LIBURAN DI JAKARTA AJA, NGAPAIN YA ENAKNYA?

Sebagai warga Jakarta, kadang pengen liburan ke luar kota untuk cari suasana baru dan menghilang sebentar dari hiruk pikuk ibu kota. Tapi kadang dilema juga, kalau ke luar kota perjalanannya lumayan memakan waktu dan biaya transportnya juga lumayan. Kalaupun aja ke daerah yang deket-deket kayak Bandung atau Bogor, perjalanan macetnya lumayan banget kadang menguras tenaga dan emosi. Hehehe.

Buat yang nggak punya waktu banyak dan juga biaya yang gak seberapa besar untuk liburan atau refreshing, sebenernya liburan di dalam kota pun bisa banyak yang dilakukan. Selama hampir 5 tahun di Jakarta, saya pun belum banyak eksplore Jakarta, padahal banyak destinasi menarik yang bisa kita hampiri.

Untuk itu, ada beberapa ide dari saya untuk kalian yang mau liburan di Jakarta. Ini saya lakukan kalau lagi bosan di rumah dan pengen suasana baru biar gak itu-itu aja. Yuk eksplore!

1. Staycation, Menginap di Hotel dengan Suasana Berbeda

Biasanya, kalau hari weekend saya suka males aktivitas yang berat-berat dan pengennya diem aja santai. Termasuk harus masak di pagi hari untuk sarapan, itu rasanya kok males banget. Setelah 5 hari full kerja, pikiran penuh, aktivitas banyak, weekend waktunya santai dong ya. Nah, staycation adalah hal yang bisa dilakukan kalau bosan ada di rumah.

Cari hotel nyaman di Jakarta (Pict from Unsplash)

Cari hotel sesuai budget kita dan pilih kamar yang sudah ada fasilitas breakfast nya. Selain bisa bobo cantik dan nyenyak di suasana baru, kita juga bisa makan tanpa harus ribet mikirin mau sarapan apa. Sekalian cari juga hotel yang fasilitasnya ada banyak, seperti kolam renang yang luas, gym, taman-taman cantik, atau mungkin aktivitas sama anak kalau yang sudah punya anak.

Di Jakarta, walaupun kota besar, masih banyak kok hotel budget yang harganya murah tapi fasilitasnya oke. Start from 500 ribu, sudah bisa dapat hotel dengan fasilitas kamar lengkap, kolam renang, dan gym. Tapi kalau mau hotel mewah sekalipun, ya banyak banget di lokasi-lokasi strategis Jakarta. Jadi, liburan di Jakarta coba eksplore hotel-hotel yang menarik ya.

2. Kulineran, Mencoba Tempat Makanan Baru di Pelosok Jakarta

Sejak di Jakarta, saya menemukan banyak tempat kuliner baru yang gak harus jauh-jauh ke luar kota untuk menikmatinya. Misal mencoba makanan asal Sulawesi, Aceh, Medan, Pelembang, dsb.

Coba Kuliner Jakarta yang sangat bervariasi (Pict from : Unsplash)

Wisata kuliner itu memang mengasyikkan dan bikin ketagihan. Cuma, saran saya nih kalau mau coba kuliner Indonesia yan khas di Jakarta, coba cari yang udah legend alias udah lama berdiri ya. Biasanya karena enak dia jadi bertahan lama.

3. Jalan-Jalan Keliling Kota Jakarta

Tahu kan kalau harga transjakarta itu cuman 3500? Jauh dekat cuman 3500. Nah ongkos segini jangan disia-siakan. Biasanya kalau hari minggu, Transjakarta gak seberapa ramai. Naik aja terus nikmati deh sepanjang jalanan Jakarta. Kalau hari biasa kan susah ya mau menikmati pemandangan Jakarta karena harus berdesakan sama banyak orang. Tapi kalau hari libur, biasanya lebih lenggang.

Naik Transjakarta di hari Minggu bisa keliling Jakarta dengan 3000 Rupiah saja
(Pict from : Unsplash)

Ambil aja misalnya rute Ragunan-Monas. Sekitar 1-1,5 jam udah bisa melihat Jakarta dari dalam Transjakarta. Melihat patung-patung Jakarta yang bertebaran di jalan-jalan besar, gedung-gedung yang tinggi menjulang, dan berbagai bangunan peninggalan sejarah lainnya juga bisa nikmati.

Atau bisa juga coba double decker yang biasanya ada juga di sekitaran Masjid Istiqlal Jakarta, lho. Biayanya gratis dan bisa lihat-lihat kondisi pusat kota Jakarta dari dalam Double Decker. Ada yang udah pernah coba?

4. Nonton Film Terbaru di Bioskop

Kalau masih males jalan-jalan tapi pengen refreshing mencari suasana baru, cari aja film terbaru yang lagi muncul. Cari tiket bioskop dan nonton deh sama teman, pasangan, atau keluarga. Hmmm, sebenarnya sendiri juga gak apa-apa sih. Toh ketika nonton kan fokusnya sama film ya, bukan ngobrol hehehe.

Nonton di Bioskop yuk… (Pict from Unsplash)

Nah seperti pengalaman saya nih. Minggu ini, kebetulan banget ada film yang sudah saya dan suami tunggu untuk kami tonton. Kebetulan kami juga lagi males jalan-jalan, jadinya memilih liburan sambil nonton di bioskop aja filmnya JOKER. Biar gampang dan murah juga, pesennya lewat Traveloka Xperience. Ada yang pernah udah coba?

Jadi Traveloka gak hanya menjediakan layanan untuk tiket hotel, kereta, atau pesawat aja ya. Sekarang sudah banyak layanan lainnya yang Traveloka hadirkan untuk para pengguna aplikasinya. Coba check yuk Traveloka Xperience!

Caranya sangat mudah untuk cari tiket bioskop di Traveloka Xperience. Pertama buka aplikasi traveloka.com lalu klik menu Traveloka Xperience. Untuk tiket bioskop, pilihannya ada di Bioskop (Movies). Setelah klik movies, kita bisa filter film yang muncul sesuai kota kalian tinggal. Nah, nanti muncul deh film-film terbaru yang sedang tayang di Bioskop Cinemaxx atau CGV.

Cara mudah beli tiket nonton di Traveloka Experience

Karena saya lagi ingin nonton Joker, saya pun klik film Joker dan memilih bioskop mana yang paling dekat dengan rumah. Setelah di klik, kita akan langsung diarahkan pada form pembayaran. Saya pun memilih pembayaran dengan transfer melalui Bank BCA dengan biaya total 120.00 Rupiah sudah termasuk admission fee.

Selesai deh. Tiket pun dikirim melalui email dan notifikasi di aplikasi. Tinggal pergi aja ke Bioskop.

5. Cari Pengalaman baru di Traveloka Xperience

Sebenarnya masih banyak lagi aktivitas yan bisa dilakukan kalau ingin liburan di dalam kota saja atau di Jakarta. Untuk itu, saya sering check-check aktivitas apa saja yang ada di Jakarta via Traveloka Xperience.

Selain menggunakan layanan Traveloka Xperience untuk membeli tiket bioskop, saya juga pernah menggunakannya untuk membeli tiket masuk Sentra Tari Ramayanan di Candi Pramabanan Yogya dan tike masuk water boom Jungle Park di Bogor. Saya hanya tinggal menunjukkan code booking kepada petugas tiket di sana dan sudah bisa masuk tanpa harus menunggu berlama-lama.

Ada beberapa kelebihan kalau kita memesan tiket lewat Traveloka Xperience:

  • Cepat dan mudah hanya lewat aplikasi Traveloka di smartphone
  • Tidak perlu antri panjang untuk membeli tiket lagi
  • Tiket tidak perlu di cetak bisa tunjukkan langsung barcode atau code booking kita
  • Pembayaran sangat mudah bisa lewat transfer bank atau mungkin membayar di mini market terdekat yang bekerja sama
  • Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit atau dengan fasilitas cicilan atau pembayaran dengan PayLater
  • Layanan Customer Services 24 jam, jadi tidak perlu khawatir kalau ada kendala saat pemesanan jam berapapun

Karena membuak fitur Traveloka Xperience saya jadi banyak tahu bahwa kalau mau liburan atau refreshing di Jakarta saja pun ada banyak sekali pilihan aktivitas. Tinggal pilih aja tuh mau ke mana dan tiap minggu bisa datang ke tempat serta aktivitas yang berbeda.

Layanan di Traveloka Xperience

Beberapa aktivitas yang juga ditawarkan di Traveloka Xperience:

  • Spa dan Kecantikan
  • Hiburan
  • Event
  • Atraksi
  • Tour
  • Bioskop
  • Olahraga

Kalau kalian, ada yang sudah pernah menggunakan Traveloka Xperience juga? Buat yang belum, ingin cari hiburan, cari aktivitas waktu libur kerja, coba check di Traveloka Xperience aja ya. Download traveloka.com dan segera cari pengalaman baru apa yang ingin segera kamu rasakan? Yuk, cari dan mulai #XperienceSeru!

You may also like

14 Comments

  1. Sebagai orang Jakarta ku dulu sempat merasa bosan di Jakarta ngapain aja pas libur tapi Pas Baca postingan MBA Nisa, aha bener juga yaa. Apalagi part staycation. Waw enaknyaa

  2. Hobiku sama suami nih, Staycation dan nyobain tempat-tempat makan baru. Rasanya puas aja kalau bisa menemukan spot baru yang oke di kota sendiri. hehehe. Liburan di dalam kota selain lebih hemat juga praktis karena nggak terlalu lelah, karena ada si kecil.

    1. Seneng ya ada Traveloka Xperience ini, jadinya cukup dengan satu aplikasi makin banyak pilihan variasi kegiatan yang bisa diambil untuk sekeluarga ataupun me time…udah ditampilkan pula biayanya jadi sekalian bisa ngitung-ngitung dulu sebelum eksekusi.

  3. Wow, baru tahu kalau bisa beli tiket bioskop lewat Traveloka Xperience. Lebih praktis ini ya. Jadi penasaran pengen nyoba Traveloka Xperience untuk eksplor Jakarta suatu saat nanti.

  4. Dulu pas aku masih kerja di Jakarta, waktu libur biasanya aku nikmatin buat lompat dari satu mol ke mol yang lain. Entah itu sekadar nonton, cari tempat makan yang enak, atau hunting ke toko buku 🙂

  5. Jakarta emang luas banget n nggak hbs2nya d explore loh. Apalagi skrg ada traveloka xperience ya. Jadi lebih enak lah yaaa.. Bisa praktis n banyak pilihan juga. Wow jd pengen liburan juga.. Hihi

  6. Untung baca lekat bahwa tarif Transjakarta yang 3000 adalah yang hari minggu, kirain yang hari biasa 3500 atau yang lagi 2000 😁. Soalnya sempat gagal fokus, tarif 3000 setahuku itu misalnya naik Comutterline. 😁

  7. Wah Traveloka Experience emang paling top deh karena semua hal jadi lebih murah. Aku paling suka staycation kalo lagi gak bisa pergi jauh dari Jakarta. Berduaan sama suami jadi makin mesra hehe

  8. Banyak tempat makan dan ngopi yang asik untuk di kunjungi selama di jakarta ya mbak, jadi jangan khawatir mager.. apalagi traveloka xperience kasih rekomendasi banyak pilihan tempat makan dan enak dan instagramable

  9. Kalo ke Jakarta, pengen nya sih ke Monas mbak. Main sambil belajar di museum nya terus naik ke menara tertinggi sambil menikmati indahnya jakarta pake teropong

  10. Ada kata “aja” huhu, kalau aku yang di Kalimantan ini, kalau ke Jakarta mah emang beneran liburan aku kak. Hehe… Tapi emang sih, aku aja udah bikin itinerary dengan bantuan Trveloka XPerience.

  11. Bookmark dulu… buat informasi kalau nanti main jalan-jalan ke jakarta. Aku coba traveloka Xperience buat tempat-tempat sekitar sini juga. mantab nih Traveloka dengan layanan barunya.

  12. Huaa, jadi kangen naik Trans Jakarta,saya klo ke Jakarta kayak kurang deh kalau gak naik TransJ, heheh udik banget ya ini, heheh

    Kalau MRT gak dimasukin list juga Mbak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *