5 TIPS MUDAH MERAWAT RAMBUT BAGI YANG BERHIJAB

Tips mudah merawat rambut bagi yang berhijab ini, saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi. Sejak saya kelas-2 SMP, saya sudah mulai untuk mengenakan hijab. Sebelumnya saya hanya menggunakan hijab saat sedang ikut pengajian atau acara keagamaan saja, namun setelah berhijrah akhirnya setiap hari, dari mulai pagi sampai sore bahkan malam, hijab selalu menempel di kepala saya.

Dari bertahun-tahun menggunakan #hijab sampai sekarang ini, saya menyadari kalau sebagai muslimah kewajiban kita tidak berhenti di menggunakan hijab saja. Menjaga #KesempurnaanBerhijab, kita juga punya kewajiban untuk merawat diri, khususnya rambut yang tertutup hijab dalam waktu yang lama sepanjang hari. Kayaknya berasa malu ya kalau kita pakai hijab, tapi rambutnya rusak, tidak terawat, ketombean, dan bahkan bau.

Ih….siapa lah yang mau dekat-dekat sama kita? Hehehe.

Makin kesini, saya makin sadar bahwa merawat rambut bagi yang berhijab itu agak-agak tricky. Bayangkan aja, bisa dari mulai Subuh-Isya kita menggunakan hijab, yang artinya rambut kita sulit bernapas dan bisa jadi lembab juga. Belum lagi kalau kena keringet, ketutup dengan inner hijab, kena polusi yang menyebabkan rambut kita jadi bau, lepek, bahkan bisa jadi ketombean.

Oh no!

Untuk itu, saya punya beberapa tips bagi kalian yang berhijab supaya rambut kalian tetap segar sepanjang hari, gak mudah lepek, dan ketombean. Kalian cobain satu persatu tips saya berikut ini ya!

1. Rajin Membersihkan Kulit Kepala dan Rambut

Ayo ngaku? Berapa kali kalian keramas dalam seminggu? Jangan bilang cuma seminggu sekali lho ya. Hehehe. Salah satu kunci biar rambut tetap sehat adalah kita rajin dan rutin untuk membersihkan kulit kepala dan rambut. Apalagi nih ya, rambut kita tertutup dalam waktu yang lama setiap harinya maka potensi menumpuknya kotoran atau keringat juga sangat besar.

Untuk itu, minimal bersihkan rambut 2 hari sekali. Bersihkan mulai dari kulit kepala sampai keseluruhan rambut kita. Proses keramasnya pun jangan hanya diusap-usap pakai shampoo ya. Pijat lembut kepala kita, gosok sedikit rambut-rambut, dan jangan lupa bilas dengan air sampai benar-benar bersih. Lebih bagus lagi kalau menambahkan perawatan rambut dengan conditioner atau vitamin rambut atau hair tonic yang cocok untuk rambut kita.

Pastikan juga tidak ada sisa shampoo atau conditioner yang bersisa di rambut, karena ini juga berpotensi untuk menjadi ketombe.

2. Menjaga Kebersihan Hijab dan Inner Hijab (Ciput)

Eits, gak cukup lho hanya menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala kita. Hal yang harus dijaga kebersihannya supaya rambut sehat dan gak ketombean adalah kebersihan dari hijab dan ciput yang kita pakai. Kalau kulit rambut kita sudah sehat, tapi hijab dan ciputnya kotor sama aja dong bikin kepala juga kotor.

Untuk itu, rajin-rajin untuk cuci hijab dan ciput kita sampai bersih ya. Usahakan ganti setiap hari agar menjamin hijab yang kita pakai ini benar-benar bersih dan fresh. Kalau pakai yang sudah dipakai sebelumnya, maka keringat seharian di hari tersebut bisa jadi masih menempel di hijab atau ciput kita. Belum lagi gak nyaman dan bau pastinya.

3. Jangan Menggunakan Hijab Saat Rambut Sedang Basah

Saya pernah mengalami ini. Keramas di pagi hari dan buru-buru berangkat dalam keadaan rambut belum benar-benar kering. Alhasil, setelah keramas bukannya rambut jadi fresh malah jadi lepek. Besoknya suka muncul ketombe yang tidak diinginkan.

Untuk itu, sebelum menggunakan hijab, pastikan rambut kita sudah kering ya. Jangan dalam keadaan basah atau lembab. Keringkan dengan hair dryer atau kipas angin agar rambut menjadi kering.

Kalau kalian malas melakukannya di pagi hari, maka usahakan keramas di malam hari saja. Supaya pagi tidak terburu-buru karena harus merawat rambut. Ya gak? Hehehe.

4. Pilih Bahan Hijab dan Inner Hijab yang Nyaman

Buat teman-teman yang berhijab, pasti kita suka pilih-pilih motif atau warna ketika membeli hijab kan? Salah satu yang jangan juga dilupakan, pastikan memilih bahan hijab yang juga nyaman, ringan, dan mudah menyerap keringat.

Apalagi inner hijab yang kita pilih. Usahakan berbahan dasar kaos atau bahan lainnya yang mudah menyerap keringat, ga bikin panas, atau gatal. Berdasarkan pengalaman saya, bahan hijab yang gak menyerap air atau keringat ini, bikin rambut jadi lepek dan berujung gak nyaman.

5. Pilih Produk Perawatan Rambut yang Cocok

Pastikan kita memilih produk perawatan rambut yang baik dan cocok untuk kulit rambut kita. Bagi saya yang berhijab, yang paling penting adalah shampoo yang bisa menjawab kebutuhan kulit agar tidak lepek, kasar, dan ketombean. Syukur-syukur kalau wanginya juga enak dan tahan lama.

Ada gak ya shampoo dengan kriteria tersebut? Ada dong pastinya!

Mencoba Rejoice Hijab Perfection Series (3-in-1 Perfect Cool)

Untuk merawat rambut bagi yang berhijab, shampoo yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulit rambut ini adalah hal yang paling penting banget kita perhatikan. Saya termasuk orang yang suka banget nyobain berbagai produk shampoo sampai nemu yang cocok. Kalau sudah cocok, biasanya langsung cinta banget deh. Hehehe.

Sampai akhirnya, saya tahu ada produk shampoo untuk yang berhijab dari Rejoice, yaitu #RejoiceHijabPerfection Series dengan varian yang 3-in-1 Perfect Cool. Jadi shampoo ini mengklaim bahwa bisa menjawab masalah rambut berhijab yang kadang mengalami lepek, kasar, dan ketombean.

Rejoice Hijab Perfection Series (3-in-1 Perfect Cool)

Belum lagi kalau lepek itu kan suka bau gak enak juga ya? Makanya, Rejoice Hijab Perfection Series ini bisa membuat rambut lebih terasa sejuk, lembut, dan jauh dari ketombean.

Nah yang saya suka dengan Rejoice Hijab Perfection Series dengan varian yang perfect cool ini, ada aroma kesegaran mentolnya. Jadi setelah keramas, kita masih merasa rambut tuh dingin banget, sejuk, jadi kayak beneran baru banget keramas, padahal bisa jadi udah 1 jam berlalu deh keramasnya. Beneran deh, kalau kalian coba, berasa efek mentol nya tahan lama banget di kulit kepala kita. Jadi sensasi sejuk dingin seketika, setelah kalian keramas.

Selain itu, shampoo ini juga punya kandungan essence dari bunga kasturi yang bikin rambut lebih wangi. Jadi selain bikin sejuk, bikin lembut, rambut kita juga lebih kerasa wangi sepanjang hari. Siapa sih yang gak pengen rambut kita tetap sehat dan kesejukan dari Subuh hingga Isya?

Rejoice Hijab Perfection Series dengan botol yang tidak mudah tumpah

Untuk menggunakannya, pertama kita basahi dulu rambut sampai seluruhnya basah. Lalu tuangkan shampoo ke telapak tangan sambil kita usap dan pijat lembut di kulit kepala hingga seluruh bagian rambut kita. Kalau saya, sebagian shampoo juga saya usapkan ke bagian belakang telinga karena bagian ini juga suka kena imbas ketombe.

Setelah semuanya sudah rata dengan shampoo, saya biasanya mendiamkan dulu untuk beberapa saat sambil menghirup wangi kasturi dan mentolnya yang menenangkan banget, baru membilasnya hingga bersih.

Ingat ya, sebelum selesai keramas atau sebelum menggunakan conditioner lainnya, pastikan rambut kita sudah bersih dari shampoo. Sampai bener-bener keset deh!

Segarnya sepanjang hari, setelah keramas dengan menggunakan Rejoice Hijab Perfection Series

Hasil pemakaian pertama saya merasa shampoo ini bener-bener ampuh ngilangin ketombe dan bikin rambut saya juga lebih lembut, karena selama ini suka agak kering. Pastinya, wanginya tahan lama malah nempel sama hijab dan inner yang saya gunakan.

Kemasan Rejoice Hijab Perfection Series

Kalau bicara kemasan produk, shampoo ini tersedia mulai dari size 170 ML, 340 ML, dan 600 ML. Saya lebih senang menggunakan yang size 170 ML karena lebih mudah dibawa kalau travelling.

Kemasan 170 ml dan komposisinya

Well, terlepas dari kemasannya yang bagus dan unik, botol pelastiknya juga kokoh ga gampang pecah, tutupnya rapet, jadi gak gampang tumpah kalau dibawa kemana-mana. Yang paling penting lagi harganya sangat terjangkau dengan manfaat dan efek yang segudang itu.

Untuk design kemasannya sendiri, dari pertama kali melihat kita udah bisa menebak kalau shampoo ini memang untuk segmen berhijab dan menjawab berbagai masalah rambut bagi wanita berhijab. Ada gambar wanita berhijab hijau di kemasannya dan warnanya pun hijau segar gitu. Khas warnanya Rejoice lah, kalau kalian pernah lihat produk Rejoice lainnya di super market. Tapi, untuk shampoo Hijab Series ini menurut saya lebih kelihatan muda dan unik aja kelihatannya.

Oh ya, kalian juga pasti bertanya-tanya. Shampoo ini kan buat yang berhijab ya, kira-kira apakah sudah pasti aman dari aspek kehalallannya? Oh tentu saja dong! Rejoice Hijab Perfection Series ini sudah tersertifikasi oleh MUI sehingga aman dan zat nya semua halal jika digunakan oleh para muslimah. Jadi gak perlu khawatir.

Untuk kemasan 17 ML harganya berkisar di angka Rp23.900. Produk ini juga bisa kita temukan di drugstore, e-commerce, atau toko retail kesayangan kalian. Ada beberapa e-commerce yang kalian bisa kepoin sekarang untuk beli produknya,

Lazada: https://bit.ly/2lQWrku

Blibli: https://bit.ly/2kjLiYP

Shopee: https://bit.ly/2mkLsjr

Tokopedia: https://bit.ly/2lWIm56

Selain shampoo Rejoice 3-in-1 Perfect Cool, Rejoice juga memiliki varian produk lainnya yaitu Rejoice 3-in-1 Shampoo Perfect Perfume dan juga 3-in-1 Perfect Conditioning. Untuk Rejoice Perfect Perfume, keutamannya pada kesegaran parfum mawar yang tahan lama tanpa harus pakai parfum rambut tambahan. Sedangkan untuk conditionernya, bisa dipakai untuk semua tipe kulit rambut, memberikan sensasi kesegaran, sejuk, dan ga mudah lepek.

Packaging dan design yang unik

Harga shampoo masih sama seperti varian Rejoice 3-in-1 Perfect Cool dan untuk conditioner, harganya 23.900 untuk ukuran 170 ML.

Gimana nih kalian para #Hijabers? Ada yang sudah coba Rejoice Hijab Perfection Series yang baru ini? Atau kalau belum, cobain dulu yuk. Nanti kita sharing hasilnya ya di kolom komentar.

Informasi selengkapnya:

Instagram Rejoice @rejoice.id

Facebook RejoiceIndonesia

You may also like

19 Comments

  1. Wah, saya paling sering tuh pakai jilbab dalam keadaan rambut basah karena nggak suka keramas di malam hari hehehe. Mungkin itu yang bikin rambut lepek dan rontok parah akhir-akhir ini. Mau nyoba ah Rejoice. Semoga sudah ada di supermarket di sini seperti shampo hijab merek sebelah.

  2. Bener banget, harus menjaga kebersihan rambut, hijab sampai inner nya yaa mba. Dan tentunya pilih shampoo tang cocok. Aku masih tipe coba coba nih, menyeseaikan kecocokan rambut

  3. Sekarang kayaknya hampir semua merek shampo ngeluarin shampo untuk hijabers ya hehe.. kalo aku udah suka pake shampo untuk hijabers merk lain jadi ga mau pindah ke lain hati *eh hihii

  4. Benar banget, perawatan rambut berhijab benar-benar harus dijaga. Aku juga suka sama shampoo yang ada unsur-unsur mentholnya, berasa segar aja di rambut setelah dipakai

  5. Penasaran sama yang perfume, wangi mawarnya seperti apa, ya…. Senang ada varian ini, jadinya perawatan yang diberikan juga lebih tepat sasaran untuk kondisi rambut berhijab yang seringkali butuh perlakuan khusus agar tetap sehat.

  6. Nah kadang aku keburu2 gtu abis keramas trus cus pergi makai kerudung hiks. Soalnya kdng suka gak sabar pakai haiddryer, eh pakai hair dryer jg berpotensi merusak rambut sih ya. Iya nih suka muncul sisik putih dr kulit kepala, kyknya aku mesti nyobain juga shampoo rejoyce terbaru ini mbaak TFS

  7. Iya bener enak ini Rejoice hijab…
    Btw, karena rambut aku banyak dan panjang emang jadinya PR banget nunggu rambut bener2 kering baru pake hijab, meski hairdryer-an tetep aja butuh waktu lama, hiiikkss.

    Tapi alhamdulillah yaa, inovasi sampo hijab skr makin banyak pilihan.

  8. Tapi kenapa ya kadang aku kalo rajin keramas tuh malah bikin rambutku jadi lepek dan suka gatel-gatel.. jadinya aku agak jarang keramas deh, paling seminggu 2 kali aja gitu.. itu malah bikin rambutku jadi lebih mengembang dan ga suka gatel.. apa gak cocok sampo kalik ya?

  9. aku ga bisa kalau ga tiap hari ganti ciput atau jilbab jadi inget temen yang everyday pake jilbab n ciput sama hehehe ga kebayang nyaman atau ga cem begityu

    btw lucu amat packagingnya rejoice ini belum coba nih aku

  10. Karena ga langsung kena udara luar, banyak yang menganggap sepele perawatan rambut berhijab ya. Padahal kan sama-sama harus dirawat yaa. Noted untuk bagian hijab juga harus diperhatikan. Makasih mbak tipsnya 🙂

  11. Rejoice sampo andalanki sejak SMP nih mba btw hehehe. Tips nomor 3 itu aku masih suka skip deh, soalnya gak sempat hairdryeran huhu. Kalau keramas sekarang malah lebih sering karena kok merasa cepat banget lepek ya, padahal seharian aku dirumah aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *