COBAIN KULINER, OLEH-OLEH, DAN JALAN-JALAN DI PALEMBANG YUK!


Pernah gak kalian merasa bangga banget jadi orang Indonesia? Walau banyak problema dan berbagai masalah sosial yang muncul, kita masih wajib berbangga jadi orang Indonesia. Bukan cuma beragam suku bangsa dan bahasanya aja, tetapi Indonesia juga kaya sama budaya. Di masing-masing daerahnya aja, ada banyak jenis baju adat, tarian, bentuk rumah, dsb. Belum lagi kulinernya. Misalnya saja nih ya, di Sumatera. Walaupun satu pulau, tapi beda provinsi, beda daerah udah beda lagi bahasanya. Beda juga adat dan tradisinya. Jadi kalau kita jalan-jalan keliling Indonesia, entah ada berapa jenis makanan yang akan kita jumpai. Semuanya beda-beda dan semuanya punya kekhasan tersendiri.

Salah satu destinasi yang bisa kita kunjungi dan coba berbagai macam kulinernya yaitu Palembang. Sebagai wanita yang punya darah Sumatera, tiap mudik ke kampung halaman Ayah saya di Medan, kami dulu pernah road trip dan mampir di Palembang. Menurut Ayah dan Ibu saya, makanan khas Palembang itu bikin ngangenin. Apalagi disana juga ada saudara yang bisa dikunjungi. Jadi mau gak mau, icip-icip makanan dan kulineran jadi agenda wajib.

Kuliner Wajib Coba Asli Palembang

Nah buat teman-teman yang belum pernah ke Palembang, saya ingin coba mengenalkan beberapa makanan khas di Palembang. Walaupun belum sempat ke daerah sana, gak apa-apa. Siapa tahu nanti ada kesempatan berkunjung ke Palembang atau kalian bisa cari restoran yang menjual kuliner khas Palembang di kotamu sendiri. Oke, siap-siap ngiler ya!

  • Pempek

Siapa sih ya, yang gak tau makanan satu ini. Pempek ini salah satu makanan yang banyak di jual di berbagai daerah. Jadi walaupun gak ke Palembang, mudah dong nemu pempek. Tapi jangan salah, Pempek yang enak biasanya yang benar-benar asli dari Palembang. Jadi, pempek asli Palembang itu biasanya sangat terasa ikannya. Bumbunya atau kuahnya pun juga lebih pekat dan pedas.

Salah satu pempek yang terkenal di Palembang adalah Pempek Pak Raden. Franchisenya juga ada dimana-mana dan ada juga di kota-kota besar di Indonesia. Saya pernah sih nyobain Pempek Pak Raden yang ada di Jakarta. Rasanya lumayan enak, asli buatin orang Palembang plus harganya juga lumayan. Hehehe.

Tapi kalau di Palembang, biasanya rata-rata harganya Rp3000/buah. Coba aja datang ke salah satu tempatnya di Jalan Radiah Bukit Kecil, Palembang.

  • Tekwan

Selain pempek, wajib banget nyobain tekwan khas Palembang. Buat yang belum pernah makan tekwan, makanan ini mirip sama bakso, tapi rasanya ikan dan bentuknya gak bulet. Makannya biasanya dengan mie putih atau bihun, kuah bening, jamur merang, dan paling enak kalau ditambah kerupuk asli palembang atau mungkin kerupuk kemplang.

Tempat yang recommended untuk coba makanan satu ini biasanya ada kedai-kedai pempek atau boleh juga coba Pempel Lince yang ada di Jalan Tugumulyo, Ilir Timur. Harganya mulai dari 18.000/porsi. Harga nya murah, perut kenyang. Ya kan?

  • Martabak Palembang

Kalau martabak Palembang, biasanya hanya menyediakan martabak asin. Jadi jangan kebayang ada martabak manis seperti yang di jual abang-abang pinggir jalan ya. Martabak Palembang yang paling terkenal adalah Martabak HAR yaitu singkatan dari Haji Abdul Rozaq. Disingkat jadi HAR. Martabak HAR ini bervariasi, ada yang dari telur ayam atau telur bebek. Topingnya bisa sayur, daging sapi, kambing, atau yang spesial.

Kalau menurut saya, martabak Palembang itu mirip dengan roti canai yang disiram dengan kuah kari. Martabak ini juga punya kuahnya dan khas bumbu kari. Untuk pelengkap biasanya ada bumbu kecap dan cabe rawit biar makin nikmat makannya.

Martabak HAR ada di Jalan Inspektur Marzuki. Tempat ini bukanya dari subuh lho, mulai jam 05.00 sampai jam 12 malam. Untuk harga, tenang aja masih sangat terjangkau yaitu mulai 18ribu-45ribu.

Oleh-Oleh Dari Palembang

Nggak lengkap rasanya kalau udah jalan-jalan dan kulineran di Palembang, kita gak beli oleh-oleh khas dari Palembang. Di Palembang banyak lho oleh-oleh khas asli sana dan wajib banget kita beli untuk hantaran kerabat atau keluarga. Semacam mpek-mpek dan tekwan sebenarnya juga bisa dibuat oleh-oleh. Tinggal beli yang masih mentah atau frozen, jadi di rumah tinggal kita goreng dan sajikan dengan bumbunya. Tapi, untuk alternatif lainnya 3 oleh-oleh ini bisa kalian coba beli juga ya kalau kesana.

  • Kerupuk Palembang dan Kemplang

Di Palembang, ada banyak makanan khas selain dari Pempek. Misalnya saja, kerupuk dan kemplang khas Palembang itu juga sangat enak untuk buah tangan saat pulang dari Palembang. Kerupuk khas Palembang itu sangat terasa sekali aroma ikannya. Kalau kemplang, biasanya dibuat dari panggangan. Berbeda dengan kerupuk-kerupuk lainnya yang pernah saya coba di perkotaan, khususnya di Jakarta. Biasanya Cuma ada rasa micin hehehe.

  • Kain Songket Palembang

Selain bawa kerupuk, bisa juga beli kain songket khas Palembang. Biasanya kain songket yang pembuatannya benar-benar dengan cara tenun tradisional harganya lebih mahal, bisa jutaan rupiah. Tapi selain yang harganya di atas jutaan, tentu masih ada kok yang terjangkau. Coba cari saja di pasar-pasar tradisional di Palembang. Pasti ketemu banyak. Karena walaupun dari sesama Sumatera, kain songket Palembang ini beda dengan songket-songket dari daerah Sumatera lainnya.

  • Kue Khas Palembang

Ada banyak jenis kue lho di Palembang. Kue-kue ini juga bisa jadi oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga. Misalnya saja kue maksuba, bolu suri (mirip bika ambon dari Medan), kue depalapan jam, dsb. Pilihan kue-kue ini bisa jadi alternatif oleh-oleh juga kalau habis jalan-jalan di Palembang, karena jarang banget dijual di kota lainnya.

Sempatkan Menginap dan Menikmati Nuansa Kota Palembang

Gak asyik ya kalau berkunjung ke satu kota tapi kita belum merasakan menginap disana. Nah, coba untuk menginap walaupun semalam saja di Palembang. Jalan-jalan malam di sekitar kota Palembang juga bagus kok, bisa mampir ke jembatan yang ada di sekitar Sungai Musi. Biasanya lampu-lampu malam bisa bikin pemandangannya lebih cantik.

Untuk booking hotel di Palembang, tidak usah pusing-pusing juga. Kita bisa cari hotel yang harganya terjangkau dan fasilitas yang lengkap di pegipegi. Langkah pemesanannya juga mudah, bisa via web atau apps nya pegipegi. Buat kalian yang mau cari hotel bintang 5 di Palembang atau penginapan murah di Palembang, juga sangat mudah lewat pegipegi.

Jadi, booking hotel lewat pegipegi ini biasanya suka banyak diskonnya. dan ada banyak penawaran menarik juga. Malah pegi-pegi ini memberikan jaminan harga terbaik dibanding pemesanan di tempat lainnya. Gak perlu banding-bandingkan harga lagi, karena biasanya udah good deal lah sama pegipegi.

Buat kalian yang suka travelling, pengen jalan kesana kesini, cukup cari hotel terdekat aja. Di pegipegi kita bisa menentukan hotel mana yang dekat dengan tujuan kita. Jadi fitur pencarian kita bisa sesuaikan dengan wilayah atau tempat favorit lainnya yang ada di kota tersebut. Misalnya aja kalau di Palembang, dekat dengan jembatan ampera, masjid agung Palembang, dsb.

Buat saya yang suka jalan-jalan, tugas ke luar kota atau kemanapun pergi ke berbagai daerah, pegipegi jadi solusi praktis untuk cari tiket pesawat atau kereta, hotel, dan beragam fasilitasnya yang menarik. Jadi gak perlu repot dan bingung lagi, kurang dari 5 menit dan transfer aja sudah di tangan deh tiketnya.

Nah, gimana? Tertarik buat mampir ke Palembang juga? Jangan lupa segera booking hotelnya ya. Kalau jalan ke Palembang juga, barengan yuk, makan mpek-mpek di Pak Raden! Hehehe.

Gambar diambil dari unsplash, pixel, dan google, diedit langsung oleh penulis

You may also like

27 Comments

    1. Waaah aku suka banget nih mpek-mpek sama tekwan. Kerupuk palembang juga suka. Kalau mpek-mpek dan kerupuk banyak yang jual ya di Jakarta. Kalau tekwan sepertinya susah.

  1. Ya mapun baca tentang martabar HAR langsunh ngences haha, secara aku pengabdi martabak 😀 blm ada kesempatan ke Palembang, tapi pingin banget sejak ada tol darat.

  2. Saya belum pernah ke Palembang, Mbak. Hanya sudah pernah hampir semua. Pekpek, martabak HAR, kemplang, Teakwan. Soalnya di Jakarta kan ada. Kecuali kue khasnya.
    Hanya kue khas belum. Semoga bisa langsung menyicipi langsung di Palembang.

    1. Palembang memang paling enak buat wisata kuliner. Mpek2 bakarnya selalu bikin kngen. Biasanya Kemplang memang oleh – oleh yg selalu dibawa kl habis dr palembang.

  3. Tertarik banget nih buat jalan2 ke Palembang, saya pernah nyobain empek2 Palembang dan kerupuknya krn dibawakan sama adiknya ibu yg lagi mudik, soalnya suaminya orang Palembang. Jadi pengen main ke Palembang deh

  4. Ngomongin kuliner khas Palembang, ternyata makan pempek asli dari palembang memang lebih enak loh. Daripada makan pempek yang buatan dari jakarta walau yang buat orang palembang.

  5. Aku baru sekali ke Palembang, ingin terus rasanya bisa ke Palembang. Pengen makan pempek murah setiap hari hahaha.

    Heran, rasanya pempeknya tetep enak walo harganya murah.

  6. Dari kuliner Palembang di atas, belum sempet cobain tekwan. Pas 2015 ke sana udah berencana makan martabak HAR. Apa daya perut mungilku ini udah nggak kuat lagi 🙁

    Untuk oleh-oleh, aku biasanya beli pempek yang di-vacuum.

  7. Saya suka Pempek Vico & Candy. Mainstream yah. Tapi memang cocok dinlidah. Martabak Har juga favorit. Tapi di Bandung juga ada cabangnya. Belum nemu tempat pindang juara kayak Palembang sih di jawa

  8. Saya suka banget pempek Palembang. Bahkan makan siang juga kadang makan pempek. Sebetulnya saya penasaran dengan kue-kue Palembang, terutama bolu suri. Tapi kayaknya gak ada yang jual di Jakarta.

  9. Pernah lho pesan pempek kirim online ke Bandung. Emang beda sih dengan pempek yang dijual di Bandung. Kalau martabaknya belum pernah nyicipin.
    Pengen juga wisata ke sana…

  10. Saya tetap bangga jadi orang Indonesia. Malah suka kesel kalau ada yang bilang, “Orang Indonesia tuh bla bla bla ..” Ya, maksudnya mengeralisir kalau orang Indonesia itu jelek.

    Belum pernah saya menginjakkan kaki ke Palembang. Tetapi, pernah dikirimin Pempek dari sana sama salah seorang teman. Enak banget pempeknya

  11. Duuuh sumpah aku ngiler berat baca postingan ini
    Semuanya makanan favoritku banget
    Itu tekwan menggoda sekali, Dimakan anget-anget, segarnyaaaaa
    Ingat pas ke Palembang dulu, aku tiap hari nyobain tekwan di warung makan yang berbeda. Dan semuanya enak

  12. Wow oleh2 Palembang aku doyan semua 😘 Pempek Pak Raden aku sukaaaaa 🤩 Kalau songketnya belum punya hehe. Enak ya zaman now pesen hotel praktis pakai Pegipegi aja.

  13. Banyak kukiner enak di Palembang ya, bukan hanya pempek aja. Aku pernah ke Palembang pulang pergi jadi nggak sempat buat eksplor semuanya. Next Kalo ke Palembang lagi mesti nih nyicipin semua makanan enak di sana.. 😀

  14. Aku pernah tinggal di Palembang waktu zaman sekolah pengen banget bernostalgia apalagi sekarang makin kece ada MRT, sayangnya tiket mahaaal huhu sedihhh

  15. Waaah aku suka banget nih mpek-mpek sama tekwan. Kerupuk palembang juga suka. Kalau mpek-mpek dan kerupuk banyak yang jual ya di Jakarta. Kalau tekwan sepertinya susah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *