OPERASI LASIK, ALTERNATIF SOLUSI UNTUK MATA LEBIH SEHAT

Karena memiliki teman yang bermata minus dan berencana untuk melakukan operasi lasik, saya pun jadi mempelajari dan mencari tahu lebih dalam tentang lasik mata. Walaupun saya belum membutuhkannya, mungkin saja kedepan bisa bermanfaat.

Sampai usia saat ini, Alhamdulillah saya memiliki mata yang normal. Beberapa kali check mata, tapi tidak ada minus atau plus ataupun silindris di mata saya. Saya masih bisa melihat dengan normal tanpa perlu bantuan kacamata ataupun contact lense.

Namun, saya memiliki teman yang matanya mengalami minus dengan minus di angka 5. Jika melepas kacamata ia sudah tidak bisa melihat dengan jelas, penglihatannya jadi blur dan jika diteruskan maka akan pusing. Beberapa kali ia juga mengeluh, terutama saat harus berkendara dan melihat layar laptop.

“Rasanya ingin lepas kacamata karena berat. Tapi jika tidak pakai kacamata, bagaimana saya bisa melihat dengan jelas?”, ungkap teman saya dengan mata minus 5 tersebut.

Dari SD ia sudah memakai kacamata. Lama semakin lama, minusnya semakin bertambah hingga sekarang ia mengalami minus-5. Bahkan, menurut dokter bisa jadi minusnya bertambah hingga usianya semakin bertambah. Sebenarnya dengan memakai kacamata, ia tetap bisa melihat. Namun terkadang kelelahan dan berat juga dirasakan, sehingga tidak nyaman jika sedang beraktifitas.

Profesi ia sehari-hari adalah sebagai seorang designer. Penglihatannya harus detil, tidak boleh salah hingga ke bagian gambar yang sifatnya mikro. Ia bercerita bahwa terkadang penglihatannya sulit jika melihat gambar-gambar detail, padahal sebenarnya itulah yang dibutuhkan seorang designer.

Sebagai orang yang tidak berkacamata dan belum pernah menggunakan contact lense, saya pun belum  bisa merasakan bagaimana rasanya menjadi teman saya. Tetapi, saya pernah mencoba membayangkan saat melihat kamera dengan gambar blur karena lensa yang tidak fokus atau terlalu jauh. Ya begitulah rasanya, karena bekerja lensa kamera tidak jauh dengan mata kita.

Karena kondisi yang tidak nyaman ini, teman saya pun terpikirkan untuk melakukan operasi lasik. Awalnya dia sempat ragu, namun setelah berkonsultasi dan juga mempelajari tentang lasik mata, ia pun bertekad dan memberanikan diri untuk menjalankannya.

Operasi Lasik, Alternatif Solusi Untuk Mata Lebih Sehat

Tentang lasik, sebenarnya sudah tidak asing di telinga saya. Selain karena teman saya ini sering menceritakan rencananya untuk lasik, saya pun jadi penasaran untuk mencari tahu tentang lasik itu sendiri.

LASIK semakin sering didengar banyak orang dan digembor-gemborkan sebagai solusi permanen untuk bebas dari alat bantu baca. Sesuai namanya, LASIK sebagai singkatan dari Laser-Assisted in Situ Keratomileusismerupakan operasi yang menggunakan laser untuk memperbaiki kelainan refraksi pada mata sepeeti mata minus (rabun jauh), plus (rabun dekat) atau silinder. (Sumber : KMN EyeCare)

Operasi lasik dilakukan dengan menggunakan laser untuk koreksi fungsi penglihatan pada mata. Prosedur ini tujuannya untuk memperbaiki kesalahan bias dan membentuk kembali kornea mata. Tujuannya, cahaya dapat jatuh pada kornea dengan fokus pada retina. Jika ini berhasil, maka sebenarnya kacamata ataupun kontak lensa bisa ditinggalkan.

“Ini bisa jadi keuntungan bagi aku. Jadi gak perlu pakai kacamata atau contact lense. Apalagi aku kadang suka iritasi dan gatel gitu kalau pakai lensa. Pengen sih saat saya sedang menggambar design atau saat sedang berkendara, bisa lebih fokus tanpa kacamata”, cerita teman saya tentang lasik mata.

Yang Harus Diketahui Tentang Lasik Mata, Sebelum Lakukan Tindakan

Dari obrolan saya bersama teman yang akan melakukan Lasik Mata, sayapun mencoba mencari tahu lebih dalam tentang syarat apa saja yang harus dilakukan sebelum melaksanakan lasik. Ternyata memang tidak boleh sembarangan dan harus melalui pemeriksaan medis terlebih dahulu. Beberapa persyaratan tersebut adalah:

  • Usia harus diatas 18 tahun
  • Kedua mata harus dalam keadaan sehat, tidak dalam iritasi atau terkena masalah kompleks lainnya
  • Jika menggunakan soft contact lense, maka harus melepasnya selama 14 hari sedangkan jika menggunakan hard contact lenser harus dilepas selama 30 hari berturut-turut sebelum melaksanakan tindakan
  • Pasien tidak boleh sedang dalam kondisi hamil dan menyusui
  • Sebelumnya, disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu pada dokter, agar tindakan yang dilakukan tepat

Walaupun operasi lasik menjadi populer di kalangan masyarakat saat ini untuk perbaikan penglihatan, namun ada juga beberapa orang yang bisa mengalami efek samping tertentu dan juga komplikasi. Untuk itulah, betapa penting untuk bisa konsultasi dan pemeriksaan terlebih dahulu oleh tim dokter yang ahli.

Beberapa orang merasa khawatir dan takut saat sebelum melakukan operasi lasik. Ada juga mitos-mitos yang beredar hingga membuat orang malah menghindari lasik mata. Misalnya saja, khawatir malah terjadi kebutaan setelah operasi lasik. Padahal sebenarnya belum ada kasus yang membuat kebutaan karena lasik. Selain itu, proses lasik pun juga dilakukan secara aman.

Banyak juga yang merasa takut saat akan melaksanakan lasik karena khawatir malah akan merasakan sakit. Namun sebenarnya, lasik adalah metode yang cukup efektif dan tidak akan sakit karena telah dilakukan bius mata.

Jika pasien merasa gugup, dokter juga bisa memberikan obat penenang dosis rendah untuk membuat pasien lebih santai. Tentunya semua ini dilakukan setelah proses check medis dan dipastikan terlebih dahulu kondisi pasien ya.

Lasik Mata di KMN EyeCare

Dari teman saya yang mau operasi lasik, saya mendapat informasi bahwa sekarang sedang ada promo Biaya Lasik Matadi KMN EyeCare sampai tanggal 31 Mei 2019 dari 33juta sekarang mendapat potongan menjadi 27juta! Jadi, KMN EyeCare ini dulu bernama Klinik Mata Nusantara. Teman saya ini tertarik untuk bisa operasi lasik disana karena fasilitasnya yang sangat lengkap dan berstandar internasional apalagi ditangani oleh dokter spesialis mata yang sudah teruji.

Kadang saya suka males ya untuk ke klinik atau rumah sakit, karena harus menunggu lama dan antri. Namun, teman saya yang mau operasi lasik cerita tentang pelayanan di KMN EyeCare bahwa disana sangat nyaman. Ia pun jadi tidak ragu untuk ke KMN EyeCare karena pasien pun dibuat nyaman saat menunggu karena ada banyak fasilitas seperti: penyediaan minuman dan snack, area yang bersih dan nyaman, WiFi gratis yang cepat, dan kita bisa menunggu dengan santai.

Lokasi KMN EyeCare saat ini sudah ada di Kemayoran, Kebon Jeruk, Jakarta Selatan, Pantai Indah Kapuk, dan ada juga yang di Semarang. KMN EyeCare juga memiliki layanan lasik, katarak, retina, glaukoma, strabismus (mata juling) dan oftalmologi umum. Jadi, ketika datang kesini layanannya cukup lengkap tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. Bukan hanya sekedar mengobati mata tetapi KMN EyeCare juga melayani pasien untuk perawatan mata, lho!

Layanan di KMN EyeCare

Oh ya, saya juga baru tahu kalau Yuki Kato pernah melakukan lasik di KMN EyeCare. Coba check videonya disini ya. Siapa tahu berguna juga untuk kalian yang ingin Lasik Mata dengan nyaman dan aman.

You may also like

26 Comments

  1. lumayan juga ya potongannya sampe lebih dari 5 juta, tertarik bangeet sama lasik ini apalagi kalo udah ngerasain penglihatan blur blur tuh ga enak banget, sayang masih belm terjangkau

  2. Teman sdku banyak yang cacat mata sampai -5 -8. Tapi sekarang mereka sudah tidak pakai kacamata lagi. Bisa jadi melakukan operasi lasik ini ya. Wow dengan diskon 5 juta pasti lebih membuat pasien hepi. Trims infonya Kak. Aku mau rekomendasikan untuk teman-teman yang tertarik dengan Lasik

    1. Wah makasih kak udah mau rekomendasiin. Emang di KMNEye Care ini udah banyak yang berhasil operasi lasiknya. Banyak artis dan public figure juga yang kesini. Mudah-mudahan rezekinya buat operasi ya hehehe.

  3. yes lasik solusinya. kebayang ga enak banget kak minus 5. aku yang minus 1 aja ga enak liat jauh ya bebayang karna ada silinder. biaya lasik mayan tapi kak hehe demi pengliatan ya kak, mata mah penting banget

  4. aku uda lama banget denger info tentang Lasik ini, tapi rada takut juga untuk menjalaninya. tapi kata teman dan saudara yang sudah menjalaninya, katanya aman. tapi masih beum berani, euy, hihihi

    1. Iya kak banyak yang awalnya takut tapi pas udah selesai malah katanya ga sakit dan gak ada apa-apa. Manfaatnya juga besar banget. Mungkin harus banyak ngobrol sama teman-teman yang udah pernah operasi lasik ya, hehehe

  5. Pernh gk ada yg operasi mata secara lasik terus ada efek samping gtu?atau misal gagal?ngeri2 sedap juga kl kebayanginnya

    1. Sejauh ini sih belum pernah denger kak yang jadi efek samping atau masalah. Yang penting harus check dan konsultasi dulu ke dokter dulu sebelum operasi lasik supaya penangannya tepat

  6. The first time baca tulisan HARD CONTACT LENS? Wah harus searching nih soalnya penasaran akut. Infonya keren banget mbak, Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *