KEMUDAHAN MENCARI HOTEL SYARIAH VIA AIRY SYARIAH

Airy Syariah

Sebagai seorang muslimah, sejujurnya saya lebih nyaman dan tenang saat memilih hotel syariah atau penginapan yang menunjang nilai-nilai Islam yang saya anut. Sebenarnya, hotel atau penginapan yang tidak berlabel syariah bukan berarti juga tidak bisa memberikan kenyamanan dan menunjang ibadah yang saya lakukan saat menginap. Tapi nilai plus-nya, kamar dengan konsep syariah biasanya benar-benar menerapkan nilai Islam dalam aktivitas dan layanan yang ditawarkan.

Kenyamanan layanan penginapan dengan konsep syariah yang saya rasakan misalnya saja, di kamar sudah lengkap disediakan alat shalat, Al-Quran, petunjuk kiblat, bahkan juga informasi masjid atau musholla terdekat. Selain itu, sebagai pengunjung saya pun lebih nyaman karena makanan yang disiapkan sudah pasti halal dan tidak tersedia minuman keras yang kadang keberadaanya pun membuat pengunjung kurang nyaman. Termasuk aktivitas di dalamnya tidak ada yang bertentangan dengan syariah, misalnya klub atau bar malam, serta dilarangnya pasangan non halal atau bukan mahram berada dalam 1 kamar.

Kadang-kadang tidak semudah itu mencari penginapan yang sesuai dengan konsep syariah. Apalagi saat berada di luar kota, dimana saya tidak terlalu hafal daerah tersebut dan belum banyak mengenal penginapan atau hotel yang ada di sana. Tentu mencari hotel berbasis syariah menjadi tantangan tersendiri, bukan?

Memesan Kamar Hotel Syariah di Airy Syariah

Sekarang ini, untuk mencari kamar penginapan yang sesuai dengan nilai syariah ternyata sudah cukup mudah. Saya sendiri baru mengetahui hal ini saat membuka website Airy Rooms yang menawarkan layanan Airy Syariah.

Airy Syariah adalah salah satu jenis layanan yang disediakan oleh Airy Rooms untuk bisa memberikan kenyamanan menginap para muslim-muslimah yang memadukan kaidah syariah. Layanan ini tentunya sangat dibutuhkan oleh wisatawan yang menginginkan kenyamanan dan ketenangan saat menginap dan mendukung kemajuan wisata muslim-friendly di Indonesia. Apalagi, Indonesia saat ini cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan asing yang juga berasal dari negara berbasis Islam.

Untuk memesan kamar di Airy Syariah caranya sangat mudah. Kita bisa mengunjungi website Airy Rooms dan mencari kamar hotel seperti biasanya. Namun, untuk memastikan bahwa kamar yang kita cari adalah berbasis syariah, maka kita tinggal meng-klik filter kategori syariah, yang ada di sebelah kanan. Dengan klik kategori syariah, maka hotel atau kamar penginapan yang muncul adalah kamar yang hanya berbasis konsep syariah sebagaimana yang kita inginkan.

Selanjutnya, pembayaran dan konfirmasi dilakukan pada umumnya kita memesan kamar di Airy Rooms. Saat check in di penginapan nanti, jangan lupa untuk menunjukkan kartu KTP dan buku nikah jika kalian menginap bersama pasangan. Mudah sekali bukan?

Kelebihan Memesan Kamar di Airy Syariah

Ada beberapa hal yang membuat para wisatawan muslim mendapatkan kemudahan saat memesan kamar via Airy Syariah. Diantaranya, teman-teman bisa mendapatkan hal-hal sebagai berikut:

1. Kemudahan mencari kamar berbasis syariah

Mencari kamar dengan konsep syariah hanya tinggal mengklik kategori syariah di Airy Rooms. Tidak perlu ribet-ribet mencari hotel sendiri, apalagi saat kita berada di luar kota. Selain itu, juga memberikan kita kecepatan dan hemat waktu agar waktu yang kita miliki tidak terbuang hanya untuk mencari penginapan yang sesuai dengan yang kita inginkan.

2. Penyediaan layanan ibadah di kamar

Kamar hotel yang berada di Airy Syariah dipastikan akan menyediakan layanan ibadah muslim di dalam kamar. Misalnya saja seperti sajadah, Al-Quran, arah kiblat, atau hal-hal lain yang dibutuhkan untuk menunjang ibadah. Tentunya, tidak semua hotel atau penginapan dengan fasilitas seperti ini. Dengan Airy Syariah, kebutuhan ibadah kita pun terjamin untuk disiapkan.

3. Memastikan pasangan yang datang adalah mahrom

Kamar yang berada di Airy Syariah mewajibkan pasangan yang datang adalah pasangan suami-istri sah atau memang hubungan mahrom. Jadi, kita akan nyaman juga selama menginap bahwa tamu yang datang adalah mahrom dan bukan untuk tujuan maksiat. Tentu ini menjadi kelebihan hotel syariah dibanding dengan hotel atau penginapan lainnya.

4. Selain KTP dan Buku Nikah, bisa dibuktikan dengan foto pernikahan

Bisa saja saat datang check-in kita lupa membawa KTP dan buku nikah. Untuk itu, Airy Syariah memberikan kemudahan dengan membuktikan melalui foto pernikahan. Nah, hal ini pasti ada di instagram kalian, kan? Jadi jangan khawatir, walaupun ada syarat seperti ini, kita bisa dengan mudah memenuhinya.

5. Bukan hanya muslim yang dapat menginap

Bukan hanya muslim yang dapat menginap di kamar yang disediakan oleh Airy Syariah. Selama mereka nyaman dan membutuhkan layanan yang disediakan, tentu saja diperbolehkan. Asalkan juga mengikuti aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Airy Syariah.

Nah dengan berbagai kelebihan ini, tentunya para muslim-muslimah akan menjadi lebih tenang, nyaman, dan mudah kan dalam mencari kamar penginapan di Airy Syariah. Mudah-mudahan, layanan ini terus ditingkatkan dan mendapat tempat di hati para wisatawan yang melancong ke Indonesia.

Kalau teman-teman sendiri, punya pengalaman juga kah saat mencari hotel syariah? Boleh share cerita kalian di kolom komentar ya!

You may also like

39 Comments

  1. Subhanallah, baru tahu ada konsep Airy Syariah. Setuju Mba, sebagai pengunjung hotel kadang aku kurang nyaman melihat minuman-minuman keras yang dipajang. Kalau ada Airy Syariah jadi lebih tenang ya 🙂

  2. Belum pernah coba airy syariah ini. Tapi memang konsepnya bagus sekali. Untuk orang-orang yang menginap wajib menyertakan buku nikah jika suami istri. Sangat inspiratif!

  3. Eh kebetulan tadi siang saya juga sedang cari penginapan lewat Airy di Yogyakarta. Kebetulan bulan November suami ada acara di sana, saya dan anak mau ikut sekalian. Baru tahu ada feature syariahnya ya? Tapi tadi saya emang pilih yg syariah juga sih, lokasi di Condongcatur kalau ga salah. Pakai Airy memang praktis dan banyak promosi nya.

    1. Alhamdulillah ya, keren banget nih Airy. Saya baru tahu kalau ada Airy Syariah. Emang bener, nginep di hotel lebih nyaman kalau hotelnya ada fasilitas untuk mempermudah muslim menjalankan agamnya. Love love deh buat Airy Syariah

  4. Inovasi nya keren banget nih Airy. Aku juga lebih nyaman kalau ke tempat yang syariah gini, jadi lebih nyaman dan aman juga kan ya. Apalagi keperluan fasilitas ibadah sudah disediakan.

  5. aku baru tau airy sekarang sudah ada yang airy syariah. Ikut senang mba, kenapa?
    Karena murah dan nyaman. Nyaman di mata, karena biasanya kalo bawa anak, anak2 suka banyak pertanyaan yang bikin kita jawabnya jadi bingung.
    Ini pernah kejadian pas liburan di t4 wisata.

  6. Aku seringkali cari hotel atau guesthouse syariah, sih, kalau traveling ke mana-mana, gitu. Soalnya ngerasa lebih nyaman dan aman saja.
    Tapi, kadang kalau memang masih belum ada atau lumayan jauh dari tempat traveling, juga nggak masalah kalau di hotel biasa.

  7. Dengan adanya konsep syariah begini kita sebagai customer yang suka staycation jadi gak kuatir ya mba berada di penginapan yang minim kegiatan maksiatnya. Apalagi kalo udah lengkap peralatan sholat dan penunjuk kiblatnya. Aman deh, gak perlu bawa2 mukena kemana-mana

  8. Alhamdulillah, selama ini hanya pakai Airy dan udah lama nggak pakai. Sekarang udah ada Airy Syariah ya, wah, jadi tambah enak neh pesen kamar lewat Airy Syariah, jadi makin syar’i. Harga gimana Kak?

  9. Alhamdulillah sekarang sudah ada layanan pemesanan hotel syariah ya, Mbak. Dan memang selama ini, saya kadang harus bertanya dulu pada petugas hotel, arah kiblatnya di mana? Terus kalau lupa bawa sajadah, sudah disediakan lagi.
    Apalagi ini sudah ada aplikasi. Jadi hotelnya bisa kita pilih sesuai kebutuhan.

  10. MashaAllah, terima kasih infonya ya mba nisa, aku sebelumnya ngga terfikir lho cari hotel syariah di airy syariah, ternyata ada dan bisa ya.. well noted banget ini infonya mba, sangat membantu yang hendak mencari hotel syariah, sebelum memutuskan untuk bermalam yaa

  11. Wah, baru tahu ada layanan kayak gini di Airy, bagus banget deh. Biasanya emang kita suka mikir-mikir gitu dan kadang agak gak nyaman kalo nginep di tempat yang gak nerapin persyaratan syar’i ini, walaupun kadang juga ya mau gimana lagi gitu.

  12. Baru tahu nih ada airy syariah. Pas banget buat kita keluarga muslim ya, jadi gak was-was lagi. Next vacation aku coba ah..

  13. Hotel syariah sudah menjadi tuntutan pelanggan, ya Mbak, Meski segmented, tapi karena mayoritas orang Indonesia beragama Islam. Kitanya juga jadi nggak was-was jika menginap di hotel syariah seperti ini.
    Saya pernah menginap di Airy, meski bisa dikatakan kelas biasa, tapi lebih nyaman karena ada standarnya.

  14. Ahh iyaa bener banget yaa mbaa, sebagai muslim tentunya lebih nyaman berada di zona yang sudah terjamin kehalalannya ya 🙂 btw ku baru tau nih soal Airy Syaruah, hehe.

  15. Ya segala sesuatu yang berlabel syariah insyaallah lebih menentramkan. Bikin hati tenang, adem dan damai. Bagus ini, aplikasi Airy sudah ada pilihan hotel syariahnya. Jadi bisa langsung memilih yang syariah.

  16. Konsep hotel syariah itu melegakan saya juga karena ingin menginap di hotel yang terjaga baik pengelolaannya, dari segi penghuni, makanan dan minuman, tempat ibadah, sarana, dan hal-hal yang orang muslim butuhkan.
    Hotel demikian insya Allah berkah bagi pengelola dan tamunya.
    Senang Airy sediakan juga di aplikasinya. Alhamdulillah.

  17. Keren sih Airy punya fasilitas syariah di aplikasi nya . Sebagai muslimah saya merasa sangat dihargai dan dibantu dalam menyeleksi tempat penginapan. Semoga makin sukses

  18. Keren nih terobosan dari Airy. Buat saya memang nyaman kalau dapat penginapan syariah. Tenang bawaannya.

    Aku pernah menginap di salah satu hotel syariah di Palembang bareng istri. Sebelum pesan diminta kartu nikah dulu.

    Ntar.. Cobain fitur Airy Syariah. Tfs, mbak…

  19. Masya Allah, keren sekali Airy ini. Soalnya kan kalau keluar kota suka bingung ya mau cari penginapan berbasis syariah gini. Aku pun lebih nyaman yang syariah sih. Jelas aman dan halal, insyaAllah

  20. Wah jadi enak ya mbak, lebih tenang dan nyaman juga bagi pengunjung seperti kitaaa… Jadi kalo gak bawa mukena karerna lupa atau apa juga gak perlu ruibet nyari karena udah disediakan yaaa… thank you mbak rekomendasinya

    btw, layanan airy syariah ini bisa nyari hotel syariah di seluruh kota kah??? atau di kota tertentu aja??

  21. Waktu ke bandung juga pernah liat Ada airy syariah deket kampus unpad. Untuk Muslim recommended banget lah, nggak susah untuk sholat dll. Sangat difasilitasi.

  22. Aku pernah nginap di Airy tapi bukan yang syariah karena mungkin beberapa th lalu belum ada kali ya. Btw semoga aja kapan2 aku juga bisa nginap di Airy syariah ini, sepertinya nyaman ya.

  23. Iya mbak, aku pernah pas nginep di hotel berbintang banyak mbak-mbak yang justru berpakaian sangat-sangat terbuka. Bukan kenapa-kenapa, malu sendiri lihatnya, hahaha.
    Terus kok kayaknya bukan pasangan yang sudab menikah gitu, dari gerak-geriknya. Serem sendiri kalau inget, huhu

  24. Lebih tenang ya mba klo bisa nginap di hotel berbasia syariah. Kadang tuh ya aku kn suka lupa bawa sajadah kecil klo travelling, nah ribet deh tuh pas di kamar hotel. Seringnya aku pakai handuk deh sebagai sajadah.

  25. Baru tahu nih ada segmen khususnya untuk browsing hotel/penginapan suariah pake airy. Keren makin cakep fasiltas dan layanannya ya. Saya pribadi juga lebih suka milih yg berkonsep syariah gini mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *