MEMASAK AMAN DAN SEHAT DENGAN MINYAK DEDAK

Minyak Dedak

Mulai awal tahun 2019 sampai saat ini, saya dan suami memutuskan untuk mulai hidup lebih sehat. Setelah menyadari bahwa akhir-akhir ini kita sering makan yang kurang sehat, terlalu berlemak, dan terlalu banyak gorengan, rasanya badan jadi kurang enak dan sering sakit juga.

Beberapa ikhtiar kami untuk memulai hidup lebih sehat yaitu berolahraga rutin, mengontrol makanan, memilih makanan yang lebih sehat, mengurangi karbo, dan juga mengurangi makanan yang prosesnya deep frying atau digoreng yang terlalu lama di minyak yang banyak.

Duh, padahal makanan digoreng alias gorengan itu nikmatnya pake banget ya?

Untuk itu, kami pun mulai dengan mencari jenis minyak yang lebih rendah kalori dan kolestrol untuk bahan menumis atau sedikit-sedikit untuk menggoreng (kalau lagi kangen banget sama goreng-gorengan, hehe). Kami mencoba mengganti dengan berbagai jenis minyak yang lebih aman dan sehat dibanding minyak kelapa sawit, seperi minyak kanola, minyak dari biji bunga matahari, dan jenis minyak nabati lainnya.

Oya, kalau kalian mencoba mengganti minyak dengan jenis minyak nabati ini dan mengubah proses memasak yang terlalu deep frying, hasilnya langsung kerasa lho terhadap kolestrol kita. Pengalaman satu bulan, kolestrol saya langsung turun sampai sekitar 80 poin.

Oke, kembali lagi ke persoalan minyak. Salah satu jenis minyak nabati yang juga kami sudah coba adalah minyak dedak atau minyak bekatul atau istilah lainnya adalahRice Brain Oil. Ada yang pernah tahu jenis minyak ini?

‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil

Minyak dedak atau rice bran oil adalah minyak nabati yang terbuat dari sebuk halus yang melapisi bulir beras dari bekatul padi. Bekatul padi ini kemudian diekstrak dan dimurnikan untuk menghilangkan senyawa lilin, pewarna, dan bau agar minyak bisa dipakai. Nah, makanya saya pernah mencoba untuk mencium minyak ini, ternyata memang tidak berbau, lho!

Packaging Oryza Grace Rice Bran Oil

Salah satu merek minyak dedak yang saya temui yaitu ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil. Minyak ini tentu punya banyak kelebihan dibanding minyak kelapa atau sawit yang biasanya dipakai. Minyak kelapa biasanya mengandung sekitar 13,8 gram lemak tak jenuh dan 3,7 gram lemak tak jenuh ganda dan lemak jenuh sekitar 180 gram lemak jenuh dalam secangkir minyak kelapa.

Kandungan dan nutrisi dari Oryza Grace Rice Bran Oil yang kaya manfaat

Tentu berbeda dengan minyak dedak yang lebih banyak mengandung lemak tak jenuh, yaitu 86 gram lemak tak jenuh tunggal dan 75 gram lemak tak jenuh ganda. Ditambah lagi kandungan vitamin E, D, dan anti oksidan-nya yang juga tinggi.

Selain digunakan untuk memasak atau menumis, minyak dedak juga bisa digunakan sebagai salad dressing atau bahan dasar pada industri kecantikan. Beberapa orang juga sudah ada yang mulai menggunakan minyak dedak ini sebagai make up remover lho!

Waw lumayan ya, beli 1 minyak untuk memasak sekaligus untuk face oil. Hehehe.

Kelebihan dan Manfaat ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil

Minyak dedak bukan sekedar minyak goreng biasa. Ada manfaat yang banyak dari ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil ini dibandingkan dengan minyak goreng sawit biasa.

  • Rendah Lemak Jenuh

Seperti yang saya sebutkan di awal ya, ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal sekitar 37%, 33% lemak tak jenuh ganda, dan 30% lemak jenuh. Jadi sebenarnya kandungan lemak tak jenuhnya cukup tinggi dibanding lemak jenuhnya.

Untuk itu, dengan kadar tersebut, ‘Oryza Grace’ sangat aman jika dikonsumsi oleh mereka yang menderita kolestrol tinggi dan darah tinggi. Bahkan beberapa klaimnya disebut dapat menurunkan kolestrol jahat.

  • Titik Asap yang Tinggi

Titik asap adalah titik ketahanan minyak goreng terhadap panas. Bila ada minyak goreng yang titik asapnya rendah, maka saat proses penggorengan minyak tersebut akan berasap. Artinya kandungan lemak tak jenuh menjadi rusak dan bisa berakibat peningkatan kolestrol dalam darah.

Rice Bran Oil adalah minyak goreng yang kualitasnya lebih baik dibandingkan minyak kelpa atau minyak sawit. Titik asap pada minyak dedak cukup tinggi sehingga lemak tak jenuh dan berbagai manfaat lainnya yang ada dalam kandungan minyak dedak tidak akan rusak saat proses memasak di suhu yang tinggi. Termasuk jika digunakan untuk menggoreng.

Untuk itu, minyak ini menjadi lebih baik dikonsumsi jika digunakan oleh penderita kolestrol atau darah tinggi. Kandungan lemak tak jenuhnya alias lemak baik tetap akan aman.

  • Tidak Menyebabkan Batuk

Titik asap minyak dedak yang ada pada ‘Oryza Grace’ Rice bran Oil adalah mencapai 254 derajat celcius. Titik ini paling tinggi dibanding minyak goreng biasa bahkan olive oil lho. Untuk itu sangat aman dan tidak akan merusak kandungan zat yang bermanfaat walaupun suhu wajan panasnya mencapai 220 derajat celcius.

Nah, menggoreng dengan minyak dedak justru tidak akan membuat terbentuknya zak akrolein, yaitu zat yang merugikan kesehatan dan bisa menyebabkan batuk. Jadi, aman ya dari batuk atau radang karena makanan yang kita masak dengan minyak ini.

  • Melezatkan Makanan

Kata siapa minyak sehat itu bikin makanan hambar? Justru dengan penggunaan minyak dedak, gorengan atau tumisan akan menjadi lebih lezat, renyah, dan gurih. Dengan ini aman digunakan untuk menggoreng, memanggang, salad dressing atau berbagai proses memasak dan penyajian lainnya.

Pengalaman Menggunakan Minyak Dedak

Pengalaman saya dan suami setelah mengganti minyak goreng dengan minyak dedak ini, rasanya kami lebih sehat, jadi jarang batuk, dan juga gak mudah kena radang tenggorokan. Asumsinya, kita juga ngurangin jajan sembarangan dan makan di luar ya. Hampir setiap hari masak sendiri dan bawa bekal dari rumah yang minyaknya dijamin sehat.

Hasil memasak saya menggunakan minyak dedak Oryza Grace Rice Bran Oil

Tapi, kita sadar konsekwensi ingin hidup sehat ini adalah minyak goreng sehat yang kita gunakan harganya lebih mahal dibanding minyak goreng biasa. 1 liter ‘Oryza Grace’ Rice Bran Oil ini harganya Rp79.900 sedangkan untuk yang 5 liter, harganya Rp377.900. Untuk membelinya tentu bisa dibeli online di berbagai e-commerce atau di beberapa supermarket sudah ada juga kok.

Tapi walaupun begitu, kami lebih aman dan nyaman karena kesehatan lebih terjamin dibanding dengan menggunakan minyak yang kolestrolnya tinggi apalagi minyak curah yang kesehatan dan higienisitasnya dipertanyakan.

Alhamdulillah, hingga saat ini saya dan suami masih menggunakan minyak ini untuk memasak sehari-hari. Kami yakin kalau ini juga salah satu investasi kesehatan di masa depan supaya terhindari dari kolestrol tinggi dan hipertensi yang bisa menghantui kita.

So, bagaimana dengan kalian? Sudah mulai hidup sehat dan mengganti minyak goreng kalian dengan healty oil juga?

Oryza Grace Rice Brain Oil

Facebook : Ricebrainoil
Instagram : @oryzagrace
Website : oryzagrace

You may also like

29 Comments

  1. Wuih… Baru dengar aku ada minyak dedak. Jadi pengen beli dan mencoba apalagi saya sekeluarga adalah pecinta gorengan. Ntar coba dilihat di olshop olshop.

    Bicara soal hidup sehat emang kudu sadar dari sekarang untuk bisa membersamai orang orang yang kita cinta lebih lama dan berkualitas.

  2. Benar sekali mom. Kadang kita masih mengesampingkan kesehatan. Apalagu orang indonesia tidak jauh dari makanan goreng menggoreng. Memang sedari dini memperhatikan kesehatan mulai dari minyak yang kita konsumsi

  3. Setuju jika pola makan sehat adalah salah satu investasi kesehatan di masa depan supaya terhindari dari penyakit berbahaya seperri: kolestrol tinggi dan hipertensi yang bisa mengancam jiwa dan menghabiskan banyak biaya
    Saya jadi tertarik dengan Oryza Grace Rice Bran Oil ini

  4. Beneran mbaaa.. mengurangi makan gorengan itu ternyata yg paling susah buat aku. Klo manis dan asin lebih gampang huhuhu. Untg ya udh ada solusi minyak goreng sehat. Tp ttp aja sih harus dikurangin minyaknya hahaha

  5. Pengen coba mbak, tapi harganya 3 kali minyak goreng biasa,, hehe.. Intinya memang kurangi makan gorengan, garam, dan gula sih ya. Sesekali boleh lah, asal jangan berlebihan.

  6. Untuk hiduo sehat memang perlu diusahakan sendiri ya , Mbak. Termasuk memamai minyak goreng yang sesuai. Walau harganya memang jauh di atas minyak goreng biasa, tapi manfaat yang didapatkan sangat besar dan banyak. Hidup juga jadi lebih sehat.

  7. Zaman sekarang ya salah satu cara menuju sehat dan menjauhi penyakit adalah dengan memakai minyak goreng yang aman buat tubuh. Aku udah nyoba menggoreng pakai minyak goreng ini mbak dan hasil gorengannya serenyah kyk kalau goreng pakai minyak goreng biasanya 😀

  8. Saya baca artikel ini sambil takjub mbak, dedak loh dijadiin minyak..sesuatu yang dibuang-buang ternyata punya manfaat yang luar biasa banget. Baru tau pun ada minyak dedak, hihi

    1. Mau banget nyobain minyak yang ini… Manfaatnya banyak, yaa… Sudah mulai kena warning soal kolesterol juga ini soalnya. Syukurlah sekarang banyak pilihan minyak sehat, tentunya tetap perlu didukung dengan perbaikan gaya hidup ya.

  9. Baru tau klo dedak ini nisa dijadikan minyak, dan juga kaya manfaat. harganya yang lumayan, sebanding sama manfaatnya ya Mba.. semoga semakin banyak , jd harganya jd semakin turun 🙂

  10. Iya mahal sich kalo dibandingkan minyak sawit. Tapi secara kualitas juga jauh. Minyak ini nggakgampang mengental. Beda sama minyak goreng biasanya yang cenderung mudah hitam dan kental setelah beberapa kali pakai

  11. Bener banget mbak, kalau makan gorengan itu memang sedap apalagi ditambah saus dan cabe rawit eh plus nasi panas, makin mantel deh. Cuma memang harusnya digoreng dengan minyak yang sehat ya, biar tetap sehat

  12. Enggak pernah kepikiran buat ganti minyak. Ternyata banyak ya minyak alternatif yang lebih sehat. Jarganya lumayan juga sampai 6 kali lipat harga minyak biass hehe. Tapi demi kesehatan kenaoa tidak?

  13. Harus berubah sejak sekarang ya mba untuk penggunaan minyak. Apalagi keluarga suami termasuk yang resiko tinggi untuk kolsseterol dan kawan-kawannya. MAsih dipikir-pikir lagi ini untuk harga karena memang jauh beberapa kali lipat dari minyak goreng biasa ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *