REKAM JEJAK KARIR SUKANTO TANOTO, SANG KONGLOMERAT PEMILIK LAHAN DI IBUKOTA BARU

Sebagian orang mungkin masih asing dengan nama Sukanto Tanoto. Seorang pengusaha sukses Indonesia yang memiliki bisnis multi sektor ini dikabarkan telah menguasai lahan di Ibukota baru kelak, melalui salah satu anak perusahaannya PT ITCI Hutani Manunggal. Kali ini, saya ingin share mengenai beliau.

Status lahan yang dikuasai oleh Sukanto Tanoto adalah konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI). Artinya adalah lahan tersebut dapat diambil ahli untuk digunakan bila pemerintah sewaktu-waktu membutuhkannya.

Dibawah kekuasaan Royal Golden Eagle (RGE), Sukanto Tanoto berhasil membangun kerajaan bisnis Tanoto Foundation yang sukses meraup untung besar hingga capaian angka 1,4 miliar USD sepanjang tahun 2019. Nah tanpa berlama-lama, yuk simak apa saja bisnis yang digeluti pengusaha sukses Indonesia ini.

1. Asia Symbol

Asia symbol merupakan perusahaan milik Sukanto Tanoto yang berdiri sejak tahun 2005 di Tiongkok. Perusahaan ini khusus memproduksi pulp dan kertas terbaik dunia. Beberapa produk utamanya antara lain BHKP, karton kemasan cairan, NBKP, karton ivory, uncoated woodfree printing, dan kertas yang biasa digunakan unutk kantor.

2. April Group

Satu lagi perusahaan dibawah naungan Royal Golden Eagle yakni Asia Pasific Resources International atau lebih dikenal April Group yang berfokus pada bidang bisnis kertas. Tidak hanya Asia Symbol saja, April juga merupakan perusahaan yang memproduksi pulp dan kertas terbesar di dunia. Merek unggulannya adalah PaperOne™ yang terbuat dari 100 persen serat perkebunan dan telah sukses dijual ke lebih dari 70 negara di dunia.

3. Asian Agri

Selain menggeluti bidang pulp dan kertas, pengusaha sukses Indonesia ini juga memiliki bisnis kelapa sawit yang mana hasil produksinya berhasil masuk daftar salah satu hasil produksi terbesar se-Asia. Kapasitas produksi yang dihasilkan Asian Agri dapat mencapai 1 juta ton setiap tahunnya.

Dilansir dari laman situs RGE, perusahaan Asian Agri memiliki luas perkebunan kelapa sawit hingga 160 ribu hektar yang mana 60 robu diantaranya sengaja dikembangkan dengan skema inti plasma.

4. Apical

Bisnis selanjutnya yang dimiliki oleh Sukanto Tanoto adalah Apical Group. Pengelola dan pengekspor minyak sawit ini memiliki 4 kilang minyak yang mana tidak hanya didirikan di Indonesia saja melainkan juga Tiongkok. Setiap tahunnya, Apical Group berhasil memproduksi minyak sawit hingga capaian 4,2 juta ton.

Baca Juga: Selebriti Paling Kaya Raya di Dunia, Siapa Aja? Kuy Kepoin!

5. Bracell

Perusahaan yang mulai beroperasi pada tahun 2003 ini bisa dikatakan pemain lama dalam bisnis dissolving pulp dan selulosa khusus. Bracell memiliki kapasitas produksi mencapai 750 ribu ton setiap tahunnya.

Setelah berhasil mengakuisisi BSC (Bahia Specialty Cellulose) dan Copener (Florestal), Bracell semakin berjaya dengan kembali mengakuisisi Lwarcel Celulose di Sao Paulo pada bulan Agustus 2018 lalu.

Perusahaan yang menyediakan bahan baku alami dan bahan-bahan utama untuk memproduksi bingkai kacamata, pelembut es krim, deterjen, hingga obat-obatan ini memiliki kantor pemasaran yang tersebar di beberapa benua seperti Asia, Eropa, dan Amerika Serikat.

Nah itulah tadi beberapa bisnis yang sukses dirintis oleh Sukanto Tanoto. Pria kelahiran 1949 itu sukses menjalankan Tanoto Foundation lantaran selalu menganut 3 paham yakni gigih, semangat belajar tinggi, dan uniqueness. Kalau kamu memiliki cita-cita menjadi pengusaha ternama kelak, maka ikutilah kiat-kiat sukses Sukanto Tanoto.

Informasi seputar bisnis yang dijalankan Sukanto Tanoto tidak berhenti disini saja lho. Mau tau apa saja bisnis dari pengusaha sukses Indonesia ini? Baca ulasannya melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/menilik-bisnis-sukanto-tanoto-pemilik-lahan-di-ibukota-baru/.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *