogor saja. Karena jika dari titik stasiun sangat macet dan akan sulit berhenti.

Melanjutkan Staycation di Hotel Amaroossa Bogor

Setelah menghabiskan waktu seharian di R Hotel Rancamaya yang berada di pinggiran kota Bogor, kami pun sedikit bergeser ke tengah kota. Hotel Amaroossa ini juga pilihan Bapak Suami. Letaknya persis ada di depan Tugu Kujang Bogor yaitu di Jalan Otto Iskandardinata 84.

Staycation di Bogor di Hotel Amaroossa Bogor
Tugu Kujang dari Jendela Lantai-6 Hotel Amaroossa

Hotel ini letaknya sangat strategis karena sangat dekat dengan terminal Baranangsiang Bogor, kampus IPB Pajajaran, Mall Botani Square, pusat belanja oleh-oleh di Bogor, dan juga sangat dekat dengan Istana Presiden juga Kebun Raya Bogor. Selain itu, di sepanjang jalan Pajajaran Bogor dan sekitarnya sangat banyak sekali café-café kekinian yang makanannya juga enak dan murah. Jadi, sangat lengkap sekali kalau kita ingin menikmati liburan di kota Bogor dan menikmati berbagai tempat tujuan disini.

Staycation di Bogor, nuansa mewah di Hotel Amaroossa Bogor
Nunsa kamar di Hotel Amaroossa Bogor

Berbeda saat di R Hotel Rancamaya yang cukup jauh dari mana-mana, kami pun tidak sempat kemana-mana lagi selain menikmati kamar hotel dan suasana hotel. Di Hotel Amaroossa kami bisa jalan-jalan menikmati malam di Bogor dan mampir-mampir belanja di sekitar hotel.

Yang paling unik dari Hotel Amaroossa Bogor, menurut saya adalah design interior dari kamar hotel. Nuansa Eropa dengan sentuhan warna-warna keemasan yang mewah membuat saya cukup betah berlama-lama di hotel ini. Walaupun ini hotel lama di Bogor, tapi saya bisa menikmatinya dan seperti berada pada kamar istana. Bukan hanya tempat tidur, sofa, furniture saja yang bernuansa keemasan mewah, bahkan sampai di kamar mandi pun memiliki nuansa yang sama.

Nuansa keemasan yang mewah di dalam kamar Hotel Amaroossa

Sebenarnya, seperti di Rancamaya, saya pun ingin mencoba berenang di hotel ini. Namun sayang saat saya dan suami datang, ternyata kolam renang sedang dalam perbaikan. Akhirnya pagi-pagi pun kami malas keluar dan memilih di kamar menikmati pemadangan kota Bogor dari jendela kamar. Setelah itu, kami pun sarapan pagi pada pukul 09.00 di restoran yang ada di lantai dasar.

Menu variatif di hotel Amaroossa saat staycation di Bogor
Salah satu menu yang ada di Restorant Hotel Amaroossa

Untuk makanan yang disajikan cukup bervariasi namun masih lebih banyak yang disajikan hotel Rancamaya. Ya wajar saja, karena harganya pun berbeda. Saat menginap semalam disini, saya mengambil kamar dengan harga sekitar Rp800.000,00 sudah include sarapan. Untuk rasa makanan yang disajikan pun, biasa saja. Tidak terlalu enak, tapi juga tidak bisa dibilang tidak enak. Cukup untuk bisa dinikmati dan mengenyangkan perut saat pagi hari.

Untuk teman-teman yang ingin berlibur di kota Bogor, tentu menginap di Hotel Amaroossa bisa menjadi alternatif bagi kalian ya. Sangat dekat dengan berbagai destinasi di kota Bogor dan sangat banyak sekali kuliner di dekat sini. Oya, dari Hotel Amaroossa menuju stasiun Bogor juga sangat dekat. Jika menggunakan kendaraan pribadi, taxi, atau ojek online bisa ditempuh hanya dalam waktu 5-10 menit saja.

Destinasi Lainnya di Kota Bogor

Selain menikmati berbagai destinasi di pusat kota Bogor, kita juga bisa sekalian berkunjung ke beberapa titik lainnya lho yang dekat dari Hotel Amaroossa. Beberapa diantaranya adalah:

  • Istana Presiden dan Kebun Raya Bogor
  • Jungle Water Park, di Bogor Nirwana Boulevard, Bogor Selatan
  • Devoyage, Bogor Nirwana Boulevard, Bogor Selatan
  • Jungle Land di Sentul
  • Wisata alam di Puncak, Kabupate Bogor

5 destinasi di atas adalah wisata alam dan hiburan yang bisa juga dinikmati bersama keluarga. Selain dari tempat-tempat tersebut, tentu masih banyak lagi yang bisa dikunjungi salah satunya kuliner di kota Bogor. Sangat banyak sekali list kuliner yang bisa dicoba, dan menariknya harganya sangat terjangkau dan cukup berbeda dibanding di Jakarta. Untuk referensi kalian bisa coba klik di 10 Tempat Wisata Kuliner Bogor ya.

Untuk itu, hal ini yang membuat saya tidak ragu untuk berlibur ke Bogor. Selain dekat dari Jakarta, banyak tempat yang bisa dikunjungi, liburan berkesan pun bisa didapatkan dengan budget hemat. Nah, adakah yang ingin berlibur di Kota Bogor juga? Rencananya mau kemana saja nih? Share juga pengalaman dan destinasi teman-teman ya!

You may also like

22 Comments

    1. Wah senangnya bisa staycation di Bogor sekaligus di 2 hotel bareng suami😍..btw hotel R Rancamaya itu pasti mewah ya..kalo liat dari rate nya. N tuk hotel amaroosa strategis banget tuh kayaknya lokasinya..dekat kemana2. Saya pernah beberapa kali berkunjung ke Bogor tapi belum pernah nginap di hotelnya karena disana ada rumah kerabat. Tfs mba annisa. Nice article😘

  1. Bogor suka jadi pilihan kami sekeluarga kalau lagi pengen ngadem, tapi gak mau yang jauh. Apalagi sekarang ke Bandung aja macet banget. Naik kereta juga lumayan ongkosnya. Mendingan ke Bogor aja, deh 😀

  2. Asyiknya Mbak Annisa menginap di Hotel Rancamaya Bogor. Semalam tarif kamarnya 1,5 juta ya yang deluxe? enak pemandangannya Gunung Salak 🙂 Pasti lengkap ya fasilitasnya kan sesuai dengan harganya. Apalagi kalau kolam renangnya gede wuuiiih betah deh ogah pulang hehehe 😀

    1. Aku cuma semalam mbak, betah deh hehehe. Pengennya gak pulang pulang. Ini pas banget buat refreshing dan liburan lengkap. Udaranya sejuk, dingin, buat anak anak juga banyak fasilitas bermainnya

  3. Aku tuh penasaran dengan Amaroossa Mbak, sering lewat kok kayaknya cantik hotelnya tentara kayak kamar putri yaa..mana strategis juga lokasinya untuk liburan..

  4. Aku jarang banget main-main ke Bogor. Suami aku udah nolak duluan tiap aku nyebut kata Bogor karena bayangan dia males macet. Padahal kan asik ya. Naik umum aja, seru. Ga pakai mahal

  5. Padahal pas pulang ke Depok lebaran kemarin, pengen eksplor Bogor termasuk nginap di sekitaran Puncak atau Cibodas dan Cisarua. Apa daya anakku belum libur sekolah. Masuk sekolah 2 hari udah langsung ujian. Beda kayak Jakarta dan Pulau Jawa yang emang udah selesai ujiannya.

  6. Dari semua wana wisata lainnya, lima tersebut itu hanya puncak kab. Bogor yang sudah pernah saya kunjungi. Kebetulan jalan kalah ke ibukota hehehe.
    Yg 4 lainnya wah saya belum pernah. Semoga ada kesempatan dan bahkan bisa staycation di hotelnya hehehe

  7. Amaroosa saya sudah pernah coba nih, itupun karena tugas kantor. ahahahah
    Berikutnya berarti R Hotel rancamaya. Senang deh kalau ada panduan menggunakan kendaraan umum gitu. Saya juga bukan orang yang terlalu suka pergi dengan kendaraan pribadi soalnya (karena memang nggak punya juga)

    1. Ke hotel Rancamaya menggunakan kendaraan umum emang agak sulit pulangnya mas hehehe. Makanya, harus order gojek lokal situ sebelum mau pulang. Baru bisa order ojek atau taxi online setelah keluar perumahan

  8. Kalau mau ke Bogor, sebetulnya saya punya adik di sana yang tinggal di sekitar Bogor Raya Residence, jadi tidak pernah terpikir menginap. Tapi kalau ada pilihan wisata, saya selalu penasaran dengan The Jungle Waterpark, karena konon waterparknya lebih bagus daripada waterpark di kota saya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *