PILIHAN HOTEL MURAH DI BANDUNG UNTUK STAYCATION

Hotel murah di Bandung. Walaupun saat ini saya tinggal bersama suami di Jakarta, tapi Bandung selalu jadi kota yang bikin saya selalu kangen. Kangen dengan suasananya, udaranya yang kalau malam masih sejuk, dan banyak destinasi menarik yang ada di Bandung. Belum lagi jajanan dan kuliner ala Bandung yang kadang susah ditemui di Jakarta. Dari kecil saya dibesarkan di kota ini, jadi rasanya kalau liburan sering sekali kepikiran ya ke Bandung aja.

Walaupun Jakarta-Bandung sebenarnya bisa ditempuh dengan pulang pergi, tapi sekarang ini Jakarta-Bandung dan sebaliknya lagi macet-macetnya. Lewat tol ya kena macet di area Bekasi-Karawang. Kalau lewat puncak ya sama aja. Kena juga macet ditambah jalurnya yang muter-muter. Jadi sebenarnya, enak kalau liburan di Bandung dari Jakarta, sekalian staycation aja. Cari hotel murah di Bandung, yang aksesnya mudah dan dekat ke destinasi liburan kalian. Misalnya aja hotel yang dekat dengan Stasiun Bandung, hotel dekat Cihampelas yang merupakan pusat belanja dan oleh-oleh di Bandung, atau hotel dekat dengan Bandara di Bandung.

Gak usah khawatir soal budget, hotel di Bandung masih banyak banget kok yang murah tapi kualitasnya bagus. Malah banyak juga hotel yang harganya bisa dibawah 500ribu sudah termasuk sarapan. Kalau biaya hotelnya murah, kan budgetnya bisa dibuat untuk belanja, beli oleh-oleh, atau kullineran. Pasti akan banyak tergoda belanja dan jajan deh kalau ke Bandung, hehehe.

Baca juga : Liburan Staycation di Bogor

Nah, sekalian saya juga ingin referensikan beberapa hotel murah di Bandung yang lumayan terjangkau harganya nih buat staycation. Tapi yang jelas masih sangat nyaman, aman, dan bisa lah menikmati untuk beristirahat sejenak

1. U Janevalla

U Janevalla ini adalah salah satu hotel spesial buat saya di Bandung. Selain karena pernah menginap sama suami waktu setelah nikah, hotel ini menawarkan jadwal check in check out 24 jam. Jadi kalau check in jam 13.00 ya keluarnya juga jam 13.00. Asik kan ya?

U Janevalla di sekitar Jalan Merdeka atau Jalan Aceh Bandung

Selain itu, U Janevalla juga punya restoran yang makanannya sangat variatif dan enak-enak. Makanya gak heran kalau selain menginap disini, banyak uga yang ke U Janevalla cuman untuk nikmatin menu restorantnya. Kalau soal kamar, nyaman banget dan nuansanya sangat modern. Lokasinya juga sangat dekat dengan mall Bandung Indah Plaza, Gramedia Pusat Bandung, pusat perbelanjaan lainnya, kawasan belanja di Dago, dan kampus ITB + UNPAD jalan Diponegoro.

2. Chara Hotel

Saya pernah menginap bersama teman di Chara Hotel. Hotel ini dekat dengan kawasan Jalan Buah Batu Bandung. Di kawasan ini dekat dengan berbagai macam kuliner, misalnya batagor riri, batagor kingsley, atau outlet-outlet yang berjejer di Jalan Buah Batu Bandung.

Hotelnya tidak terlalu besar, tapi cukup nyaman dan gaya design interior nya yang kekinian. Uniknya lobi hotel ini terpisah dengan masuknya kita ke Hotel. Jadi receptcionist ada di ruangan khusus tersendiri. Jadi kalau mau ke kamar, kita tinggal masuk ke lift khusus.

Chara Hotel

Di hotel ini juga tersedia fasilitas sauna dan spa. Ruangannya ada di bawah, sebrangnya receptionist dan parkiran. Untuk harganya saya waktu itu hanya membayar 350 ribu semalam dan sudah termasuk sarapan. Hanya sarapannya bukan prasmanan dan all you can eat ya, tapi memilih satu menu saja.

3. D’Batoe Hotel

Seperti namanya ya, dari depan sudah terlihat hotel D’ Batoe ini punya design unik dengan bebatuan alam. Menarik sih kalau dilihat dari depan. Harga menginap semalam jika dipesan dari apps traveloka sekitar 350ribuan. Lokasinya berada di Jalan Pasirkaliki Bandung yang sangat dekat dengan Bandara Husein Sastranegara dan Stasiun Bandung.

D Batoe Hotel, Jalan Pasirkaliki Bandung

Kalau kalian dari Jakarta dengan menggunakan mobil, hotel ini juga dekat dengan pintu tol keluar Pasteur. Pastinya karena lokasinya yang ada di Jalan Pasirkaliki, hotel ini dekat banget sama Istana Plaza dan juga pusat oleh-oleh Bandung di Jalan Pasteur.

4. Ibis Bandung Trans Studio

Siapa sih yang nggak tahu Trans Studio Bandung? Kalau membawa anak-anak atau ingin main ke Trans Studio, malamnya lebih baik staycation aja dulu di hotel ini. Harganya yang cukup terjangkau (sekitar 500ribuan) bikin kita gampang kalau mau kemana-mana, termasuk mau main di Trans Studio Mall nya.

Ibis Hotel Trans Studio Bandung

Hotel ini juga dekat dengan Stasiun Kiaracondong. Kalaupun ingin pulang dengan kereta di Stasiun Bandung, lokasinya juga gak begitu jauh kok.

5. Clove Garden Hotel and Residence

Hotel yang katanya akomodasi bintang 4 ini, ini menawarkan suasana yang sangat nyaman, udaranya sejuk, pemandangannya yang indah, dan dengan budget yang sangat terjangkau (mulai dari 450ribuan). Karena lokasinya yang cukup berada di ketinggian kota Bandung, jadi bisa menikmati pemandangan Bandung juga dari atas lho.

Clove Garden Hotel and Residence

Walaupun lokasinya yang cukup jauh dari keramaian dan pusat kota, tapi dari Clove Garden Hotel dan Residence ini cukup dekat kalau mau berwisata ke Taman IR H Juanda Bandung, Dago Pakar, Maribaya, Selsasar Sunaryo, Dago Tea House, dsb.

Kalau males kemana-mana, di hotel juga udah banyak banget tawaran aktifitasnya. Misalnya berkebun, kegiatan edukasi untuk anak-anak, kelas YOga di hari Minggu, dan playground yang bisa diakses gratis. Dengan harga yang sangat terjangkau ini, menurut saya hotel ini sangat recommended buat staycation keluarga atau buat kalian yang ingin honeymoon dan pengen suasana yang sepi-sepi jauh dari keramaian kota. Hehe.

6. The Naripan Hotel

The Naripan Hotel ini ada di wilayah Jalan Naripan Bandung yang sangat dekat sekali dengan Jalan Braga dan Asia Afrika. Buat yang tahu jalan Braga dan Asia Afrika di Bandung, ini landmark nya Bandung banget deh. Wajib banget berfoto-foto cantik di kawasan ini apalagi semenjak 5 tahun yang lalu, kawasan Asia Afrika makin instagramable banget. Kalau dari Hotel D’batoe gak usah susah susah pake mobil atau kendaraan, karena macet biasanya. Cukup jalan kaki aja udah bisa eksplor banyak tujuan disini.

The Naripan Hotel di Jalan Naripan Bandung

Bisa mampir juga malam hari untuk beli Sate Padang Cikapundung yang legendaris, atau mampir ke warung nasi bu Imas yang terkenal dengan makanan sundanya plus sambel yang wajib dicoba. Untuk kamar hotel sendiri harganya mulai dari 380ribuan.

Baca juga : Review R Hotel Rancamaya

Tips Memilih Hotel untuk Staycation di Bandung

Selain memilih hotel yang sesuai budget, saya ada beberapa tips bagi kalian yang ingin memesan hotel untuk staycation.

Pertama, untuk memudahkan pemesanan hotel, biasanya saya memesan langsung via traveloka. Biasanya saya akan cari dulu hotel yang dekat dengan lokasi tujuan saya. Misalnya untuk mencari Hotel murah di Bandung via Traveloka ada fitur near me. Jadi kita bisa cari hotel-hotel apa saja yang direkomendasikan oleh traveloka karena lokasinya dekat dengan kita atau tujuan kita travelling atau jalan-jalan. Kan ga enak ya, kalau lokasi hotel jauh dari tujuan kita jalan-jalan. Kecuali nih, kalau hanya ingin diam di hotel aja gak kemana-mana.

Kedua, cari hotel yang dekat dengan lokasi atau akses strategis. Misalnya dekat dengan stasiun, bandara, tempat belanja, dan akses yang ojek atau taxi online juga masih sangat mudah dicari. Kadang ada beberapa lokasi di Bandung yang susah dijangkau oleh ojek atau taxi online. adi, kalau tidak bawa kendaraan sendiri, bakalan lama nunggunya. Alternatifnya bisa memesan taxi biasa, tapi harus menunggu lama biasanya karena jarak juga.

Ketiga, kalau budget kalian terbatas tidak perlu memaksakan untuk pesan hotel dengan free breakfast. Yakin deh, kuliner di Bandung itu banyak banget dan murah. Jadi sebaiknya utamakan fasilitas kamar hotel dan kenyamanannya dibanding murah dan sudah ada fasilitas sarapan tapi kurang aspe kenyamanannya.

Keempat, kalau kalian butuh mencari hotel staycation tapi budget masih belum mencukupi atau baru ada budget bulan depannya, coba aja fitur paylater dari Traveloka. Fitur ini sudah ada di traveloka, sangat mudah daftarnya plus sudah dijamin keamanannya oleh OJK juga. Kita bisa membayar cicilan hotel atau cicilan tiket lainnya, mulai 100ribu per bulan. Tapi ingat ya, gunakan fitur ini secara bijak. Artinya memang sudah ada alokasi budget untuk membayar cicilannya. Kalau belum yakin ada, coba rencanakan dulu lebih baik.

Kelima, coba cari hotel via traveloka dengan fasilitas bayar di hotel atau reschedule. Ini bisa memudahkan kita kalau sewaktu-waktu ingin rubah rencana staycation atau ada pilihan hotel lain yang ingin kita tuju. Lebih mudah kan kalau untuk reschedule atau memang kita baru ingin bayar setelah di tempat?

Itu beberapa tips singkat saya untuk kalian yang ingin staycation. Kira-kira ada tips tambahan lagi? Mudah-mudahan bermanfaat ya. Selamat staycation dan liburan. Sebentar lagi, saya juga mau siap-siap nih jalan-jalan lagi ke Bandung dan cobain hotel lainnya di Bandung. Mau ikutan? Hehehe.

You may also like

35 Comments

  1. Asik dapet info hotel bagus dan menarik di Bandung lagi nih. Ada kolam renang nya juga pula. Cocok buat pilihan besok kalo mau nginep di Bandung lagi. Aku juga sering booking hotel pake traveloka, soalnya gampang dan udah pasti dapet kamar dengan harga pasti..

  2. Wah, patut dicatat nih. Siapa tahu perlu. Btw, U Janevalla tuh konsepnya unik. Boleh juga tuh kalau modelnya 24 jam, jadi mudah menyesuaikan jadwal check out dengan jadwal pesawat atau kereta.

  3. Pas banget nih bca blognya kk, pas wiken ini mau ke Bandung dan masih bingung mau nginap dimana. Ada sih sodara n temen tapi kurang enak ah klo buat nginep.
    Aku mupeng banget yang hotel pertamaU Janevalla kayana lebih asik gimana gitu.
    Oya kak, hotel di atas ada yang support kidsnya ga, mksdnya yang ada playground nya penting kan ini, masa ortu nya happy anaknya bingung, kan jadi ga seru ya.

  4. Ku tertarik dengan U Janevalla yang check in check out nya 24 jam..jarang lho hotel kek gini..1001 malah hihihi
    Juga rekomendasi hotel lainnya aku keep noted bisa jadi panduan kalau ke Bandung lagi.
    Dan pasti..pesannya lewat Traveloka 🙂

  5. waah boleh banget niih buat refrensi, pas banget bulan depan mau ke bandung.. jadi mau cobain sekalian ahh

  6. Mantap nih ulasannya, saya dan keluarga berencana untuk liburan ke Bandung. Informasinya berguna sekali. dari semua ulasan, Clove Garden kayaknya yang pas. Semoga bisa menginap di sana… Aamiin.

  7. saya suka hotel nomor 1, bisa inap 24 jam. biasanya di hotel lain kan udah buru2 beres2 begitu jam check out padahal belum 24 jam. berasa rugi gitu deh, haha

    1. Musti dicoba nih fitur travelokanya, soalnya aku suka banget traveling, jadi gampang yaa kemana-mana.

  8. Yg no 1 asyik juga tu 24 jam, eh kalau kita cek in malam, berarti bsok boleh keluar malam jg kan? 😀
    Hotel2nya ratenya juga lumayan ramah dompet yaa 😀
    Kali kalau ke Bandung bisa nginep salah satu hotel2 itu

  9. Kok nggak sekalian ratenya dicantumin, Kak?

    Yang hotel nomor 1 itu apa kalau check ini jam 5sore, check outnya juga jam 5 sore?
    asik banget dong kalau begitu

  10. Pengen cobain yang Janevalla ituu. Bisa 24 jam pula bookingnya. Cakep bangeet design kamarnya. Kalau pool juara yang Clove garden. Wah kudu sering2 cek harga di Traveloka ni biar dapet yang murah dan oke

  11. Aku senang banget baca ini dan merasa terbantu. Soalnya, dalam waktu dekat mau liburan ke Bandung, yeayyy. Setidaknya, aku dapat gambaran hotel mana nih yang oke buat dikunjungi. Thanks banget ya mba

  12. Wah terima kasih buat rekomendasi penginapan di Bandung. Akupun suka dengan daerah ini karena banyak tempat asyik untuk didatangi. Siap-siap booking deh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *