CANDI BOROBUDUR, TEMPAT BERBURU SUNRISE YANG MENARIK

Setelah acara pernikahan selesai, saya dan suami memutuskan untuk jalan-jalan di Yogya, salah satunya mengunjungi Candi Borobudur? Ya, suami saya mengajak untuk berwisata budaya dan ingin menikmati indahnya sunrise di Borobudur. Candi peninggalan Budha terbesar di dunia ini sudah dikenal luas oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Kalau mau ke sana, Candi Borobudur tiket bisa dipesan melalui aplikasi penjualan tiket online agar lebih mudah.

Bangunan peninggalan sejarah ini masuk dalam kategori 7 keajaiban dunia yang diakui hingga saat ini. Oleh karena itu, wisatawan selalu saja memadati lokasi objek wisata yang satu ini setiap bulannya. Salah satu hal yang menarik ketika berada di candi Borobudur adalah berburu sunrise. Tapi selain langsung ke Borobudur, bagi yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit bisa datang ke beberapa tempat berikut ini.

1.Menginap di Hotel Manohara

Dekat dengan lokasi Candi Borobudur terdapat sebuah bangunan hotel yang disebut Hotel Manohara. Supaya gak kesiangan, kalian bisa menginap di hotel ini untuk segera menikmati sunrise di pagi hari. Lantas kenapa tidak langsung ke Candi Borobudur untuk berburu matahari terbit? Sebagai informasi tambahan bahwa Borobudur dibuka pada pukul 6 pagi, sehingga kita tidak bisa menikmati terbitnya matahari selain dengan menginap di hotel Manohara.

Meskipun tarif hotelnya bisa mulai dari harga Rp 1.500.000, namun kita akan mendapatkan pelayanan yang baik, apalagi dengan harga tinggi tersebut kita memiliki akses masuk ke Borobudur saat matahari terbit. Kapan lagi bisa menikmati sunrise dari Borobudur selain dengan cara yang satu ini. Sedangkan untuk pesona candinya bisa dinikmati dari halaman kamar sambil berpiknik ria. Bisa dibayangkan betapa serunya, bukan?

2. Ikuti Tour Sunrise Borobudur dan Sekitarnya Selama Sehari

Kalau kamu merasa lebih seru menikmati Borobudur dan lingkungan sekitarnya dengan biaya ramah di kantong, maka pilihan tour sunrise adalah yang paling tepat. Kamu akan menikmati setiap jengkal Borobudur mulai dari matahari terbit hingga terbenam tanpa perlu menginap di hotel Manohara. Biaya tour sunrise ini hanya sebesar Rp 500.000, lumayan rendah dibandingkan sewa hotel.

Kamu akan dijemput oleh pihak pengelola tour sekitar pukul 4 pagi untuk segera berburu matahari terbit. Perjalanan ini telah dilengkapi dengan menu sarapan yang sederhana. Paket tour sunrise ini bisa Anda dapatkan dari penyelenggaranya, carilah informasi lebih lengkap agar Anda juga bisa turut serta dalam perjalanan tersebut agar lebih menghemat pengeluaran. Gak ribet, langsung pergi, dan menikmati sunrise deh! 

3. Bukit Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu memiliki jarak sekitar 12 kilometer dari Candi Borobudur. Bukit ini berlokasi di jalan Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Welcome, di Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu telah menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan untuk menikmati indahnya matahari terbit disertai bayangan dari Borobudur yang menambah pesona alam ciptaan Tuhan. Pemandangan tersebut tidak kalah indah dibandingkan yang akan kita dapatkan ketika menginap di hotel Manohara. Ketika tiba di Bukit Punthuk Setumbu, kita akan menemukan spot Borobudur Nirwana Sunrise. Apabila ingin masuk kesana maka harus membayar sekitar Rp 15.000 untuk turis lokal.

Sebelum ke Borobudur kami sebenarnya menyempatkan ke Punthuk Setumbu. Kami memutuskan untuk melihat sunrise dari Punthuk Setumbu. Tapi ternyata gagal, karena pemandangan saat itu tertutup kabut. Sayang sekali ya.

4. Bukit Barede

Selain beberapa cara di atas, kita bisa menikmati panorama matahari terbit di Borobudur melalui rangkaian tour murah meriah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 175.000 untuk melihat sendiri pesona alamiah tersebut. Bukit Barede merupakan tempat yang bisa Anda jelajahi untuk berburu sunrise di Borobudur. Bukit ini berada tepat di belakang Borobudur. Apabila siang hari kita akan melihat pemandangan dari indahnya Prambanan yang tidak terlihat dari Borobudur, sekarang kita dapat melihat pemandangan indahnya sunrise di Borobudur. Meski begitu, keduanya memiliki keindahan masing-masing yang tidak dapat dibandingkan. Untuk memasuki bukit tersebut juga mengeluarkan biaya sekitar Rp 30.000 per orang.

Tips Menikmati Sunrise di Komplek Candi Borobudur

Matahari terbit tidak bisa dinikmati pada pukul 06.00 pagi, melainkan kita harus berusaha bangun lebih pagi lagi yakni pukul 4.30. Sebelumnya, lebih baik mengecek terlebih dahulu keadaan cuaca, jangan sampai bangun cepat dan ingin melihat sunrise, malah yang didapatkan hanya langit hitam kelam karena mendung subuh hari. Ini sih yang sempat terjadi pada saya dan suami waktu di Punthuk Setumbu.

Itulah beberapa tempat yang bisa kita kunjungi untuk menikmati pesona mentari terbit di Borobudur. Untuk yang ingin booking, jangan lupa untuk pesan langsung Candi Borobudur tiket bisa melalui website atau aplikasi resmi penyedia jasa tiket. Semoga perjalanan kalian menyenangkan ya.

You may also like

21 Comments

  1. Aku beberapa kali ke Borobudur dulu, biasa siang karena anak masih kecil. Padahal pengin menikmati sunrise di sana. Infonya lengkap bangets ini. Kirain cuma yang nginep di Manohara saja yang bisa lihat sunrisenya. Kan, mayan juga harganya. Kalau ada alternatif yang lebih hemat kenapa enggak ya.Semoga saat mudik depan bisa ke Borobudur dan lihat sunrise.
    Makasih infonya:)

  2. Saya ke candi Borobudur pertengahan tahun lalu, Mbak Annisa. Dan emmang saya ingin sekali menyaksikan sunrise-nya juga. Hanya memang harus dengan cara-cara di atas ya, karena pintu masuk dibuka baru pukul 6 pagi.

    Hanya memang, menyaksikan sunrise itu untung-untungan juga dan wajib cek cuaca. Soalnya saya sering sudah diniatin ke suatu tempat untuk lihat sunrise, malah mendung atau berkabut hehehe.

  3. Borobudur. Maha karya orang terdahulu yang masih bisa dinikmati orang masa kini. tetap menarik. Apalgi kalau bisa menikmati sunrise di sana ya. Aku dulu kesana siang hari. Cuaca lagi panas-panasnya.

  4. Mbak, 500k untuk tour sunrise itu berlaku berapa orang ya? Buat satu orang aja kah? apa gimana? boleh juga buat liburan berikutnya, heheh pengen ke Borobudur sama keluarga. Dulu ke Borobudur pas masih kecil, kurang ‘meresapi’ kunjungannya, maklum anak kecil taunya main aja gitu, enggak menikmati keindahan bangunan candinya itu sendiri hehe

  5. Wah seru sekali ya mengejar sunrise di Candi Borobudur. Tetep ya kudu bangun pagi pagi emang he..he… aku baru dua kali ke Borobudur, pengan lagi ajak keluarga dan menginap di hotel sekitar candi.

    Semoga liburan nanti bisa main-main ke Yogyakarta dan melipir di candi Borobudur terus nginep di Hotel Manohara (Kudu nabung dulu ini he..he…).

  6. Hotelnya mihil hihihihi…

    Udah beberapa kali ke liburan ke Borobudur tapi ndak pernah kesampaian liat sunrise..
    Walopun liburan, pagi itu pasti crowded di keluarga kami 😅

    Apalagi emaknya yang sering STM = sibuk tak menentu

  7. Hotelnya mihil hihihihi…

    Udah beberapa kali ke liburan ke Borobudur tapi ndak pernah kesampaian liat sunrise..
    Walopun liburan, pagi itu pasti crowded di keluarga kami 😅

    Apalagi emaknya yang sering STM = sibuk tak menentu

  8. Mbak kalau kawasan Borobudurnya emang buka dari pagi banget ya? Kok bisa dapat sunrise jam 6 pagi gtu?
    Saya terus terang belum pernah sama sekali ke Borobudur haha.
    Btw lumayan jg ya tarif hotel Manohara-nya? Ada rekomen penginapan lain yg lbh ramah kantong gak? 😀

  9. Keren banget pasti pengalamannya. Salah satu impianku tuh bisa berburu sunrise di atas borobudur dan menikmati sunset di sana juga.

  10. Semakin kesini bororbudur semakin bagus ya, aku terakhir kesana itu tahun 2014 kalau gak salah. Itupun bareng rombongan teman-teman satu jurusan yang melakukan kunjungan kerja di Bantul waktu itu

  11. Dulu banget pernah ke Borobudur dan nggak pernah tau ada wisata hunting matahari terbit disana. Boleh juga tuh sekali-sekali dicoba paket tour 500rb nya. Makasi infonya ya mbak.

  12. Terima kasih infonya ka Nisa.
    Kebetulan aku belum pernah nih ke Candi Borobudur.

    Nanti, aku coba pesan tiket dan penginapan dari referensi di atas deh supaya liburannya dijamin menyenangkan*

  13. Duh penasaran menginap di hotel Manohara.
    Dan tentunya sebagai warga Jawa Tengah aku sangat bangga banget sama Candi Borobudur. Dan gak pernah ada bosannya berkunjung kesana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *